Syarat Membuat Paspor Indonesia

Paspor Biasa Bersampul Hijau

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan pemerintah sebagai tanda pengenal anda bila anda pergi ke luar negeri. Ibarat KTP, paspor wajib anda bawa kemana-mana selama di luar negeri.

Ada beberapa macam paspor yang diterbitkan di Indonesia, antara lain paspor umum/biasa yang bersampul hijau, paspor kedinasan yang bersampul biru, paspor diplomatik yang bersampul hitam, dan paspor haji yang bersampul cokelat.

Selanjutnya tulisan ini hanya akan membahas syarat pembuatan paspor umum yang bersampul hijau.

Paspor Umum/Biasa

Siapapun anda baik orang dewasa, orang tua, anak-anak, bahkan bayi pun, wajib membuat paspor bila ingin bepergian keluar negeri.

Ada beberapa jenis paspor umum yaitu paspor biasa elektronis (e-pasport) 48 halaman / 24 halaman dan paspor biasa 48 halaman / 24 halaman.

Dari beberapa jenis paspor di atas, khusus paspor 24 halaman ditujukan untuk TKI yang pergi keluar negeri, jadi bila anda bukan TKI anda wajib membuat paspor 48 halaman.

Selain itu ke depannya e-pasport yang akan digunakan, jadi bila memungkinkan sebaiknya anda membuat paspor elektronis walaupun harganya lebih mahal.

Syarat Membuat Paspor

Syarat membuat paspor cukup ketat, kurangnya persyaratan akan mengakibatkan ditolaknya permohonan paspor anda. Anda wajib membawa dokumen persyaratan yang asli, dan fotokopiannya dalam kertas A4 (tanpa dipotong).

Berikut adalah syarat yang wajib anda ikut sediakan:

  1. Bukti Domisili
    Bukti domisili yang wajib ada yaitu KTP dan Kartu Keluarga (KK).
  2. Bukti Identitas Diri
    Bukti identitias diri yang wajib anda bawa yaitu:
    – ijazah
    – akte kelahiran
    – akte nikah/akte cerai (bila sudah pernah menikah)
    – surat baptis (opsional tetapi sebaiknya anda sertakan)
  3. Surat Keterangan/Surat Rekomendasi
    Surat ini wajib disertakan bagi:
    – karyawan swasta, menyertakan surat keterangan kerja dari kantor
    – PNS/Polri/TNI, menyertakan surat rekomendasi dari instansi/atasan
    – wiraswasta/ freelance/ tidak bekerja/ pekerjaan lainnya, menyertakan surat keterangan dari kelurahan
    – pelajar, menyertakan surat keterangan dari sekolah
    – mahasiswa, menyertakan surat keterangan kuliah dari kampus
  4. Paspor Lama, bagi anda yang pernah mempunyai paspor
  5. Surat Ganti Nama, bagi anda yang pernah ganti nama

Berikut adalah syarat yang disertakan bila diperlukan (opsional):

  1. Surat pernyataan tidak akan mencari kerja di luar negeri, bagi anda yang pekerjaannya wiraswasta/freelance/tidak bekerja
  2. Surat pernyataan nama singkatan, bila nama di akte kelahiran/ijazah ada singkatannya

Syarat Membuat Paspor untuk Anak-Anak

Selain syarat di atas, untuk anak di bawah umur 17 tahun, diperlukan beberapa persyaratan yaitu:

  1. Akte Lahir anak
  2. Bukti domisili orang tua yaitu KTP dan KK kedua orang tua
  3. Bukti identitas orang tua yaitu Ijazah orang tua dan akte lahir orang tua
  4. Surat nikah orang tua
  5. Surat cerai orang tua dan surat hak pengasuhan anak (bila orang tua bercerai)
  6. Surat pernyataan orang tua/surat izin orang tua
  7. Paspor kedua orang tua
  8. Surat keterangan sekolah, bagi yang sudah bersekolah
  9. Paspor lama, bagi yang pernah mempunyai paspor.


Pastikan sebelum anda ke kantor imigrasi syarat-syarat di atas sudah anda bawa agar anda tidak bolak-balik ke kantor imigrasi. Pastikan anda membawa dokumen asli dan fotokopiannya. Untuk fotokopi KTP, difotokopi A4 di satu halaman muka tanpa dipotong.

Selain syarat di atas, anda juga harus mengisi formulir pendaftaran yang bisa anda dapatkan di kantor imigrasi, atau anda bisa isi secara online di http://www.imigrasi.go.id

Info Lebih Lanjut:

You can leave a response, or trackback from your own site.

37 Responses to “Syarat Membuat Paspor Indonesia”

  1. Meutia Savira says:

    mau tanya, kalau masih pelajar (14-16 tahun) apakah boleh membuat paspor & berpergian ke luar negeri tidak bersama orang tua/wali?. terimakasih

  2. Theresia peruge says:

    Kalo misalnya gak ada akte gimana dong? akteku nggak tau dmana,

  3. tyas says:

    Klo untuk Tujan wisata bukan tugas kantor apakah Surat rekomendasi kantor tetap diperlukan?

  4. alma says:

    saya punya adik di bawah umur & kondisi orangtua saya tidak memungkinkan untuk berpergian ke luar negri, apakah saya bisa membawa adik saya untuk liburan ke singapore selama 5 hari & syarat syarat apa yang harus saya lakukan, terima kasih

    • admin says:

      Boleh saja membawa adik liburan, tetapi yang mengajak harus sudah cukup umur. Syaratnya tentunya sudah punya paspor.

  5. nadhira says:

    Klo ingin membuatkan pasport ortu tp mereka tdk punya akte gmn yah, kn jmn dlu tdk ad akte n ijjazah pun entah dmn? gmn ya sebaikanya? tq

    • admin says:

      Coba dulu tanya ke imigrasi, mungkin ada solusinya. Kalau memang harus ada akta lahir, ya terpaksa bisa bikin akta kelahiran di catatan sipil.

  6. Rini says:

    Kalau untuk yang sudah menikah apakah bisa kalau tidak menyertakan akte kelahiran dan ijazah terakhir lg? mohon info nya, terima kasih.

  7. mel says:

    kalo saya ga punya akte tp ada surat lahir boleh ga pake surat lahir aja?

  8. Adjenk says:

    Mau tanya klo mau keluar negri..cara buat paspor buat baby sitter anak
    Saya bgmna?sedangkan ktp nya daerah jawa,saya daerah jkt n ktp saya jakarta.. Lalu saya jg mau tanya
    Berhubung akte lahir saya hilang bs gak saya bikin paspor?saya serahkan ktp,kk,ijazah n surat nikah saja… Trimakasih

  9. Ira says:

    Apakah bisa membuat paspor hijau (baru) di luar negeri? saat ini saya memegang paspor biru, dan ingin menggantinya dengan paspor hijau. Kalau bisa, dimana saya bisa membuat paspor tsb? Dan bisakah KTP diganti dengan residence permit dari negara tempat saya tinggal? KTP Indonesia saya entah ada dimana sekarang.
    Terima kasih

  10. agustin says:

    klo misalkan gak pake ijasah boleh gak ? soalnya ijasahku hilang

  11. dian says:

    klo statusnya janda,,apakah kita harus menunjukkan surat cerai??

  12. shafaatmarwa says:

    maaf,untuk orang yang jarang bepergian ke luar negri bisakah membuat paspor 24 halaman?
    kemudian bagaimana dengan orang yang berusia 17 tahun namun belum mempunyai ktp?apakah harus ada ktp terlebih dahulu atau bisa menggunakan ktp orang tua?
    terimakasih

  13. yanti says:

    mo tanya, kalo udah prnah krja ke mlaysia trus udah balik, klo mo ke sna lagi tp liburan , apa harus bikin paspor lagi?

  14. bob krisnadi says:

    salam sejahtera….. saya punya paspor tki, bisakah saya liburan ke malaysia selama 1 minggu
    menggunakan paspor tersebut….
    terima kasih atas penjelasannya…… Gbu…..

  15. bayu says:

    akte kelahiran kan ngurusnya lama gimana kalau nggak pake akte kelahiran bisa nggak buat pasport

    • admin says:

      Akte kelahiran dah ijazah biasanya dipakai untuk membandingkan nama yang dipakai.
      Kalau tidak punya akte kelahiran bisa bertanya lebih lanjut di kantor imigrasi.

  16. sofea says:

    mau tanya.bisa nggak satu orang itu membuat dua paspor? trimakasih

  17. Ezamerza says:

    Saya berencana liburan ke luar negeri bersama teman, adik, dan sepupu saya total 7 orang. Tapi salah satu nya masih usia 15 tahun. Bisa tidak saya membuatkan paspor untuk nya, sedangkan orangtua nya tidak memiliki paspor dan tidak membutuhkan paspor juga karena orangtuanya tidak ikut kami liburan.
    Karena kebetulan mereka juga memiliki uang pas2an, syg kl digunakan membuat paspor org tua tapi ga kepake. Sdgkan org tua nya juga tidak bisa menemani nya ke kantor imigrasi karena lokasi tinggal cukup jauh, syg ongkos nya dan juga sulit izin krn jam kerja yg padat. Bisa kah cukup dg saya yg menemaninya membuat paspor? Skrg kan juga udh bisa sistem online kan?

  18. admin says:

    Selama pasportnya masih berlaku, bisa dipakai. Untuk bayi, umur berapapun juga perlu paspor.

  19. Er says:

    Ma’af klo boleh tau apakah benar jika masa habis paspor kurang dari 6 bulan maka paspor/ org trsbt tdk dapat masuk kenegara laen..?
    Bisakah paspor TKI dibuat 48 halaman?

Leave a Reply