10 Pesawat Tempur Yang Dipunyai Singapore

Defence-Imagery / Pixabay

Ada banyak kegunaan dari pesawat tempur yang biasanya dimiliki oleh setiap negara untuk pertahanan negaranya masing-masing. Termasuk diantaranya 10 pesawat tempur yang dipunyai Singapore yang akan kita bahas kali ini. Karena, setiap negara tentunya membutuhkan pertahanan dan perlindungan yang memadai. Walaupun sebuah negara yang tergolong kecil sekalipun.

Jenis dan Fungsi Dari Pesawat Tempur

Walaupun setiap negara memiliki beraga pesawat tempur, namun kamu juga harus mengetahui bahwasanya setiap pesawat tempur ini memiliki fungsi tersendiri. Setiap pesawat tempur yang ada diciptakan dengan jenis dan fungsi yang berbeda. Berikut beberapa jenis dan fungsi dari pesawat tempur.

Pesawat pengebom

Dari namanya saja, kita sudah mengetahui apa fungsi dari pesawat tempur yang satu ini bukan? Ya, peranannya adalah untuk menjadtuhkan bom dan pesawat tempur ini juga terbagi dari jangkauan untuk pengeboman yang dimilikinya. Ada jenis pesawat pengebum taktis, dimana jangkauan yang dimiliki lebih pendek dan bom yang dihasilkan juga lebih berdampak. Ada juga jenis pesawat pengebom strategis yang area jangkauannya lebih luas.

Untuk membedakan pesawat tempur pengebom dan jenis pesawat tempur biasa sekarang ini sudah terlihat tidak begitu jelas. Sudah banyak sekarang ini produksi dari pesawat tempur yang terlihat berbentuk biasa namun nyatanya dioptimalkan untuk pengeboman. Bahkan, sebagian pesawat pengebom bahkan tidak memiliki kemampuan bertempur bebas di udara.

Salah satu hal yang bisa membedakan keduanya mungkin hanya masalah jangkauan area yang mereka miliki. Pesawat yang hanya dikhusukan untuk mengebom hanya akan dioptimalkan agar bisa terbang jauh dan bisa memasuki kawasan lawan. Sedangkan, pesawat tempur yang juga bisa mengebom jangkauannya akan lebih terbatas dan hanya bergantung pada daerah di sekitar lokasi perperangan untuk misi-misi tertentu saja.

Pesawat serbu

Ini merupakan jenis pesawat yang nantinya akan digunakan untuk penyerangan target yang berlokasikan di darat. Ini adalah penyokong langsung bagi pasukan yang sedang berperang di daerah darat. Pesawat ini nantinya akan menyokong pergerakan prajurit di darat maupun pergerakan tank agar lebih optimal dan bisa maju tanpa hambatan.

Pesawat tempur

Ini merupakan jenis pesawat perang yang akan mendomisili perperangan di udara. Dimana tugas dari pesawat tempur ini adalah menyerang pesawat lawan di bagian udara. Pesawat jenis ini biasnaya akan dibentuk seramping mungkin agar bisa bergerak lebih lincah dan leluasa bergerak di udara.

Pesawat pencegat

Ini juga merupakan jenis pesawat yang ada dan digunakan dalam peperangan. Dimana pesawat jenis ini memang sudah dirancang secara khusus untuk menghancurkan pesawat terbang musuh lainnya dengan cara mencegatnya. Biasanya ini akan dikendalikan dengan kecepatan maksimal dan mencegat pesawat lainnya terutama pesawat pengebom yang tentunya sangat berbahaya.

Pesawat pencegat ini sendiri terbagi lagi menjadi 2 jenis berbeda. Perbedaan jenis pesawat pencegat ini berdasarkan fungsi kinerja masing-masing jenis. Pesawat pencegahan pertahanan wilayah dna pesawat pencegat pertahanan titik. Dimana pesawat pencegat pertahanan titik adalah lini pertama yang akan lepas landas untuk mencegat serangan dari pesawat lain dan berkecepatan tinggi. Sedangkan pesawat pencegat wilayah akan lebih lambat dan tugasnya adalah untuk mencegat dan melindungi pertahanan wilayah yang jangkauannya lebih luas.

Pesawat intai

Sudah jelas pastinya fungsi dari pesawat tempur yang satu ini bukan? Dari namanya saja sudah mencerminkan fungsi sesungguhnya dari pesawat ini. Dimana anggota militer akan menggunakannya sebagai alat pengintai. Posisi yang digunakan saat mengendarai pesawat ini juga tergolong strategis. Sebelum adanya serangan militer, pastinya pesawat yang pertama kali dikerahkan adalah pesawat intai ini. Biasanya setelah melakukan pengintaian maka data yang sudah terkumpul akan dijadikan acuan untuk taktik penyerangan yang akan dilakukan selanjutnya.

Bahkan, pesawat intai inipun dibagi menjadi beberapa jenis. Ada jenis pesawat intai yang dinamakan Reconaisance yang tugasnya adalah mengumpulkan data yang diintai di daerah strategis lawan perang. Biasanya, pesawat intai berjenis ini akan dilengkapi dengan kemampuan terbang tinggi dan bisa menyusup dengan baik tanpa terdeteksi oleh pertahanan lawan. Bahkan, jenis pesawat yang satu ini tidak terjangkau oleh rudal pertahanan lawan.

Pesawat serang antigerilya

Ini merupakan jenis pesawat yang memang dioptimalkan agar bisa memberikan suppoert bagi pasukan yang berperang di daratan agar bisa menghadapi serangan gerilya. Biasanya jenis pesawat ini adalah jenis pesawat yang ringan, bisa terbang rendah, memiliki peralatan teknologi yang lebih sederhana dan mudah dikendalikan.

Pesawat ini biasanya akan menggunakan baling-baling ketimbang menggunakan turbo jet. Dimana baling-baling akan jauh lebih hemat dan optimal untuk support jenis pesawat tempur yang satu ini. Pesawat jenis ini biasnaya memang dirancang khusus. tapi, tak jarang juga menggunakan pesawat modifikasi yang berasal dari beragam jenis pesawat sipil yang sudah diberikan beragam persenjataan terbaik untuk menghadapi medan peperangan.

Pesawat Tempur Latih

Ini memang bukan jenis pesawat tempur yang akan digunakan langsung dalam pertempuran di udara. Namun, ini adlaah jenis pesawat tempur yang digunakan agar bisa latihan untuk menghadapi medan perperangan. Biasanya, penggunaan flight simulator akan digunakan pada pesawat ini agar bisa menghemat biaya operasional dan juga untuk melatih kecakapan para polit angkatan udara.

10 Pesawat Tempur Yang Dipunyai Singapore

Sebagai salah satu negara yang berkembang, maka sudah selayaknya Singapore memiliki pertahanan udara yang dahsyat. Dimana salah satunya adalah dengan mempunyai pesawat tempur yang sewaktu-waktu sangat diperlukan. Oleh karena itu, berikut 10 pesawat tempur yang dipunyai Singapore berikut ini.

1. F-15E

Ini merupakan salah satu jenis pesawat tempur milik Singapore yang bisa digunakan di beragam kondisi cuaca. Hbatnya lagi, pesawat ini adalah pesawat yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Bisa dikendalikan untuk terbang tinggi tanpa perlu bantuan pesawat perang elektronik.

2. Gulfstream G550

Ini merupakan pesawat yang diproduksi di Savannah, Georgia. General Dynamic yang memproduksi pesawat ini juga memproduksi pesawat tempur tipe Gulfstream V.

3. Airbus A330

Ini adalah pesawat tempur berbentu jet yang bisa digunakan pada jarak jauh-menengah dan memiliki kapasitas yang besar. Pesawat tempur yang menggantikan posisi A340 ini memiliki bagian badan yang lebar.

4. Lockheed Martin KC-130

Ini merupakan pesawat tempur yang memiliki mesin turboprop yang telah dilakukan modifikasi untuk bisa melakukan pengisian bahan bakar di udara. KC-130J ini sendiri adalah model terbaru yang sedang digunakan oleh marinir Amerika.

5. Boeing KC-135 Stratotanker

Ini merupakan varian pesawat tempur yang sebelumnya sudah dikembangkan dari Boeing 707. Ini merupakan pesawat jet yang menggunakan bahan bakar tangker versi pertama yang menjadi pengganti dari KC-97.

6. Airbus Helicopters H225M

Ini merupakan versi penerus dari EC 725 Caracal yang merupakan jenis helikopter untuk kegunaan transportasi jatak jauh. Airbus Helicopter H 225 M ini merupakan generasi baru dari Super Puma yang digunakan sebagai pelengkap keperluan militer Singapore sekarang ini.

7. Sikorsky SH-60 Seahawk

Ini merupakan pesawat yang menggunakan multi mission dan dilengkapi dengan mesin turboshaft ganda. Pesawat helicopter yang satu ini merupakan perkembangan terkini dari H 60 Black Hawk.

8. Lockheed C-130 Hercules

Lockheed Martin C-130 Hercules merupakan pesawat untuk pengangkutan militer yang digunakan oleh sebagian besar pasukan militer di dunia. Pesawat ini menggunakan 4 mesin turboprop yang pastinya bisa membawa pilot untuk terbang tinggi.

9. M-346 Master

Alenia Aermacchi M-346 merupakan jet tempur. Ini merupakan perlengkapan tempur udara yang diproduksi oleh Aermacchi, beroperasi di Italia.

10. AH-64 Apache

AH-64 Apache adalah pesawat tempur yang tergolong unggulan. Karena, mesin tempur udara satu ini bisa digunakan untuk segala keadaan cuaca.

Nha, itulah daftar 10 pesawat tempur yang dipunyai Singapore. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.