Mesjid Di Singapore

xusenru / Pixabay

Bagi para muslim, yang ingin berjalan-jalan dan menikmati keindahan negara Singapora, bisa mengetahui lebih lanjut tentang pambahasan Mesjid di Singapore kali ini. Singapore sendiri adalah sbeuah negara yang memiliki banyak mesjid-mesjid indah dan bersejarah. Bebebrapa bangunan mesjid di Singapore sudah ada semenjak tahun 1800 silam. Namun, tetap terawat dan terlihat sangat indah sekarang ini. Tentunya, ini snagat berkaitan erat dengan kebudayaan, sejarah dan peranan masyarakat dalam melestarikan mesjid-mesjid tersebut.

Daftar Mesjid Di Singapore 

Dalam perkembangannya, tidak dipungkiri bahwasanya, masjid-masjid memiliki peranan penting di Singapore. Kebanyakan masjid yang ada di dalam daftar masjid di Singapore terbesar kali ini telah digunakan dari puluhan tahun silam. Jadi, bagi kamu yang penasaran, berikut daftar mesjid di Singapore yang terkenal dan terbesar tersebut.

1. Masjid Sultan

Masit terbesar dan tua yang sudah ada di Singapore akan jatuh pada masjid Sultan ini. Pembangunan mesjid ini sendiri sudah semenjak 1826 Masehi silam. Kebersihan dai masjid yang satu ini sangat terjaga, meskipun ukurannya sangat besar dan luas. Inilah salah satu alsan mengapa selalu banyak jamaah yang hadir dan nyaman beribadah di masjid ini. Ini juga merupakan salah satu objek wisata yang kerap memukau para wisatawan yang datang ke kampung Glam.

Masjid Sultan yang dirancang oleh Denis Santry ini bisa menampung maksimal 5000 jamaah. Sesuai dengan namanya, keseluruhan biaya untuk pembangunan mesjid ini ditanggung oleh sultan dan kaum muslim di saat itu. Sang arsitek sendiri sudah menggunakan gaya Mughal dan gaya Sarasenik untuk pembangunan mesjid ini.

2. Masjid Hajjah Fatimah

Ini merupakan salah satu mesjid di Singapore yang sudah diadakan semenjak tahun 1846. Masjid ini terletak di sepanjang Beach Road. Masjid unik yang menggabungkan gaya arsitektur Eropa dan Islam ini sangat indah. Nama masjid ini snediri diambil dari nama orang yang melakukan pembangunan dan berkontribusi dalam terbentuknya bangunan suci tersebut.

Masjid bersejarah satu ini dibangun dengan gabungan tembok tinggi nan megah disekelilingnya. Halaman masjid ini tidak hanya terdiri dari taman saja, ini juga memiiki bangunan-bangunan tambahan, ruangan shalat, tempat wudhu dan bahkan makam. masjid ini memiliki menara yang yang coraknya berasal dari adopsi corak Eropa.

3. Masjid Omar Kampung

Walaupun ini bukan termasuk bangunan mesjid yang sangat besar, namun ini adalah bangunan tertua dan masjid pertama di Singapore. Kamu bisa menemukan masjid tua ini jika menelusuri Singapore River Planning Area. Nama Omar sendiri adalah nama yang membangun masjid ini. Omar adalah pedagang kaya yang berasal dari Palembang dan merupakan keturunan Arab Saudi.

4. Masjid Abdul Gafoor

Salah satu masjid terkenal dan bersejarah lainnya bisa kita temukan di dekat pemukiman Little India. Masjid ini emmang salah satu masjid bersejarah yang konon dibangun oleh bangsa India Selatan yang beragama muslim. Walaupun pembangunan masjid ini sudah dari tahun 1907 silam, tapi masjid ini masih berdii megah dan terawat hingga sekarang.

5. Masjid Malabar

Masjid Malabar ini adalah masjid yang dinamai dengan nama Jamaath Muslim Malabar. Masjid yang satu ini berada di 471 Victoria street. Konon sejarahnya, masyarakat muslim Indialah yang membangun masjid megah yang satu ini. Pembangunan mesjid sudah dimulai dari tahun 1927, hanya saja terjadi kendala di tahun 1956. Namun, kendala kehabisan dana yang sempat membuat pembangunan masjid terhenti tersebut bisa ditangani dengan baik beberap waktu berikutnya.

6. Masjid Jamae Chulia

Mesji yang berada di Chinatown ini juga merupakan salah satu dari beberapa mesjid tertua di Singapore. Gerbang mesjid ini memiliki nuangsa Pagoda Tiangkok, ini merupakan salah satu keunikan dan ciri-ciri yang menjadi identitas dari masjid Jamae Chulia tersebut. Masjid ini didirikan oleh bangsa Chulia yang merupakan muslim Tamil di India Selatan.

7. Masjid An-Nahdhah

Masjid yang didirikan di daerah Bishan Stret ini sudah ada semenjak tahun 2006, kemegahan mesjid yang satu ini bisa dinikmati dengan baik dan bahkan sanggup menampung hingga 4.000 jemaah. Tidak hanya menjadi salah satu masjid terkenal dan terbesar di Singapore, ini juga menjadi salah satu mesjig yang memiliki beragam fasilitas terbaik. Dengan misi untuk bisa merangkul dan membangun sebuah komunitas untuk muslim yang lebih baik, masjid ini telah dilengkapi dengan banyak fasilitas terbaik.

8. Masjid Al-Istighfar

Ini adalah salah satu masjid terbaru yang ada di Singapore. Kubah bewarna biru yang dimilikinya sering kali menarik perhatian wisatawan yang berkunjung. Masjid yang berdiri megah di bagian timur wilayah Singapore ini telah ada semenjak tahun 1999. Mesjid ini menggunakan desain bangunan minimalis dan selalu terliaht bersih. Masjid besar ini bisa menampung sebanyak 3.000 jamaah.

9. Masjid Al Muttaqin 

Ini merupakan salah satu diantara 10 mesjid di Singapore yang beralamatkan di Ang Mo Kio Center Avenue. Mesjid ini merupakan bangunan suci yang berada di sekitar Nahnyang Technologi of University. Jika hendak pergi ke masjid ini dari statuin MTR Ang Mo Kio, maka kamu hanya perlu berjalan sekitar 6 – 10 menitan.

10. Masjid Assyakirin

Masjid lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di Singapore adalah masjid Assyakirin. Masjid ini selalu terlihat bersih dan menarik. Ini adalah mesjid yang berada di kawasan Yung An Road tak jauh dari MTR Lakeside, Singapore.

Bebebrapa mesjid lain yang juga menarik untuk dikunjungi ketika berada di Singapore adalah:

  • Masjid Abdul Aleem Sidique
  • Masjid Ahmad
  • Masjid Al-Abrar
  • Masjid Hang Jebat
  • Masjid Sallim Mattar
  • Masjid Tentera Diraja
  • Masjid Temenggong Daeng Ibrahim
  • Masjid Taha

Demikianlah beberapa daftar dari mesjid di Singapore yang bisa dikunjungi ketika hendak beribadah di negara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.