Apa Itu Istana Singapore?

Saat berada di sekitar Orchard Road, selain melihat jejeran pusat perbelanjaan dengan brana-brand ternama dunia. Tentu Anda akan dibuat penasaran dengan gedung megah yang satu ini. Gedung megah berwarna putih dengan gaya Palladian ini merupakan gedung yang sangat penting bagi warga Singapura. Pasalnya, di tempat itulah Presiden dan Perdana Menteri Singapura bertempat tinggal dan sering diadakan pertemuaan kenegaraan di dalamnya. Gedung besar nan megah ini disebut dengan Istana Singapore.

Apa Itu Istana Singapore?

Istana adalah kediaman Presiden Republik Singapore yang sekaligus menjadi kantor resmi untuk menerima dan menjamu para tamu-tamu kenegaraan. Di tempat inilah Presiden beserta keluarganya tinggal. Di kompleks yang sama pula terdapat Sri Temasek yang menjadi kediaman sekaligus kantor resmi Perdana Menteri Singapore.

Istana ini merupakan sebuah kompleks yang sangat luas dan terbuka untuk umum. Letaknya berada di tengah-tengah Orchard Road yang dikenal sebagai kawasan yang ramai di Singapura. Kompleks ini memiliki luas sekitar 0,4 km² dengan jenis bagunan Mension. Jika dilihat bangunannya memiliki gaya arsitektur yang begitu megah mirip dengan bangunan-bangunan Palladian.

Gedung ini merupakan milik Pemerintah Singapura yang mulai dibangun tahun 1867 dan selesai di tahun 1869. Bangunan ini terdiri dari 3 lantai utama dengan corak warna putih. Di tahun 1867, pihak pemerintah Britania Raya membeli lahan tersebut yang kemudian dibangun sebuah gedung besar yang digunakan sebagai kediaman Gubernur Britania pada masa itu. Hingga fungsi dari gedung tersebut tetap berlanjut hingga tahun 1959.

Pada saat negara Singapura meraih kedaulatannya dan mengganti posisi Gubernur Yang hingga menjadi Presiden. Fungsi dari gedung ini tetap seperti sediakala. Gaya arsitektur dari bagunannya sendiri pun masih tetap dipertahankan hingga saat ini. Namun yang membedakan, gedung ini nampak semakin asri berkat dibangunnya sebuah taman di sekeliling istana. Di taman bernama Istana Park inilah para pengunjung dan wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan.

Apa Itu Istana Park?

Istana Park merupakan sebuah taman yang ada di sekeliling Istana Kepresidenan Singapura. Sebuah taman berbentuk Oasis tropis ini menjadi terkenal namanya sejak dibuka untuk umum dan menjadi salah satu destinasi wisata di negara Singapura. Taman ini berbatasan langsung dengan Orchard Road, Penang Lane, Penang Road, dan juga Buyong Road. Istana Park sendiri memiliki luas sekitar 1,3 hektar dengan desain taman yang nampak begitu cantik dan modern.

Istana Park ini dibangun untuk kebutuhan estetika yang berada di pintu utama gerbang Istana Kepresidenan Singapura. Pembangunannya bertujuan untuk memberikan kesan lebih cantik untuk Istana yang menjadi kediaman dan kantor resmi Presiden dan Perdana Menteri Singapura.

Mengenal Lebih Dekat dengan Istana Park

Istana Park yang menjadi taman di pintu utama Istana ini memang sangat cantik dengan desain bergaya modern. Tamannya sendiri dipenuhi dengan berbagai jenis tamanan hias dengan bunga-bunga yang beraneka ragam. Yang lebih menariknya lagi, tampilan bunga di Istana Park ini disesuaikan dengan musim atau perayaan yang digelar di negara Singapura. Taman ini dibuka untuk umum sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja.

Taman ini juga memiliki desain yang begitu unik. Terlihat sebuah bangunan bernama Festival Arch yang dibuat menyerupai sebuah pagar kokoh dari bahan stainless steel dan beton yang terdapat di bawah kolam berbentuk persegi panjang. Pagar ini berukuran 26 x 16 meter yang dikelilingi lebih dari 150 jenis flora yang berasal dari berbagai negara, seperti Malaysia, Indonesia, dan Australia.

Terdapat pula sebuah Galeri Istana Heritage yang terletak di bagian depan Istana. Di galeri ini pengunjung dapat melihat berbagai jenis artefak, barang-barang koleksi dari berbagai negara lain, dan juga beberapa karya seni yang menggambarkan sejarah tentang Istana tersebut. Di galeri ini juga terdapat seorang pemandu yang akan memberikan informasi tentang berbagai hal yang ada di Istana tersebut.

Jika Anda berkunjung di malam hari, maka Anda beserta pengunjung lain akan disajikan dengan sebuah pertunjukan berupa light show sederhana yang akan dimulai pada pukul 19.00 – 00.00. Berbagai cahaya lampu akan menerangi bagian Festival Arch dengan gemerlap cahaya warna-warni yang begitu indah dan memukau. Jika Anda ingin melihatnya, maka Anda bisa berkunjung di waktu tersebut.

Lokasi Istana

Untuk Anda yang ingin datang dan melihat langsung keindahan dan kemegahan Istana kediaman Presiden dan Perdana Menteri Singapura. Maka lokasi Istana Singapura ini terletak di tengah-tengah Orchard Road, Singapore. Sedangkan, untuk Istana Park terletak tepat di seberang pintu gerbang Istana.

Jam Buka Istana

Istana Kepresidenan Singapore buka setiap hari kecuali hari Rabu yang khusus ditutup untuk perawatan Istana, dengan jam operasional:

• Istana Kepresidenan, buka mulai pukul 10.00 pagi – 16.00 sore
• Istana Park, buka mulai 10.00 pagi – 00.00 dini hari
• Festival Arch Light Show, dimulai dari pukul 19.00 malam – 00.00 dini hari

Untuk Anda yang ingin melihat dan menyaksikan gemerlap lampu yang menyoroti bagian pagar beton Istana, maka bisa berkunjung di waktu tersebut.

Cara Menuju ke Istana Kepresidenan Singapore

Untuk Anda yang ingin melihat keindahan dan kemegahan Istana Kepresidenan Singapura, maka untuk bisa sampai ke tempat ini sangatlah mudah. Dimana lokasinya berada di pusat kota Singapura yang bisa dijangkau dengan transportasi MRT.

Stasiun MRT terdekat adalah Dhoby Ghaut yang terhubung langsung ke Circle Line, North South Line, dan juga Northeast Line. Silahkan ambil pintu keluar di Exit C untuk menuju Istana Kepresidenan Singapore dan Istana Park.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.