Daftar Presiden Singapore

12019 / Pixabay

Untuk mengenali siapa saja yang telah memimpin Singapura dari presiden pertamanya, maka kali ini kita akan membahas tentang daftar presiden Singapore tersebut. Tentunya, keberhasilan Singapura di segala bidang tidak luput dari para pemegang kekuasaan tertinggi yang mencoba merubah dan mempertahankan pemerintahan sedari dulu. Tanpa perlu basa basi lagi, kali ini kita akan membahas tentang daftar presiden Singapore.

Daftar Presiden Singapore

Presiden Singapore sendiri merupakan sebutan untuk sang pemimpin negara yang sepenuhnya dipilih atas dasar demokrasi dan pemilihan oleh rakyat. Pemilihan umum untuk demokrasi agar bisa mendapatkan sang pemimpin negara alias Presiden bagi negara Singapore sendiri sudah dimulai semenjak tahun 1993. Sebelum diadakan pemilihan umum secara demokrasi oleh rakyat, maka kepala pemerintahan hanya dilantik oleh parlemen di Singapura saja.

Singapore sendiri mulai melakukan pemilihan presiden pada tahun 1965, dimana negara ini secara resmi berdiri sendiri dan terpisah dari Malaysia. Singapore sendiri sudah mulai menggantikan kepemimpinan Yang diPertuan Negara dimana inilah sebutan untuk yang berkuasa sebelumnya. Dan ketika mereka melakukan pemilihan umum Presiden pertama kali, maka Encik Yusof Ishak adalah Presiden Singapore pertama yang berhasil terpilih.

1. Yusof Ishak

Yusof Bin Ishak adalah orang pertama yang berhasil terpilih sebagai presiden pertama di Singapore. Tidak banyak yang tahu, bahwasanya Yusof yang kala itu berjaya dan menajdi orang besar di negeri orang adalah keturunan Indonesia Asli. Semenjak ia memimpin, Yusof telah berhasil mengubah negara Singapuro menjadi negara Republik, lepas dari pemerintahan Malaysia pada tahun 2009.

Yusof sendiri adalah seorang putra asli Indonesia tepatnya seorang yang berasal dari daerah Minangkabau. Ya, Yusof sendiri emamng dilahirkan di Malaysia, namun orang tuanya adalah orang Indonesia asli. Ibunya adalah orang Langkat, Sumatra Utara dan yahnya adalah orang asli Minangkabau. Jadi, Yusof sejatinya keturunan Indonesia yang berhasil menjayakan negeri Singapore.

Sebelum menjabat sebagai seorang presiden di Singapure, Yusof merupakan seorang jurnalis. Dirinya bekerja di penerbitan sebuah majalah khusu yang bertajuk Sportsman, bertemakan olahraga. Cemerlangnya karire yang dimilikinya kala itu mengantarkannya kepada jabatan Yang Dipertuan Negara. bahkan, sebelum menjabat resmi sebagai presiden Singapore, Yusof sendiri sudah banyak memegang jabatan penting d pemerintahan.

Ketika Singapore berhasil berdiri sendiri sebagai negara yang independent dan tidak lagi tergabung dengan pemerintahan Malaysia, Yusof kembali terpilih sebagai sang Presiden pertama. Bahkan, dengan kekuasaan dan kehebatan pemerintahan yang dimilikinya, beliau berhasil memegang posisi penting tersebut selama 3 periode secara berturut-turut.

2. Benjamin Sheares

Stelah berhasil dipimpin oleh Yusof selaku presiden di Singapore selama 3 periode, maka orang kedua yang berhasil terpilih menjadi presiden kedua adalah Benjamin Sheares. Benyamin sendiri menjabat di usianya yang ke 63 tahun dari tanggal 2 Januari 1971 hingga 12 Mei 1981 silam. Benyamin sendiri tidak hanya dikenal sebagai sang presiden kedua di Singapore saja, ia juga dikenal sebagai bapak ginekologi modern dan bapak kebidanan di Singapore.

Benyamin adalah seorang anak dari keluarga sederhana yang akhirnya memiliki nasib baik berkat bakat dan kecerdasannya. Beliau adalah orang yang memiliki ambisi kuat agar bisa menjadi seorang dokter. Hanya saja, keterbatasan biaya yang membuat Benyamin tidak bisa mengenyam pendidikan dokter tersebut. Ibundanya sendiri menginginkan benyamin muda untuk berfrofesi sebagai juru tulis agar bisa mendapatkan kehidupan yang layak kedepannya.

Namun, berkat kegigihannya, ia adalah salah satu orang pertama di Singapura yang berhasil membuat sebuah makalah yang sudah diterbitkan di dalam Jurnal of British Medical Association. Inilah awal mula karir cemerlang yang beliau miliki hingga akhirnya beliau berhasil menjadi orang pertama di Singapore.

3. C. V. Devan Nair

Chengara Veetil Devan Nair adalah anak yang kala berusia 10 tahun sudhsa diboyong keluarganya pendah ke Singapore dari Malaisya. Nair muda yang menghabiskan pendidikannya di SD Rangoon Road melanjutkan pendidikannya ke Victoria School, salah satu sekolah terkenal di Singapura. Beliau akhirnya dilantik menjadi presiden ketiga Singapore tahun 1981.

4. Wee Kim Wee

Dr Wee Kim Wee muda adalah orang yang dahulunya mengenyam pendidikam di Pearl’s Hill School. Menjadi presiden ke empat yang dilahirkan pada Tanggal 4 November 1985. Beliau dilantik di tahun 1985 oleh parlemen Singapore sebagai presiden Singapore kala itu.

5. Ong Teng Cheong

Ong Teng Cheong ini merupakan presiden Singapure kelima yang sudah terpilih dan dilantik oleh parlemen. Beliau sudah dilantik pada tahun 1993. Beliau yang kala itu seorang arsitek yang sudah berpengalaman sudah menajbaat sebagai salah satu anggota PAP yang bererja selama dia periode. Beliau menjabat di sana hingga akhirnya terpilih menjadi presiden selanjutnya yang menggantikan Wee Kim Wee.

6. Sellapan Ramanathan

Sellapan Ramanathan, adalah Presiden yang menjabat menggantikan Ong. Beliau mengenyam pendidikan di Singapura juga, bahkan beliau dikabarkan sudah menjadi seorang pekerja sebelum dirinya tamat sekolah. Dirinya berhasil masuk ke Universitas Malaya setalh berusaha keras belajar dan bekerja selama perang dunia ke II usai.

7. Tony Tan Keng Yam

Tony Tan Keng Yam merupakan Presiden Singapore yang dilahirkan tanggal 7 Februari 1940. Beliau telah dipilihsebagai presiden di tahun 2011 silam. Beliau mengeyam pendidikan di University of Singaporedan melanjutkan pendidikannya ke MIT. Beliau berhasil meraih gelar PhD Matematika Terapan.

Sebelum terpilih menjadi sang presiden ke tujuh, beliau adalah seorang dosen di tahun 1964 di University of Singapore. Beliau meninggalkan karirnya sebagai dosen untuk mengembangkan karir di bidang perbankan di tahun 1969. Dan pada tahun 1979 beliu masuk ke dunia poliytik dan meninggalkan pekerjaannya di perbankan. Sebaleum dilantik menjadi sang Presiden, beliau sempat menjabat sebagai menteri Pendidikan.

8. Halimah Yacob

Ini merupakan sosok perempuan muslim pertama yang menjadi presiden ke delapan di Singapore dan masih menjabatr sampai sekarang ini. Diantara semua kandidat yang mencalonkan diri, Halimahlah salah satu wanita yang berhasil terpilih dan memiliki kelayakan untuk memimpin Negara Singapore tersebut.

Untuk sekarang, Singapore sendiri masih dipimpin oleh presiden ke delapan mereka, yakni Ibu Halimah Yacob. Demikianlah informasi mengenai daftar presiden Singapore untuk bahan bacaan kali ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.