7 Lokasi Wisata Edukasi Wajib Kunjung di Singapore

JordyMeow / Pixabay

Selagi memiliki waktu luang, tentu semua orang ingin untuk bisa berlibur. Menghabiskan waktu bersama dengan orang terkasih akan terasa menyenangkan. Kalau Anda sedang bingung menentukan dimana destinasi liburan yang tepat, maka Singapura mungkin cocok dijadikan pilihan. Berlibur bersama keluarga, apalagi bersama dengan anak-anak, tentu membuat Anda butuh wahana yang memiliki fasilitas edukasi anak. Berikut ini adalah beberapa tempat liburan edukasi di Singapura:

1.     SEA Aquarium

JordyMeow / Pixabay

Sesuai namanya, SEA Aquarium menawarkan wahana edukasi tentang hewan-hewan bawah laut. Ketika masuk, Anda akan diajak untuk seolah memasuki lautan luas. SEA Aquarium memiliki berbagai macam hewan langka, mamalia hingga ikan-ikan kecil biasa. Para pengunjung akan diajak untuk seolah benar-benar tinggal bersama dengan hewan-hewan ini. Ada lebih dari 800 spesies hewan di SEA Aquarium ini. Lokasi wisata edukasi ini berada di Resort World Sentosa, tepatnya di 8 Sentosa Gateway, Sentosa Island, Singapore, 098269.

2.     Trick Eye Museum

Anda dan anak-anak bisa mencoba bermain ilusi mata di Trick Eye Museum. Ada lebih dari 70 ilusi optik yang dibagi menjadi 6 kategori, yakni World of Masterpieces, Supernatural, Fairy Tale, Trick World, Fantasy dan Excitement. Anda bisa naik ke properti yang disediakan. Anda juga bebas untuk mengambil foto sebanyak mungkin. Untuk bisa masuk ke Trick Eye Museum, Anda harus membayar tiket masuk yang berkisar di angka 20 hingga 25 dolar Singapura. Wisata edukasi yang satu ini berlokasi di Resorts World Sentosa, 26 Sentosa Gateway #01. Anda bisa naik MRT hingga stasiun Harbourfront, setelah itu Anda bisa naik monorail bernama Sentosa Express. Apabila Anda selesai bermain di Universal Studio, maka Anda bisa pergi ke museum ini karena lokasinya dekat.

3.     Tayo Station

Tentu Anda sudah pernah mendengar nama kartun yang satu ini. Tayo adalah karakter bus kecil berwarna biru dari Korea Selatan. Di Singapura, ternyata ada tempat khusus yang bisa digunakan untuk arena bermain anak-anak. Tayo Station memiliki luas 930 meter persegi dan ada di dalam ruangan atau indoor. Anak-anak usia 18 bulan sudah boleh bermain di Tayo Station ini, tetapi tentu harus dalam pengawasan orang tua. Ada berbagai macam permainan yang bisa dimainkan oleh anak, mulai dari Tayo’s Road Circuit, hingga Gani’s Playground. Para orang tua bisa duduk di bangku yang disediakan, sehingga tampak seperti penumpang yang menunggu untuk naik bis. Harga tiket yang harus dibayarkan apabila ingin masuk ke area ini mulai dari 16 hingga 28 dolar Singapura. Lokasinya ada di Market Square, Downtown East. Anda bisa naik MRT dan turun di Pasir Ris.

4.     Central Public Library

Tidak ada salahnya untuk mengajak anak pergi ke Central Public Library Singapore. Disana ada banyak sekali buku, jumlahnya bahkan hampir mencapai 288 ribu buku. Konsep Go green yang digunakan dalam pemilihan interior central public library ini sangat menarik, sehingga anak-anak bisa betah membaca buku disana. Anda tidak perlu membayar apabila ingin masuk ke perpustakaan ini. Tidak hanya buku saja, Central Public Library memiliki Weather Stump, yakni sebuah alat untuk belajar tentang suhu dan kecepatan angin.

Ada juga sebuah arena bernama My Tree House. Disana ada beragam botol, kayu hingga barang-barang yang didaur ulang dan dijadikan sebagai interior. Pencahayaan yang ada di perpustakaan ini juga lampu yang hemat energi.

5.     Children’s Garden di Garden by the Bay

suyashdixit / Pixabay

Kalau Anda menginap di hotel Marina Bay Sands, maka Children’s Garden ini bisa ditempuh dalam waktu 10 menit saja. Children’s Garden adalah sebuah taman botani dengan gaya modern. Anda juga tidak perlu membayar tiket masuk apabila ingin berkunjung dan berfoto. Tapi, Anda harus membayar apabila ingin masuk ke Flower Dome dan Cloud Forest. Anak-anak bisa diajak bermain di Interactive Play Areas, Amphiteather hingga Water Play Features.

6.     Hay Dairies

RitaE / Pixabay

Ingin mengajarkan anak bagaimana cara beternak? Kalau iya, maka Anda bisa berkunjung ke Hay Dairies. Disana, ada lebih dari 800 kambing berbagai macam ras yang diternakkan. Anda bisa datang ke peternakan ini di pagi hari, karena jadwal perah susu kambing hanya dilakukan di jam-jam tertentu. Satu kambingnya bisa menghasilkan 3 liter susu. Hay Dairies berlokasi di 3 Lim Chu Kang Lane 4. Untuk bisa masuk ke area peternakan ini, Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Anda bisa naik MRT hingga Choa Chu Kang, setelah itu naik bus nomor 975.

7.     Singapore Zoo

PublicDomainPictures / Pixabay

Sesuai namanya, lokasi wisata ini adalah kebun binatang. Anda perlu membayar harga tiket masuk, mulai dari 38 dolar Singapura. Lokasi Singapore Zoo ini ada di 80 Mandai Lake Road. Ada berbagai macam jenis hewan di kebun binatang ini. Anda akan diajak untuk berkeliling kebun binatang, di beberapa lokasinya ada yang menggunakan perahu sebagai akses perjalanan. Kalau Anda rajin mengecek sebelum pergi, ada beberapa event yang mungkin sedang diadakan oleh Singapore Zoo. Di tahun 2018 lalu, Singapore Zoo memulai rangkaian program ‘Rainforest Lumina’. Sedangkan di tahun ini, Rainforest Lumina masih diadakan menjadi season 2. Pengunjung yang datang akan disuguhkan interaksi virtual menarik dari para hewan ambassador.

7 lokasi wisata edukasi untuk anak diatas bisa Anda kunjungi ketika sedang ada di Singapore. Anda bisa naik MRT atau bus untuk pergi ke destinasi tujuan. Tapi sebelumnya, pastikan Anda memiliki kartu transportasi terlebih dahulu, tentu agar lebih mudah dalam pembayaran. Anda bisa membeli kartu ini di bandara maupun di 7-Eleven.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.