Daftar Perdana Menteri Singapore Hingga Saat Ini

Lee Kuan Yew

Singapura adalah negara di Asia Tenggara yang berbentuk republik parlementer dan menyebabkan selain ada Presiden ada juga Perdana Menteri. Perdana Menteri pada pemerintahan Singapura bertugas untuk menjalankan dan mengawasi berbagai urusan pemerintah kecuali untuk urusan pertahanan dan hubungan luar negeri. Tugas dari perdana menteri di atas tentu dapat memberikan gambaran pada anda bagaimana pentingnya keberadaan perdana menteri di Singapura ini. Itulah selain dilakukan pemilihan Presiden, Singapura pun melakukan pemelihan Perdana Menteri yang tidak kalah penting peran dan tugasnya daripada Presiden.

Hingga saat ini Singapura memiliki 3 orang Perdana Menteri. Jumlah yang kecil karena memang Perdana Menteri akan berhenti ketika sudah tidak terpilih lagi. Anda ingin tahu siapa saja perdana menteri Singapura tersebut? Jika iya, maka anda perlu penjelasan dari daftar perdana menteri Singapore yang mungkin beredar luas secara umum. Anda perlu mengetahui nama para perdana menteri tersebut, masa jabatannya, hingga daerah pemilihannya. Seluruh informasi mengenai daftar perdana menteri Singapore ini bisa anda ketahui pada pembahasan selanjutnya. Jadi terus simak pembahasaan ini ya!

Goh Chok Tong

Daftar Perdana Menteri Singapore Hingga Saat Ini

Penjelasan sebelumnya telah menyebutkan bahwa selain ada presiden, Singapura jug amemiliki perdana menteri sebagai yang bertanggung jawab pada berbagai urusan pemerintahan. Kini anda sudah memahami bahwa ada perdana menteri di Singapura namun belum tahu siapa saja yang pernah menjabat jadi perdana menteri ini. Oleh karena itu, anda bisa mempelajari mengenai siap asaja perdana menteri Singapura pada bagian di bawah ini. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai 3 perdana menteri Singapura yang pernah menjabat dan hingga kini masih menjabat.

  • PM Lee Kuan Yew

Perdana menteri Singapura yang pertama bernama Lee Kuan Yew. Beliau lahir di Singapura tanggal 16 September 1923 dan telah meninggal dunia di Singapura juga tanggal 23 Maret 2015 di usia ke-95 tahun. Lee Kuan Yew adalah perdana menteri Singapura yang menjabat dari tahun 1959 hingga 1990. Masa jabatan yang mencapai 31 tahun dan hingga kini menjadi masa jabatan perdana menteri Singapura yang terlama. Saat itu, Lee Kuan Yew mengundurkan diri dari posisi perdana menteri dan memutuskan menjadi tokoh politik saja. Latar belakang pendidikan Lee Kuan Yew adalah menyelesaikan pendidikan dasar di SD Telok Kurau dan berlanjut ke Raffles Institution. Saat kuliah di Raffles College, Lee Kuan Yew terpaksa menunda pendidikan karena adanya Perang Dunia II yang membuat Singapura diduduki oleh Jepang dari tahun 1942 hingga 1945. Lee pernah bekerja sebagai editor bahasa Inggris untuk koran Jepang dan melanjutkan kuliah di jurusan hukum di Inggris setelah perang berakhir. Ia kembali ke Singapura tahun 1949 dan bekerja menjadi pengacara sampai akhirnya terpolih menjadi perdana menteri. Lee Kuan Yew menderita radang paru-paru yang menyebabkan dirinya dirawat di rmah sakit dan akhirnya meninggal dunia di tahun 2015.

  • PM Goh Chok Tong

Setelah PM Lee Kuan Yew mengundurkan diri sebagai perdana menteri, posisinya digantikan oleh Goh Chok Tong. Goh Chok Tong lahir di Singapura tanggal 20 Mei 1941 dan kini telah berusia 78 tahun. Masa jabatan dari PM Goh Chok Tong adalah mulai dari 26 November 1990 hingga 12 Agustus 2004. Jadi secara keseluruhan, Goh Chok Tong menjabat selama 14 tahun dan kemudian digantikan oleh PM berikutnya. Pasca tidak menjadi perdana menteri lagi, Goh Chok Tong menjabat sebagai Menteri Senior dan juga Ketua Bank Sentral. Goh Chok Tong juga adalah pemegang jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Partai Aksi Rakyat (PAP) mulai dari 1992. Latar belakang pendidikan Goh Chok Tong adalah mulai bersekoah di Raffles Institution dari 1955 sampai 1960. Selanjutnya, Goh Chok Tong melanjutkan kuliah pada bidang ekonomi di Universitas Nasional Singapura. Melanjutkan pendidikan Magister pada bidang Pembangunan Ekonomi di Williams College, Amerika Serikat tahun 1967. Setelah selesai kuliah, Goh Chok Tong memulai karir politik di usia sangat muda yaitu 35 tahun.

Lee Hsien Loong

  • PM Lee Hsien Loong

Perdana menteri Singapura saat ini adalah Lee Hsien Loong yang memulai jabatan dari tanggal 12 Agustus 2004 hingga sekarang. Tahukah anda bahwa Lee Hsien Loong adalah anak dari perdana menteri pertama Singapura yaitu Lee Kuan Yew? Saat ini Lee Hsien berusia 67 tahun dan lahir pada 10 Februari 1952. Riwayat pendidikan Lee Hsien Loong ini menunjukkan bahwa dirinya menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di Singapura. Setelah itu, Lee Hsien Loong melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Cambridge dan Universitas Harvard. Sebelum terjun ke dunia politik, Lee Hsien Loong bergabung ke angkatan bersenjata Singapura di tahun 1971 dan mundur dengan pangkat Brigadir Jenderal di tahun 1984 karena masuk ke dalam pilihan anggota parlemen. Akhirnya setelah melalui karir politik yang cukup panjang, Lee Hsien Loong kemudian terpilih menggantikan Goh Chok Tong di tahun 2004 sebagai perdana menteri. Lee Hsien Loong sendiri cukup populer dengan cara pemerintahannya yang arogan. Salah satu yang paling banyak menarik perhatian adalah ketika Lee Hsien Loong mengkritik pemerintah Taiwan yang terlalu berharap tinggi akan dukungan untuk pendeklarasian kemerdekaannya.

Itulah tadi 3 orang yang tercatat dalam daftar perdana menteri Singapore sejak awal hingg asaat ini. Kini anda sudah tahu bukan siapa saja yang memiliki peran penting dalam menjalankan pemerintahan di Singapura? Jadi kini anda juga bisa mengetahui perbedaan sistem pemerintahan republik parlementer seperti di Singapura dengan republik seperti di Indonesia. Anda pun bisa memahami dari masa ke masa pemerintahan di Singapura yang dipimpin oleh perdana menteri yang berbeda. Jadi anda tidak asing lagi dengan negara tetangga yang satu ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.