Apa Itu Singapore Flyer?

Singapore Flyer

Berlibur ke Singapura menjadi destinasi yang menarik untuk menghabiskan waktu libur anda. Singapura memang sudah sejak lama hingga saat ini banyak dikunjungi oleh turis. Ada banyak turis yang mengunjungi Singapura untuk menikmati hal yang tidak ditemukan di tempat lain. Apa saja di Singapura yang khas dan hanya bisa ditemukan di sini? Tentunya sebagai negara dengan perkembangannya sangat maju, maka Singapura memiliki banyak sekali bangunan dengan arsitektur mengesankan. Tidak hanya bangunan menarik, ada juga banyak tempat hiburan yang bisa anda kunjungi di Singapura.

Salah satu tempat hiburan yang harus anda kunjungi saat ke Singapura adalah Singapore Flyer. Tahukah anda apa itu Singapore Flyer? Memang dibandingkan banyak tempat atraksi turis lainnya, sepertinya Singapore Flyer ini masih kalah populer. Contohnya jika mendengar tentang Merlion Park, maka semua sudah tahu apa yang akan ditemukannya di tempat tersebut adalah patung Merlion. Begitu juga ketika mendengar mengenai Marina Bay Sands, maka pasti anda sudah tergambar seperti apa pemandangan yang akan anda saksikan. Lalu bagaimana dengan Singapore Flyer? Apa yang bisa membuat anda tertarik untuk mengunjunginya? Ketahui penjelasan lebih lengkap mengenai atraksi wisata yang satu ini, melalui pembahasan berikut.

Singapore Flyer

Apa Itu Singapore Flyer?

Bagi anda yang belum pernah mendengar Singapore Flyer, maka sangat disayangkan sekali. Jangan sampai anda pergi ke Singapura tanpa mengunjungi tempat yang satu ini. Karena memang Singapore Flyer adalah tempat hiburan yang pastinya akan sangat mengesankan untuk semua turis dari berbagai kalangan usia. Singapore Flyer adalah nama dari sebuah Bianglala yang dibangun tahun 2008. Bianglala ini menjadi salah satu bianglala terbesar di Dunia setelah London Eye di Inggris. Peresmian dari Bianglala ini dilakukan oleh Lee Hsien Long Perdana Menteri Singapura di tahun itu.

Pembangunan Singapore Flyer adalah rencana dari Singapore Tourism Board sebagai salah satu lokasi pariwisata di Singapura. Perencanaannya sudah digagas sejak awal tahun 2000an, namun akhirnya diumumkan sejak 27 Juni 2003. Akhirnya, diputuskan Singapore Flyer akan dibangun di lahan Marina Centre yang merupakan bagian dari Singapore Land Authority. Lalu dipilihlah Kisho Kurokawa sebagai desainer dari biangalala ini. Perencanaan awal ukuran dari Singapore Flyer harusnya sama dengan London Eye yaitu setinggi 169 m. Namun akhirnya tidak jadi karena dikritik seperti membuat tiruannya saja.

Saat itu akhirnya disampaikan bahwa pengembang akan mengubah konsep desain agar tidak sama dengan London Eye. Namun saat proses pembuatannya pengembang mengalami kesulitan dalam pendanaan untuk membuat roda. Tepatnya kesulitan ini terjadi di tahun 2005 dan sempat terhambat. Namun di bulan September 2005, pengembang mendapatkan pendanaan dari 2 bank Jerman sehingga bisa melanjutkan pembangunan. Menggunakan bantuan pendanaan dari 2 bank itulah akhirnya Singapore Flyer bisa diselesaikan dan diresmikan di tahun 2008.

Kapsul dari bianglala ini semua jumlahnya ada 28 dan dilengkapi dengan pendingin udara. Rancangan bianglala ini berbeda dengan berbagai rancangan lain yang melekat di roda dan membuat pemandangan menjadi terhalang. Pada Singapore Flyer, kapsul melekat di sisi luar roda dan membuat pemandangan bisa dilihat dengan jelas. Kapsul dari Singapore Flyer ini ukurannya cukup besar mencapai 26 meter persegi.

Singapore Flyer

Berkunjung ke Singapore Flyer

Jika anda ingin mengunjungi Singapore Flyer, maka harus memperhatikan berbagai peraturan yang ditetapkan. Peraturan yang harus anda taati utamanya adalah dalam hal membawa makanan atau minuman. Anda tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman ke dalam bianglala, semua peraturannya sama seperti ketika anda akan masuk ke pesawat. Jadi pastikan untuk memperhatikan dahulu apa saja peraturannya dan memastikan anda tidak melanggar.

Anda juga sebaiknya menghindari bergabung dalam satu kapsul dengan rombongan yang besar. Jika anda hanya sendiri atau berdua, bergabung dengan sekelompok rombongan besar pastinya akan membuat anda tidak nyaman. Rombongan bear cenderung memiliki kondisi yang lebih heboh karena merasa hanya ada kalangan antara mereka saja. Walaupun pada kenyataannya ada kalangan lain yang ikut bergabung dalam kapsul ini. Belum lagi ada beberapa budaya rombongan dari negara lain yang mungkin tidak sesuai dengan kita dan membuat perjalanan di dalam Singapore Flyer menjadi kurang nyaman. Sehingga pastikan mengantri dengan sabar dan memilih kapsul yang nyaman dan terhindar dari rombongan besar.

Rekomendasi untuk anda yang ingin menaiki bianglala ini, anda harus memutuskan untuk menikmati keindahan Singapura di Siang hari atau Malam hari. Keduanya sama-sama bagus, tetapi setiap orang memiliki seleranya masing-masing. Jika anda ingin berfoto-foto, maka lebih baik menaikinya di Siang hari dengan kualitas foto berpencahayaan yang baik. Namun jika anda ingin menikmati keindahan kota dengan lampu-lampunya di malam hari, maka naiklah di atas jam 19.40 waktu setempat.

Transportasi untuk menuju Singapore Flyer adalah dengan menggunakan MRT (Mass Rapid Transit). Ambil jalur yang menuju ke stasiun Promenade (berwarna kuning atau biru). Setelah itu pilihlah pintu keluar yang mengarah ke Singapore Flyer. Pastikan untuk datang di jam operasional Singapore Flyer, yaitu 08.30 pagi hingga 10.00 malam. Harga tiker masuk Singapore Flyer adalah 33 USD untuk orang dewasa dan 21 USD untuk anak-anak.

Berikut tadi penjelasan singkat mengenai apa itu Singapore Flyer dan tips untuk anda yang berencana berkunjung ke sana. Jadi sekarang anda bisa mempertimbangkan untuk memasukkan Singapore Flyer sebagai tempat yang harus anda kunjungi di sana. Tidak akan mengecewakan dan pastinya akan sangat menyenangkan waktu liburan anda. Jangan lupa untuk memperhatikan waktu kunjungan anda agar bisa menikmati pemandangannya. Pilih jam yang tidak tanggung untuk melihat terang dan gelap dari atas langit Singapura. Semoga liburan anda menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.