Home Informasi Umum Singapore Serba-serbi Mengurus dan Melakukan Konversi SIM di Singapura

Serba-serbi Mengurus dan Melakukan Konversi SIM di Singapura

Jika Anda pergi ke Singapura untuk melanjutkan studi atau bekerja, maka otomatis Anda akan menetap di negara tersebut. Bila Anda memiliki mobil, tentu hal pertama yang harus Anda khawatirkan adalah masalah SIM atau Suart Ijin Mengemudi. Seperti semua negara lain di dunia, Singapura juga memiliki SIM dan kebijakannya sendiri.

Sulitnya memiliki mobil di Singapura membuat sebagian orang menjadi bertanya-tanya tentang seberapa sulit punya SIM di Singapura? Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum memiliki SIM di Singapura.

Bisakah SIM Indonesia Dipakai di Singapura?

Jawabannya bisa. Bagaimana demikian? Pada jaman orde baru, tepatnya pada masa kepemimpinan presiden Soeharto, negara-negara anggota ASEAN membuat kesepakatan internasional tentang lalu lintas. Kesepakatan ini terjadi pada tahun 1985. Salah satu isi dari kesepakatan tersebut adalah semua negara berhak menerima Surat Ijin Mengemudi dari negara asal penduduk berpindah.

Meski demikian, ada beberapa kondisi yang harus dipatuhi oleh pengguna SIM Indonesia di Singapura. Kondisi yang pertama adalah melihat peraturan di negara ditempati. Misalnya saja, bila pemerintah Singapura tetap menyuruh Anda membawa SIM Internasional, maka Anda harus tetap membawanya. Bila tidak, tentu Anda akan dikenai sanksi.

Bila Anda tinggal di Singapura hanya untuk waktu yang sebentar, atau kurang dari setahun, maka Anda bisa membawa SIM Indonesia ini untuk berkendara. Tetapi kalau Anda akan tinggal dalam waktu yang lama di Singapura, maka Anda harus mengganti SIM Indonesia yang Anda miliki menjadi SIM Singapura.

Cara Konversi SIM Indonesia ke SIM Singapura

Ada beberapa cara atau langkah yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengonversi SIM Indonesia ke SIM Singapura. Berikut ini adalah cara konversinya:

Mendaftar Basic Theory Test

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar Basic Theory Test atau BTT. Bila Anda sudah mendaftar, maka Anda harus belajar dengan sungguh-sungguh untuk bisa lulus. Ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mendaftar Basic Theory Test.

Anda harus datang langsung ke bagian informasi bila ingin mendaftar. Biasanya, Anda akan ditanyakan beberapa hal terkait seperti pengalaman kursus dan lain sebagainya. Anda akan dibantu untuk membuat akun dan registrasi. Sesuai namanya, tes ini adalah tes tertulis sehingga Anda bisa belajar dari buku untuk semakin memperdalam ilmu Anda.

Setelah melakukan registrasi, Anda bisa memilih tanggal pelaksanaan tesnya. Biasanya, tanggal yang available adalah 1 hingga 2 bulan dari hari Anda meregistrasikan diri. Menurut beberapa orang, meskipun hanya test, cukup sulit untuk bisa lulus dari Basic Theory Test ini.

Apabila Anda lulus, maka Anda harus mencetak hasil test BTT ini. Anda akan membutuhkan hasil cetakan tanda lulus ini pada saat mengurus registrsi konversi SIM.

Mengurus Konversi SIM

Bila Anda sudah memenuhi persyaratan pertama, maka Anda harus berlanjut ke proses selanjutnya yaitu konversi SIM. Tempat Anda bisa melakukan hal ini biasanya dekat dengan tempat test BTT. Ada beberapa dokumen yang perlu Anda bawa apabila ingin mengurus konversi SIM. Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Passport

Dokumen pertama yang harus Anda bawa adalah paspor. Bawalah paspor asli dan fotokopi, sehingga bila diminta salinannya Anda tidak bingung lagi. Polisi akan mengecek sudah berapa lama Anda tinggal di Singapura. Bila Anda butuh untuk mengganti passpor dengan yang baru, maka Anda juga perlu membawa paspor yang lama bersama Anda.

  1. Permit Asli

Hal atau dokumen kedua yang harus Anda bawa serta saat melakukan konversi SIM adalah permit asli. Bila Anda menetap disana hanya untuk melanjutkan studi, maka hal ini tidak perlu dibawa. Anda juga bisa mengganti Work Permit ini dengan dokumen serupa apabila tidak ada. Bawalah sejumlah bukti yang menunjukkan bahwa Anda berada disana hanya untuk bekerja.

  1. Kartu SIM Indonesia

Tentu saja hal ini tidak boleh dilupakan. Anda harus membawa Kartu SIM Indonesia yang ingin dikonversikan. Anda juga harus membawa fotokopi atau salinan dari kartu SIM ini agar memudahkan proses konversi.

  1. Pas Foto

Tentu hal ini tidak boleh terlupakan dalam urutan konversi SIM. Anda perlu membawa pas foto dengan ukuran passport. Foto ini harus berlakang belakang putih. Dalam foto, Anda tidak boleh menggunakan tutup kepala kecuali untuk tujuan keagamaan. Anda juga tidak diperkenankan menggunakan kacamata yang berwarna.

Bila Anda tidak membawa pas foto ini, atau pas foto yang Anda bawa tidak sesuai dengan kriteria, maka Anda bisa melakukan foto di tempat.

  1. Surat Keterangan Catatan SIM

Dokumen ini adalah opsional. Anda tidak perlu membawa dokumen ini apabila kartu SIM Indonesia yang Anda bawa adalah yang pertama. Tetapi kalau Anda sudah pernah melakukan penggantian kartu SIM, maka Anda perlu membawa Surat Keterangan Catatan SIM. Surat ini biasanya dikeluarkan oleh tempat SIM dikeluarkan. Itu artinya, Anda butuh untuk pulang terlebih dahulu ke Indonesia untuk mengurus hal ini, atau meminta saudara mengurusnya untuk Anda lalu mengirimkannya.

SIM Internasional

Bila Anda tidak ingin mengurus SIM Singapura ataupun mengonversinya, Anda bisa mengurus SIM Internasional. SIM Internasional adalah cara lain yang bisa membuat Anda bebas mengemudi di negara mana saja diseluruh dunia. Cara ini tergolong mudah dan cepat, karena Anda hanya perlu mengurus satu SIM untuk segala urusan berkaitan dengan mengemudi.

Itu dia beberapa hal yang berkaitan dengan pengurusan, konversi dan ijin menggunakan SIM di Singapura. Anda tentu harus menaati aturan yang sudah dibuat ini agar tidak terkena sanksi dari negara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Category

Most Popular

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Tanya Jawab Untuk Yang Pertama Ke Singapore

Kadang bila bepergian pertama kali ke negara lain, kita punya perasaan takut kalau-kalau terjadi kejadian tidak mengenakan di luar negeri. Agar hal tersebut tidak...

Singapore Zoo: Kebun Binatang di Singapura

Singapore Zoo adalah kebun binatang seluas sekitar 30 hektar di Singapura. Terdapat berbagai macam hewan yang dipelihara di sini. Dari binatang yang mudah ditemui...

What's New

Tips Persiapan Traveling ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri lebih diminati pada saat ini karena harga tiket pesawat keluar negeri jauh lebih murah daripada tiket pesawat di dalam negeri....

15 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang memiliki potensi wisata menarik dan beragam seperti Indonesia. Wilayah Malaysia tidak seluas Indonesia, tetapi Malaysia memiliki berbagai macam...

13 Tempat Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Thailand

Thailand menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan asing terutama wisatawan dari Eropa karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya. Land of Smiles adalah sebutan...

4 Show Terbaik Wajib Lihat Saat Berlibur di Universal Studio Singapura

Universal Studio adalah salah satu lokasi wisata favorit yang wajib masuk dalam list itinerary. Rasanya tidak puas apabila datang ke Singapura tapi melewatkan lokasi...