Singapore vs Penang, Kenali Perbedaannya

WikimediaImages / Pixabay

Jika mendengar kata Singapura, maka Anda akan langsung terbayangkan patung singa dengan pancuran air di mulutnya. Tetapi sebagian orang ternyata masih belum tahu apa itu Penang dan kerap menyalahartikan Penang adalah bagian dari Singapura. Untuk mengenali kedua hal ini lebih lanjut, berikut ini adalah perbedaan antara Singapura dan Penang.

1.     Lokasi

WikimediaImages / Pixabay

Singapura adalah negara maju yang berdiri sendiri. Ia adalah sebuah kota sekaligus negara. Luas wilayahnya bahkan sangat kecil. Meski kecil, ia mampu menjadi satu-satunya negara maju di wilayah Asia Tenggara. Di kancah Asia, Singapura masuk dalam daftar kota termodern. Sedangkan Penang, lebih tepatnya pulau Penang, adalah wilayah dari negara Malaysia. Ia masuk dalam pulau keempat terbesar yang ada di Malaysia. Penang berlokasi di wilayah pantai barat Semenanjung Malaysia. Jika negara Singapura ibukotanya adalah Singapura itu sendiri, maka pulau Penang memiliki ibukota bernama George Town. Kota ini masuk dalam salah satu situs warisan dunia berdasarkan UNESCO.

2.     Tempat Wisata

Apabila sedang berkunjung ke Singapura, pasti ada beberapa tempat wisata yang sudah terbesit di pikiran Anda. Mulai dari Universal Studio, Patung Merlion dan Marina Bay Sands. Selain tiga tempat wisata tersebut, ada juga beberapa tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang backpacker dan tidak ingin menghabiskan banyak uang, maka Anda bisa berjalan-jalan ke Orchad Road, Bugis street dan Little India. Tempat-tempat disana memiliki banyak spot foto yang tidak kalah menarik.

Sedangkan di Penang, Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam wisata alam. Banyak juga kuil dan tempat ibadah seperti candi yang bisa Anda kunjungi. Misalnya saja Kek Lok Si Temple dan Sri Mahamariamman Temple. Jika Kek Lok Si Temple adalah kuil untuk umat Buddha, maka Sri Mahamariamman Temple adalah tempat ibadah umat Hindu. Candi Sri Mahammariaman ini kental dengan budaya India yang mengenalkan agama Hindu ke Malaysia.

3.     Makanan Khas

cattalin / Pixabay

Membahas tentang Penang, ia memiliki banyak prestasi di bidang makanan khas. Penang dinyatakan sebagai Best Street Food menurut majalah Time pada tahun 2004. Kalau Anda mencari dimana surga kuliner yang bisa dijelajahi di Penang, maka jawabannya adalah di Gurney Drive. Gurney Drive adalah sebuah lokasi, tepatnya jalanan, yang selalu ramai dikunjungi wisatawan karena berbagai macam kuliner tersedia disana. Anda bisa mencoba mulai dari Nasi Kandar hingga Hokkien Mee.

Sedangkan di Singapura, lain lagi makanan khas yang dimilikinya. Jalanan yang bisa Anda tuju apabila sedang mencari street food terbaik adalah Changi Village Road. Disini ada berbagai macam makanan khas yang bisa Anda coba satu persatu. Harganya cukup terjangkau dan menunya bervariasi. Bagi Anda yang muslim, tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali menu makanan halal disana. Menu yang bisa Anda coba mulai dari Ho Guan Satay Bee Hon hingga Mi goreng Hong Kong.

4.     Jarak dari Indonesia

Jika dilihat dari jarak perkilometernya, jarak Indonesia dengan Singapura adalah 1.148 km dari pulau Kalimantan. Sedangkan jarak pulau Penang dengan Indonesia adalah 1.438 km dari pulau Kalimantan. Meski berbeda sedikit, waktu tempuh menggunakan pesawat kurang lebih sama, yakni kurang dari 2 jam tanpa transit.

5.     Alat Transportasi

victorsnk / Pixabay

Di Singapura, Anda akan bisa melakukan perjalanan keliling kota bersama transportasi umum berupa KRL dan Bus umum. Untuk bisa menaiki kedua jenis alat transportasi tersebut, Anda bisa menggunakan kartu bernama EzLink. Kalau Anda membeli kartu ini di bandara, maka harganya 12 dolar Singapura. Dengan membeli kartu tersebut, Anda mendapatkan saldo pertama sebesar 7 dolar singapura. Anda harus memiliki tempat tujuan pasti sebelum naik kereta. Cari tahu terlebih dahulu stasiun apa yang terdekat. Misalnya Anda ingin pergi ke Marina Bay Sands. Maka Anda bisa turun di stasiun Marina Bay. Tarif taxi di Singapura sangatlah mahal, sehingga jangan sampai salah stasiun.

Sedangkan di Penang, Anda bisa menggunakan Bus Rapid Penang. Bentuk dari Bus Rapid ini kurang lebih sama seperti Busway di Indonesia. Start point dari Bus ini adalah di KOMTAR, yakni Kompleks Tun Abdul Razak. Anda harus mengambil nomor bus yang sesuai dengan alamat dituju. Misalnya, Anda ingin pergi ke daerah Penang Hill. Maka nomor bus yang harus Anda ambil adalah nomor 204. Satu kali naik, Anda hanya perlu membayar sekitar 2,7 Ringgit Malaysia atau sekitar 9000 rupiah.

6.     Souvenir

Di Penang, Anda bisa berbelanja souvenir untuk dibawa ke Indonesia di KOMTAR. KOMTAR ini adalah sebuah mall dimana hampir semua barang tersedia. Harganya sangat bervariasi, sehingga Anda bebas untuk memilih. Lokasi KOMTAR ada di Lebuh Tek Soon, George Town, George Town 101000, Penang. Sedangkan di Singapura, Anda bisa membeli oleh-oleh di Orchard Road atau Bugis Street. Harga disana terjangkau dan berkualitas bagus. Tidak hanya membeli souvenir murah, Anda juga bisa sambil lalu mencoba street food disana.

6 perbedaan diatas bisa dijadikan acuan kemana destinasi wisata Anda selanjutnya. Kalau Anda ingin menikmati keindahan kota maju dengan beragam keindahannya, maka Singapura adalah destinasi yang tepat untuk Anda. Tapi kalau Anda ingin menyatu dengan alam dan merasakan sejuknya pantai, maka berliburlah ke Penang. Kedua lokasi ini memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga tidak perlu khawatir mendapatkan destinasi yang buruk. Untuk menghemat pengeluaran, rajin-rajinlah mengecek harga tiket pesawat. Penang jarang mendapatkan promo untuk tiket pesawat, karena tidak banyak penumpang setiap harinya, kecuali saat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.