12 Makanan Terkenal di Singapore Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Singapore kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati makanan khas dari negeri singa yang satu ini. Pasalnya, selain terkenal sebagai negara yang memiliki sejumlah lokasi wisata dengan keindahan dan fasilitas yang sangat memukau. Singapore juga terkenal sebagai negara yang memiliki beragam kuliner yang wajib Anda coba. Bahkan deretan makanan terkenal di Singapore ini menjadi makanan yang paling banyak diburu para wisatawan saat berkunjung ke sana.

Makanan Terkenal di Singapore

Apa saja makanan khas Singapore paling terkenal? Untuk Anda yang ingin berburu makanan khas negeri singa. Berikut deretan makanan Singapore paling enak dan paling yang wajib Anda coba:

1. Kari Kepala Ikan

Salah satu makanan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Singapura adalah kari kepala ikan khas Singapura. Sebenarnya makanan ini bukan berasal dari negara Singapura, melainkan makanan khas India yang kemudian menjadi makanan olahan para pedagang India yang dulunya bermukim di Singapura. Kari kepala ikan sendiri merupakan sup kari kepala ikan yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah, cabai, garam, gula, dan beberapa bahan lainnya hingga menciptakan cira rasa yang sangat khas.

2. Nasi Ayam Hainan

Nasi Ayam Hainan ini juga menjadi makanan yang paling terkenal di negara Singapura. Bahkan makanan ini menjadi salah satu makanan terfavorit untuk warga lokal maupun para turis yang datang kesana. Untuk bisa menikmati makanan ini, maka Anda tidak perlu bingung mencari penjualnya. Dimana makanan ini banyak dijual di pusat-pusat perbelanjaan, hawker, restourant, cafe, hingga tempat penginapan.

3. Chili Crab (Kepiting Cabai)

Jika Anda bertanya kepada warga lokal Singapura tentang makanan apa yang paling terkenal di negeri ini. Maka kebanyakan dari mereka akan menjawab “Chili Crab”. Makanan berupa kepiting cabai ini menjadi salah satu makanan yang paling banyak diburu. Anda bisa menikmati cangkang kepiting yang dibalut dengan saus tomat kental yang dicampur dengan telur dan cabai. Untuk cara makannya biasanya dihidangkan bersama Mantou atau roti goreng khas Singapura.

4. Kaya Toast

Kaya Toast adalah makanan pelengkap berupa roti yang diolesi mentega dan dicampur selai kelapa lalu dibakar dengan arang. Rasa makanan ini sangat manis dan gurih. Cocok sekali jika dimakan dengan ditemani secangkir teh atau kopi. Bahkan makanan ini menjadi makanan khas Singapura yang selalu dihidangkan bersama makanan ringan atau cemilan lainnya.

5. Roti Canai

Untuk Anda yang penasaran dengan makanan hits di Singapura. Maka Roti Canai bisa menjadi pilihan makanan Anda selanjutnya. Roti Canai merupakan roti dari adonan tepung yang diolesi dengan mentega India. Biasanya 1 Roti Canai akan dihidangkan bersama saus kari ikan atau saus kambing dengan cira rasanya yang begitu khas. Anda bisa memakan roti ini sambil mencocolkan ke dalam saus.

6. Rujak Singapore

Selain menjadi makanan favorit di Indonesia, rujak juga sangat terkenal di negara Singapura. Namun rujak disini berbeda dengan rujak yang biasanya Anda temui di Indonesia. Dimana untuk sambalnya sendiri merupakan hasil fermentasi antara gula, sambal, dan jeruk nipis. Kemudian sambal dicampur dengan cakwe, sayur, buah, dan tahu. Agar menghasilkan rasa yang lebih nikmat, biasanya rujak akan dicampur dengan buah mangga muda, nanas, dan juga jambu.

7. Hokkien Prawn Mee

Untuk Anda yang non muslim, Hokkien Prawn Mee menjadi makanan yang wajib Anda coba. Dimana selain menghasilkan cira rasa yang sangat lezat. Makanan ini cukup banyak diburu oleh warga lokal maupun turis asing. Hokkien Prawn Mee sendiri merupakan makanan berupa mie Hokkien yang disiram dengan kaldu tulang babi dengan campuran udang, telur, daging babi, dan cumi-cumi. Rasa makanan ini campuran antara pedas, manis, dan segar.

8. Nasi Lemak

Makanan terkenal di Singapura selanjutnya adalah nasi lemak. Nasi lemak merupakan makanan berupa nasi yang dicampur dengan daun pandan dan santan. Biasanya makanan ini akan dihidangkan bersama menu pelengkap lainnya, seperti suiran ayam, ikan teri, kacang, telur , timun, dan sambal.

9. Laksa Singapore

Jika di Indonesia Anda mengenal Laksa Padang, maka di Singapura Anda mengenalnya dengan nama Laksa Singapore. Makanan ini terinspirasi oleh hidangan khas warga Tionghoa yang tinggal di daerah Katong. Untuk satu porsi Laksa terdiri dari mie, kerang, udang, perkedel ikan, kacang yang dicampur dengan kuah santan berwarna merah.

10. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh merupakan makanan yang terbuat dari iga babi yang dicampur dengan kaldu bersama bumbu-bumbu rempak seperti kayu manis, cengkeh, biji adas, ketumbar, dan lain-lain. Biasanya makanan ini dihidangkan bersama kembang tahu dan sayur asing. Dapat dinikmati juga bersama nasi atau mie.

11. Bubur Kodok

Mendengar namanya saja tentu sudah anti mainstream. Namun meskipun begitu Anda jangan salah, makanan ini memiliki rasa yang bisa menggoda lidah Anda. Dimana bubur kodok sendiri merupakan makanan berupa bubur yang dihidangkan bersama chinese cooking wine yang akan dimakan dengan kaki kodok goreng yang telah dicampur dengan kari ayam dan juga minyak wijen.

12. Fried Corrot Cake

Untuk Anda yang mencari makanan khas Singapura dengan harga yang terjangkau, maka Fried Corrot Cake bisa menjadi pilihannya. Makanan yang banyak dijual di hawker food Singapore ini merupakan potongan adonan dari tepung beras dan juga lobak putih yang di kukus kemudian di goreng bersama daun bawang dan telur. Modelnya hampir mirip seperti omellet. Hanya saja makanan ini dicampur dengan kecap manis untuk menghasilkan cira rasa yang lebih manis dan gurih.

Jika berbicara mengenai kuliner khas Singapore tentu tidak akan ada habisnya. Kini untuk Anda yang berencana pergi ke Singapura, maka wajib untuk mencoba beberapa makanan terkenal di Singapore di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.