test
Home Informasi Umum Singapore Naik Bus di Singapore

Naik Bus di Singapore

Singapore Bus

Salah satu transportasi utama di Singapura adalah bus. Ada dua bus umum utama yaitu SBS Transit dan SMRT. Cara naik dan cara pembayaran bus berbeda dengan di Indonesia. Jadi orang Indonesia yang baru pertama kali ke Singapura harus tahu sistemnya biar tidak kagok.

Di Singapura tidak ada kondektur atau kernet, adanya cuma sopir; jadi jika bayar bus langsung ke sopirnya.

Di sini juga tidak bisa menyetop bus di sembarang tempat atau di sembarang halte. Hanya di halte tertentu bus tersebut berhenti.

Bus mulai beroperasi dari pukul 5.00 sampai tengah malam. Namun menjelang tengah malam kadang tidak semua bus lewat. Jadi perhatikan jam beroperasi busnya.

Bayar Tiket

Bila anda bayar pakai cash, bayar dengan uang pas; karena sopir tidak punya kembalian. Bila uang tidak pas dan memaksa naik, anda bisa kena denda dan bayarnya jadi tambah mahal. Harga tiket bus cash bisa dilihat di papan pengumuman halte.

Agar perjalanan anda nyaman, dan tidak perlu menyiapkan uang pas; sebaiknya anda membeli EZ-link card atau Singapore Tourist Pass (STP). Informasi lebih lanjut bisa dilihat Beli Kartu EZ-link Card dan Beli Kartu Singapore Tourist Pass.

Jika anda pakai kartu ezlink atau Singapore Tourist Pass (STP), sebelum masuk bus anda wajib men-tap kartu tersebut.  Sopir akan memperhatikan satu-satu apakah penumpang sudah membayar atau men-tap kartunya.

Naik Bus

Bus hanya berhenti di halte-halte tertentu. Tidak sembarang halte bus bisa berhenti, kadang bus malah tidak berhenti di halte sebelahnya. Jadi perhatikan di halte mana saja bus berhenti.

Silakan lihat peta jalur bus yang ada di halte. Jalan-jalan mana saja yang dilewati terpampang jelas. Perkiraan jam berapa bus tersebut datang juga ada di situ.

Tentukan tujuan dan cari nomor bus yang sesuai. Lambaikan tangan untuk menyetop bus di halte tersebut.

Untuk naik bus penumpang harus lewat dari pintu depan, pintu di sebelah sopir. Pintu bagian tengah khusus untuk keluar.

Naik bus harus antri dengan tertib, ikuti jalur-jalur atau tanda-tanda yang telah disediakan. Sopir akan sabar menunggu semua penumpang masuk.

Turun dari Bus

Karena bus hanya berhenti di halte-halte tertentu saja, maka anda perlu mengetahui halte tujuan. Sebelum sampai di halte tujuan, pencet tombol merah yang ada tiang besi dekat kursi. Bila mendengar bel, sopir akan berhenti di halte tujuan terdekat.

Bila anda kelewatan halte, anda tidak bisa turun di tengah jalan. Anda harus turun di halte tujuan selanjutnya.

Penumpang turun bus dari pintu tengah. Namun jika sulit keluar dari pintu tengah, dari pintu depan juga bisa. Bila mau keluar dari pintu depan sebaiknya tanya dulu, apakah boleh keluar dari pintu depan.

Bila anda bayar pakai kartu EZ-link atau STP, jangan lupa untuk men-tap lagi kartunya sebelum keluar, agar kelebihannya bisa dikembalikan.

Di dalam Bus

Bila anda berdiri di dalam bus jangan lupa pegangan, karena bus kadang berhenti mendadak. Bila anda tidak berpegangan anda bisa terlempar dan luka. Khusus untuk penumpang paling belakang tengah kadang disediakan sabuk pengaman untuk mencegah jatuh ketika bus berhenti mendadak.

Di dalam bus ada kursi khusus untuk penumpang lanjut usia atau ibu hamil (reserved seat). Sebaiknya anda jangan duduk di situ. Bila anda duduk di situ dan ada penumpang yang berhak maka anda harus merelakan tempat duduk tersebut untuk penumpang yang berhak tersebut.

Di dalam bus memang kadang tidak ada tanda dilarang makan/minum. Namun anda jangan makan/minum atau merokok untuk menghindari denda dan menghormati penumpang lainnya.

MRT

Transportasi utama selain bus, adalah MRT. Harga tiket MRT relatif lebih mahal, namun lebih cepat sampai, dan gampang rutenya. Untuk informasi lebih lanjut tentang MRT dapat dilihat di Naik MRT di Singapura.

18 COMMENTS

    • Yup, harus bayar tiket untuk anak (tiket anak lebih murah dari dewasa). Untuk lebih praktisnya silakan membeli ezlink untuk anak-anak.

  1. pak, “Bila anda bayar pakai kartu EZ-link atau STP, jangan lupa untuk men-tap lagi kartunya sebelum keluar, agar kelebihannya bisa dikembalikan.” maksudnya bagaimana ya? trm ksh

    • Waktu naik bus, kartu akan dipotong dengan harga tiket maksimal. Setelah kartu ditap, maka harga tiket akan disesuaikan dengan jarak tempuh bus.

    • Kalau bayar cash saat naik bus. Bayarnya harus pakai uang pas, karena sopir tidak punya kembalian, dan bisa kena denda kalau bayarnya tidak pakai uang pas.

  2. kalau kita mau turun, bagaimana caranya memberi tahu sopir? apakah sudah pasti akan berhenti di setiap halte? apakah saat mendekati tujuan kita berdiri dan mendekati pintu keluar, pintu keluar ada di depan atau di belakang ? thanks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Category

Most Popular

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Tanya Jawab Untuk Yang Pertama Ke Singapore

Kadang bila bepergian pertama kali ke negara lain, kita punya perasaan takut kalau-kalau terjadi kejadian tidak mengenakan di luar negeri. Agar hal tersebut tidak...

Kartu Singapore Tourist Pass

Singapore Tourist Pass (thesingaporetouristpass.com) Singapore Tourist Pass (STP) adalah kartu pass yang bisa anda gunakan untuk menaiki transportasi umum di Singapura secara tak terbatas. Anda...

What's New

Tips Persiapan Traveling ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri lebih diminati pada saat ini karena harga tiket pesawat keluar negeri jauh lebih murah daripada tiket pesawat di dalam negeri....

15 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang memiliki potensi wisata menarik dan beragam seperti Indonesia. Wilayah Malaysia tidak seluas Indonesia, tetapi Malaysia memiliki berbagai macam...

13 Tempat Wajib Dikunjungi Ketika Wisata di Thailand

Thailand menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan asing terutama wisatawan dari Eropa karena keindahan dan keunikan yang dimilikinya. Land of Smiles adalah sebutan...

4 Show Terbaik Wajib Lihat Saat Berlibur di Universal Studio Singapura

Universal Studio adalah salah satu lokasi wisata favorit yang wajib masuk dalam list itinerary. Rasanya tidak puas apabila datang ke Singapura tapi melewatkan lokasi...