10 Universitas yang Terbaik di Singapura

Universitas Terbaik di Singapura

Tertarik melanjutkan pendidikan tinggi di Singapura? Sangat wajar sekali memang ingin melanjutkan kuliah di Singapura, mengingat ada sangat banyak universitas unggul di sana. Singapura memiliki banyak sekali universitas yang diakui secara internasional dan terus menarik banyak mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di sana. Tidak hanya karena universitas memang sudah unggul, pendidikan di Singapura pun diketahui dilengkapi dengan berbagai sarana dan pra sarana yang lengkap. Lingkungan Singapura yang berkembang pesat dan nyaman menjadi tempat pendidikan pun merupakan lingkungan kondusif untuk belajar.

Anda yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Singapura, sebelumnya bisa melihat daftar universitas yang terbaik di Singapura terlebih dahulu. Karena banyaknya universitas yang populer dan unggul di Singapura, maka anda perlu daftar tersebut untuk menjadi pertimbangan. Jadi silahkan anda simak daftar universitas yang terbaik di Singapura yang akan dijelaskan pada bagian di bawah ini. Berbagai universitas di Singapura lengkap dengan profil singkatnya dapat anda pelajari dan pahami secara lengkap melalui kesempatan ini. Jadi jangan tungg lama lagi dan simaklah pembahasannya berikut ini.

Nanyang Technological University

10 Profil Universitas yang Terbaik di Singapura

Setidaknya ada 10 universitas yang terbaik dan menawarkan pendidikan yang unggul di Singapura. Setiap universitas ini memiliki kelebihannya masing-masing. Anda bisa mempelajari apa saja kelebihan dari universitas itu pada penjelasan di bawah ini. Simak profil singkat dan apa yang menjadi unggulan dari masing-masing universitas, kemudian tentukan di mana anda akan melanjutkan pendidikan tinggi anda.

  1. Nanyang Technological University (NTU)

Siapa yang tidak mengenal universitas yang satu ini di Singapura? NTU menjadi peringkat satu dari 50 universitas terbaik di dunia. Tidak hanya di Asia Tenggara atau Asia, tapi NTU diakui di skala dunia. NTU ini memiliki tiga lokasi kampus, yaitu di Nanyang Avenue, Mandalay, and Queenstwon. Kampus NTU sesuai namanya adalah kampus yang berfokus dengan jurusan teknologi. Salah satu alumni NTU yang juga penerima nobel di tahun 1992 adalah Rudolph A. Marcus.

  1. National University of Singapore (NUS)

Anda juga bisa memilih NUS sebagai kampus tujuan jika ingin melanjutkan kuliah ke Singapura. Kampus yang satu ini juga masuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia, di urutan ke-12. NUS menawarkan banyak sekali jurusan untuk perkuliahan. Mulai dari jurusan kedokteran, tekni, bisnis, hukum, hingga musik bisa anda tempuh di NUS. Banyak tokoh terkenal yang melanjutkan pendidikannya di NUS ini.

  1. James Cook University (JCU) Singapore

Pilihan lainnya adalah JCU sebagai universitas terbaik di Singapura untuk anda pertimbangkan sebagai tujuan melanjutkan kuliah. Universitas yang satu ini adalah cabang dari JCU di Australia. Karena merupakan universitas cabang, maka kurikulum yang digunakan adalah adaptasi dari kurikulum Australia. Universitas JCU pun menjadi salah satu universitas terbaik di dunia dan memiliki layanan psikologi untuk setiap mahasiswanya dalam menempuh pendidikan.

  1. Kaplan Singapore

Ada juga satu lagi universitas di Singapura yang baik untuk anda pilih jika anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan di bidang Manajemen. Kaplan merupakan institusi yang dahulunya bernama Asia Pacific Management Institute (APMI). Namun setelah tahun 2005, APMI diakusisi oleh Kaplan dan kemudian berubah nama menjadi Kaplan Singapore. Walau merupakan universitas swasta, Kaplan merupakan kampus yang memiliki kualitas unggul. Lokasinya ada dua yaitu terbagi antara mahasiswa dengan jurusan akuntansi dan keuangan profesional serta pendidikan umum D3, S1, dan S2 di kampus lain.

  1. Lasalle College of Arts

Tertarik mempelajari seni di Singapura? Maka pilihlah Lasalle College of Arts. Universitas yang satu ini memiliki banyak sekali jurusan kuliah, mulai dari berbagai macam bidang seni hingga fashion. Hal menarik lain dari universitas ini ada pada desain bangunannya yang sangat futuristik dan kental dengan nilai seni. Sudah banyak sekali desainer dan pelaku seni yang dihasilkan oleh kampus ini.

Nanyang Techonological University

  1. Management Development Institute of Singapore (MDIS)

Berikutnya ada juga pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Singapura, tepatnya di Management Development Institute of Singapore. Kampus ini biasa dikenal juga sebagai MDIS yang memiliki cukup lengkap pilihan fakultas. Ada 8 pilihan fakultas yang mencakup mulai dari teknik, seni, psikologi, hingga komunikasi. Jadi coba temukan pilihan anda di sini.

  1. Singapore Institute of Management University (SIM University/ UniSIM)

Anda yang tertarik dengan program akademik seperti bisnis, hukum, seni dan sosial sains bisa memilih SIM University. SIM University ini terkenal dengan banyak program yang membuat lulusannya sangat profesional dan siap masuk ke dunia kerja. Universitas ini juga memiliki fokus untuk meningkatkan pemahaman akan bahasa Tionghoa, sehingga memiliki Centre for Chinese Studies.

  1. Singapore Institute of Technology (SIT)

Cobalah juga untuk mempelajari pendidikan tinggi yang ditawarkan oleh SIT. SIT didirikan sejak tahun 2009 dan menjadi pilihan utama untuk menempuh pendidikan teknologi setelah NTU. Pendidikan di SIT berfokus untuk memberikan praktik langsung bagi siswa. Ada banyak kampus ternama yang bekerja sama dengan SIT, diantaranya adalah Newcastle University, Manchester University, dan Technology University of Munich.

  1. Singapore Management University (SMU)

Kampus yang satu ini berlokasi tepat di pusat kota dan menggunakan kurikulum adaptasi dari Pennsylvania. Jika anda ingin menikmati kuliah dengan kelas yang penuh interaksi, maka SMU adalah pilihan yang tepat. Ada pendidikan mulai dari tingkat S1, S2, hingga S3 yang bis aanda tempuh di sini. SMU memiliki keunggulan dalam pendidikan S2 di usia kampusnya yang masih tergolong baru. Jadi jangan ragu untuk memilih kampus yang satu ini.

  1. Singapore University of Technology and Design (SUTD)

Pilihan yang bisa anda pertimbangkan juga adalah SUTD yang juga merupakan kampus dengan keunggulan di jurusan teknologi dan desain. Kampus ini memiliki empat bidang utama, yaitu arsitektur dan desain, teknik produksi, sistem teknologi dan desain, serta sistem informasi. Pilihan pendidikannya bisa hingga tingkat doktoral.

Jadi itulah tadi 10 profil universitas yang terbaik di Singapura. Jadi sekarang anda sudah memiliki panduan yang cukup untuk menentukan di mana anda ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Ternyata pilihannya sangat banyak dan hampir setiap universitas tersebut bisa memberikan pendidikan yang terbaik sesuai dengan jurusan unggulan yang ditawarkan. Jadi jangan lama lama lagi, tentukan pilihan kampus anda dan segera lanjutkan pendidikan tinggi anda di Singapura!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.