6 Tips Liburan Hemat ke Singapura

cegoh / Pixabay

Singapura adalah salah satu negara yang sering menjadi destinasi wisata. Selain karena dekat dengan Indonesia, ada banyak sekali hal menarik yang ada di negara kecil ini. Tetapi, masih ada banyak orang yang memiliki pemikiran bahwa jalan-jalan ke Singapura haruslah memiliki budget tinggi. Padahal, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar menghemat budget liburan di Singapura. Berikut ini adalah tips liburan hemat ke Singapura:

1.     Pilih tanggal yang tepat

Memilih tanggal yang tepat adalah salah satu hal wajib dalam melakukan penghematan budget. Kalau Anda serius ingin jalan-jalan ke Singapura, maka rajin-rajinlah cek aplikasi pesan tiket pesawat online. Biasanya, ada hari-hari khusus dimana Anda bisa mendapatkan tiket PP pesawat murah. Tidak jarang Anda bisa mendapatkan tiket 500 ribu rupiah untuk perjalanan pulang pergi. Tidak jarang orang mulai memesan tiket pesawat satu tahun sebelumnya. Selama Anda sudah memiliki tiket pesawat, maka hal-hal lainnya bisa mengikuti dengan mudah.

2.     Memilih Hotel yang strategis

Olichel / Pixabay

Anda harus pintar-pintar dalam memilih hotel tempat menginap. Kalau Anda merasa harga hotel terlalu mahal, maka Anda bisa menginap di guest house saja. Biasanya, orang akan lebih suka untuk menginap di hotel atau penginapan dekat stasiun MRT. Tapi bagi Anda yang backpacker low budget, maka Anda harus menjauhi area ini. Memang efektif dari segi waktu, tapi budget Anda tidak cukup. Sebagian backpacker asal Indonesia akan memilih untuk menginap di daerah Bugis Street. Jangan menyerah untuk mencari. Kalau Anda sendirian, maka Anda bisa menemukannya dengan cukup mudah. Tapi kalau Anda akan pergi ke Singapura dengan anak-anak atau keluarga, maka pastikan penginapan atau hotel yang Anda booking sudah cover semuanya. Ada beberapa hotel dan penginapan yang tidak menerima anak-anak.

3.     Membeli kartu transportasi

Jika di Indonesia Anda bisa dengan mudah naik ojek online, hal ini tidak berlaku di Singapura. Memang ada beberapa taxi yang lewat, tapi tarifnya akan sangat mahal. Akan lebih baik apabila Anda menggunakan kartu transportasi. Backpacker biasanya memilih MRT, Bus dan LRT sebagai alat transportasi. Selain nyaman digunakan, tarif yang dibanderol untuk satu kali perjalanannya juga cukup murah. Kartu yang bisa dibeli untuk menggunakan jalur transportasi umum adalah Ez Link.

Kartu ini biasa juga disebut dengan nama pay as you go. Semua transportasi di Singapura bisa dibayar menggunakan kartu ini. Anda bisa membelinya di stasiun atau di 7-Eleven. Warga Singapura biasanya melakukan top up secara berkala, misalnya 10 dollar Singapura sehari. Kalau Anda membeli kartu ini di stasiun, Anda harus membayar 12 dollar Singapura dengan rincian harga kartu 5 dollar dan saldo top up 7 dollar. Sedangkan jika Anda membeli di 7-Eleven, maka Anda hanya perlu membayar 10 dollar Singapura saja, karena saldo yang Anda dapatkan hanya 5 dollar. Kartu ini akan kadaluarsa dalam 5 tahun, jadi bisa digunakan kapan saja dalam jangka waktu 5 tahun.

4.     Mencari makanan murah

moerschy / Pixabay

Ingin menghemat uang tetapi butuh makanan lezat? Anda bisa mencari restoran yang menyediakan camilan murah seperti roti prata. Harganya hanya sekitar 1 dollar Singapura untuk satu porsi. Roti prata biasanya dijual di rumah makan khas India. Bagi Anda yang butuh makanan halal dan murah, Anda bisa mencari review restorannya di internet sebelum pergi ke Singapura. Meskipun sedang hemat, jangan lupakan makanan lezat ya.

5.     Memakai Kartu SIM Lokal

Tidak akan lengkap rasanya liburan tanpa update di media sosial. Kalau Anda adalah salah satu orang yang tidak bisa hidup tanpa internet, maka lebih baik untuk membeli kartu SIM lokal sebelum pergi. Kalau Anda lupa, maka Anda bisa membelinya di bandara atau downtown. Harganya cukup terjangkau, yakni 12 dollar Singapura. Dengan membeli kartu ini, Anda akan mendapatkan kuota internet 100 GB dengan SingTel. Ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda apabila ingin nonstop menyalakan paket data. Tapi kalau Anda ingin berhemat, maka Anda bisa menggunakan WiFi gratis yang tersebar di seluruh wilayah kota. Tapi sudah ada beberapa kasus pencurian kartu kredit yang terhubung dengan akses internet publik. Pastikan Anda tidak melakukan transaksi online apapun dengan WiFi gratis.

6.     Bawa botol

igorovsyannykov / Pixabay

Terdengar sederhana, tapi cukup sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu membawa botol minum sendiri apabila sedang berlibur di Singapura. Di negara ini, ada beberapa tempat yang menyediakan keran air siap minum. Tidak hanya keran, ada juga beberapa tempat yang menyediakan dispenser air panas. Satu botol air minum di Singapura dibanderol dengan harga 20 ribu rupiah, hampir 5 kali lipat harga botol minum di Indonesia. Daripada uang Anda habis terbuang dengan hanya membeli minum, lebih baik untuk membawa botol sendiri. Anda bisa membawa botol minum sendiri di pesawat. Kosongkan terlebih dahulu botol yang Anda bawa, setelah itu Anda bisa mengisinya sendiri di keran yang tersedia. Sangat mudah dan hemat bukan?

6 langkah diatas sangat bisa digunakan untuk mengurangi budget Anda ketika jalan-jalan di Singapura. Selain hal-hal diatas, Anda juga harus membuat rencana tempat tujuan atau itinerary. Hal ini akan membantu Anda apakah Anda butuh untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu atau tidak. Memang berjalan-jalan di Singapura dengan budget yang minim sangat bisa dilakukan, tetapi jangan lupakan budget untuk keperluan dadakan. Tidak ada yang tahu apa yang mungkin Anda butuhkan disana, jadi sebisa mungkin sediakan budget yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.