Menyeberang Jalan di Singapura

Menyeberang Jalan

Aturan menyeberang jalan di Singapura cukup ditaati. Menyeberang jalan wajib dilakukan di daerah yang sudah ditandai, biasanya berupa zebra cross atau dua garis putih sejajar.

Tidak semua jalan ada zebra cross-nya, mungkin anda harus berjalan agak jauh terlebih dahulu untuk sekedar menyeberang jalan.

Menyeberang jalan pun, harus mengikuti lampu lalu lintas.  Anda diperbolehkan menyeberang jalan setelah lampu menjadi hijau. Jadi bila masih merah, tunggulah beberapa saat.

Bila anda menyeberang tidak pada tempatnya, anda bisa didenda bila ketahuan petugas. Menyeberang jalan tidak pada tempatnya juga membahayakan pengguna jalan lainnya.

Tip menyeberang jalan

Berikut beberapa tip menyeberang jalan di Singapura:

  1. Perhatikan sekeliling apakah ada jembatan penyeberangan atau tidak. Jembatan penyeberangan mungkin ada di bawah tanah, atau masuk ke mall terlebih dahulu.
  2. Bila tidak ada jembatan penyebrangan, cari zebra cross terdekat. Zebra cross biasanya ada di persimpangan jalan, dan ada lampu merahnya.
  3. Bila sudah sampai di lampu merah, lihat rambu-rambu untuk pejalan kaki. Bila masih merah, tekanlah tombol anak panah yang ada di tiang lampu merah. Tombol itu untuk mempercepat lampu hijau muncul.
  4. Di lampu merah, akan ada angka count down, berapa lama lagi lampu hijau masih nyala. Bila angkanya kedip-kedip dan anda belum menyeberang, sebaiknya jangan menyeberang, tunggu lampu hijau berikutnya. Bila angkanya kedip-kedip dan anda masih di tengah jalan, segeralah berlari ke pinggir.
  5. Bila anda ingin menyeberang jalan dan tidak ketemu zebra cross,  coba lihat ke atas apakah ada tanda larangan menyeberang jalan atau tidak. Bila tidak ada tanda larangan, perhatikan penduduk lokal menyeberangi jalan tersebut di mana. Bila penduduk lokal menyeberang begitu saja tanpa lewat zebra cross, anda boleh mengikutinya.
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply