Home Singapore River & Marina Bay 10 Sungai Terkenal di Singapore untuk Dikunjungi

10 Sungai Terkenal di Singapore untuk Dikunjungi

Berencana berlibur ke Singapura tentunya membuat anda akan sangat semangat mencari tahu tempat-tempat yang bisa dikunjungi di sana. Terkadang anda akan kebingungan ingin mengunjungi tempat yang tidak mainstream menjadi tempat wisata di sana. Terlalu banyak pengunjung di suatu tempat yang populer terkadang tidak diminati oleh beberapa wisatawan. Jadi ada banyak wisatawan yang ingin mencoba mengunjungi tempat yang berbeda. Salah satu tempat wisata yang ingin dicari tahu oleh kebanyakan wisatawan ke Singapura adalah tempat wisata alam. Seperti misalnya ingin sekali menikmati keindahan sungai di Singapura. Perlu diketahui bahwa sungai di Singapura ini ada banyak sekali. Sayangnya, tidak banyak yang ingin mengunjunginya karena masih banyak tempat wisata lain di Singapura yang lebih populer.

Namun bagi anda yang tertarik mengunjungi Singapura dan ingin mencoba mengunjung tempat yang berbeda dengan wisatawan lain, anda bisa mempertimbangkan mengunjungi sungai-sungai ini. Sungai-sungai di Singapura diketahui setidaknya ada 10 yang menarik dan disarankan untuk anda kunjungi. Di mana saja kesepuluh sungai tersebut dan apa namanya? Silahkan anda simak penjelasannya berikut ini. Semoga bisa menjadi daftar rekomendasi sungai terkenal di Singapore yang bisa anda kunjungi. Jangan tunggu lama lagi, berikut ini penjelasan mengenai kesepuluh sungai tersebut.

Singapore River

10 Sungai Terkenal di Singapore untuk Dikunjungi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berwisata ke Singapore tidak harus selalu hanya mengunjungi sentosa island atau merlion park. Anda bisa mengunjungi juga sungai-sungai terkenal di negara ini. Walaupun memang tidak banyak yang merekomendasikan untuk mengunjunginya, bukan berarti sungai-sungai di Singapore ini tidak menarik dan indah. Ada setidaknya 10 sungai terkenal di Singapore yang akan direkomendasikan untuk anda kunjungi. Silahkan pilih sungai-sungai dari daftar berikut ini untuk menjadi tempat wisata yang baru dan menarik untuk anda kunjungi.

  1. Singapore River

Sungai yang paling terkenal di Singapura adalah Singapore River atau yang dalam bahasa Indonesia bisa dinamakan sungai Singapura. Sungai ini adalah sungai yang mengalir di bagian selatan Singapura. Panjangnya sekitar 3,2 kilometer dan berawal dari Jembatan Kim Seng hingga menuju Marina Bay. Sungai ini memiliki sumber air dari Pelabuhan Singapura yang memang secara sejarah adalah lokasi di mana ekonomi Singapura berkembang.

  1. Kallang River

Selanjutnya, sungai lain yang juga sangat terkenal di Singapura adalah sungai Kallang atau Kallang River. Sungai ini menjadi sungai yang terpanjang hingga saat ini di Singapura, panjangnya bisa mencapai 10 kilometer. Awal sungai adalah Lower Peirce Reservoir dan berujungi hingga Kallang. Dalam sejarah sungai ini merupakan tempat jual beli warga Bugis di tahun 1960.

  1. Rochor River

Anda juga bisa mengunjungi Rochor River yang merupakan sungai kanal dari sungai pusat di Singapura. Panjangnya memang tidak terlalu besar, hanya sekitar 0,8 kilometer saja. Tidak sampai 1 kilometer tetapi memiliki keindahan yang dilengkapi oleh jembatan Victoria dan melewati berbagai persimpangan yang membuatnya terlihat sangat menarik.

  1. Sungei Cina

Ingin mencoba menjelajahi sungai yang lebih menarik lagi di Singapura? Anda bisa mengunjungi Sungei Cina yang ada di daerah kampung Sungei Cina ini dan menikmati panjang sungai yang melintasi perkampungan. Anda juga bisa melihat langsung monyet yang hidup di pinggir-pinggir sungai. Jika ingin memancing, anda juga bisa mendapatkan banyak jenis ikan tawar di sana.

  1. Sungei Jurong

Berikutnya ada juga sungai yang berada di wilayah Jurong dan dinamakan Sungei Jurong. Sungai ini memiliki panjang yang memang tidak sepanjang sungai lain, tetapi tidak kalah indahnya karena sepanjang sisi sungai terdapat rumput hijau yang asri. Menikmati keindahan sungei Jurong ini akan menyegarkan pikiran anda kembali.

Kallang River

  1. Sungei Ketapang

Pilihan berikutnya bisa anda kunjungi Sungei Ketapang atau sungai yang berlokasi tidak jauh dari Kampong Sek Lim. Panjang dari sungai ini cukup lumayan, yaitu mencapai hingga 2,83 kilometer. Aliran air sungai ini tidak terlalu deras dan cenderung tenang. Saat ini sudah ada deck di sisi sungai untuk membuat pengunjung lebih nyaman menikmati keindahannya.

  1. Sungei Tho Pek Kong

Satu lagi sungai terbaik di Singapore yang pastinya akan sangat menarik untuk anda kunjungi. Sungai ini berada di Lim Chu Kang yang bisa diakses dengan mudah menggunakan MRT.  Akses air dari sungai ini juga mudah untuk anda kunjungi jika menginap di daerah dekat Kampong Bereh dan Kampong Wak Dulah.

  1. Geylang Canal

Jika anda berada di daerah Geylang, jangan sampai anda melewatkan mengunjungi Geylang Canal ini. Geylang berada di pusat Singapura sehingga mengunjungi sungainya pun tidak membutuhkan transportasi yang rumit, Sepanjang pinggir sungai dibangun taman yang sangat memberikan pengaruh untuk kualitas air yang bersih dan jernih.

  1. Pelton Canal

Salah satu cabang dari sungai Kallang adalah Pelton Canal. Pelton Canal ini menghubungkan daerah Kallang dengan Balam Pak. Keindahan sungai ini juga dilengkapi oleh tumbuhan hijau di sisinya, jadi anda bisa menikmati sungai dengan tetap teduh dan tidak kepanasan. Daerah ini sangat cocok untuk berpiknik bersama keluarga.

  1. Siglap Canal

Pilihan yang selanjutnya, ada yang dinamakan Siglap Canal sebagai salah satu sungai terbaik di Singapore. Sungai yang satu ini bisa anda kunjungi tidak jauh dari stasiun MRT Kembangan. Panjangnya sungai ini juga dilengkapi dengan tumbuhan hijau yang menyusurinya. Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto menarik di tempat ini juga.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja sungai terkenal di Singapore untuk anda kunjungi. Sekarang setelah mengetahui beberapa sungai yang menarik di Singapore ini, anda bisa memasukkannya menjadi tempat-tempat pilihan alternatif jika anda ingin mencari suasana wisata baru di sana. Jadi silahkan anda kunjungi sungai-sungai di atas dan nikmati kesegaran alam Singapore yang bebas dari kepadatan pengunjung yang mengganggu kenyamanan anda. Selamat berlibur di Singapura ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Category

Most Popular

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Tanya Jawab Untuk Yang Pertama Ke Singapore

Kadang bila bepergian pertama kali ke negara lain, kita punya perasaan takut kalau-kalau terjadi kejadian tidak mengenakan di luar negeri. Agar hal tersebut tidak...

Singapore Zoo: Kebun Binatang di Singapura

Singapore Zoo adalah kebun binatang seluas sekitar 30 hektar di Singapura. Terdapat berbagai macam hewan yang dipelihara di sini. Dari binatang yang mudah ditemui...

What's New

Bercengkrama dengan Alam di Sentosa Nature Discovery

Sentosa Island adalah sebuah pulau di Singapura yang direklamasi dan direkayasa menjadi kawasan wisata untuk para turis lokal dan internasional. Di pulau kecil ini terdapat banyak wahana seru untuk...

Kidzania Singapore, Wisata Anak yang Paling Brilian

KidZania Singapore adalah sebuah tempat wisata edukatif untuk mengetahui bakat dan minat anak-anak sekaligus cita-cita mereka. Konsep role playing dengan 60 tema keren di...

Uji Adrenalin di AJ Hackett Singapura

Singapura ternyata negara kepulauan juga, walaupun ukurannya kecil. Salah satu pulau yang dimiliki oleh Singapura adalah Sentosa Island yang dahulu diberi nama Pulau Blakang...

Menjelajahi Virtual Reality di Headrock VR Singapura

Salah satu wahana terbaru di Sentosa Island adalah Headrock VR. Sesuai dengan namanya, Digital Action Theme Park pertama di Singapura ini memberikan keseruan dengan...