Trik untuk Berhemat Saat Liburan ke Luar Negeri

Saat ini banyak orang yang suka traveling karena sudah suntuk dan lelah dengan rutinitas sehari-hari. Banyak orang yang lebih memilih jalan-jalan ke luar negeri untuk meningkatkan gengsi atau memang ingin menambah pengalaman. Ada juga yang ingin tahu tentang kehidupan masyarakat di negara-negara lain yang memang berjiwa traveler sejati. Namun, tak sedikit orang yang menganggap liburan ke luar negeri itu mahal. Padahal faktanya tidak demikian. Saat ini liburan ke luar negeri  bisa lebih murah daripada liburan di dalam negeri. Mau tahu trik untuk berhemat saat liburan ke luar negeri? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Manfaatkan Promo Tiket Pesawat

Saat ini banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tiket murah dengan berbagai promo menarik. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk berlibur ke luar negeri dengan harga yang murah. Biaya terbesar dalam perjalanan ke luar negeri adalah tiket pesawat. Beruntungnya telah ada low budget cost airplanes yang memang menetapkan harga murah, bahkan masih mengadakan berbagai promo. Cara yang harus dilakukan adalah cari maskapai yang sesuai dengan budget dan ketersediaan waktu penerbangan. Booking tiket pesawat murah harus dilakukan jauh-jauh hari karena harga tiket pesawat semakin mahal saat dekat dengan hari H keberangkatan. Para pengguna kartu kredit harus memanfaatkan poin kartu kredit yang sudah terkumpul. Poin biasanya bisa ditukarkan dengan berbagai promo menarik termasuk potongan tiket penerbangan. Bahkan ada juga diskon untuk hotel dan tempat makan selama di negara yang sedang didatangi sehingga hal ini dapat mengurangi pengeluaran.

  1. Cari Penginapan yang Ekonomis

Jika ingin berwisata murah ke suatu negara maka belajarlah dengan backpacker. Mereka pasti memilih untuk menginap di hostel, bukan hotel berbintang yang harganya mahal. Bahkan, tak jarang para backpacker memilih dormitory yang dihuni oleh beberapa orang dalam 1 kamar sehingga harganya jauh lebih murah. Ingatlah, hostel hanya untuk tidur sehingga tidak perlu mahal karena seharian pasti banyak melakukan kegiatan di luar ruangan seperti wisata ke museum dan tempat-tempat lainnya.

  1. Kunjungi Objek Wisata Gratis atau Murah

Jika datang ke suatu negara pasti kita harus mengunjungi beberapa objek wisata. Pilihlah sebagian besar objek wisata yang gratis di luar negeri sehingga bisa menghemat uang. Objek wisata gratis yang bisa dikunjungi antara lain menyaksikan Wonder Full Light and Water Show di Marina Bay Sands Singapura, Symphony of The Light di Hong kong, atau sekedar datang dan berfoto dengan latar belakang Petronas Twin Towers Kuala Lumpur. Bagi pecinta museum harus berbangga karena sebagian besar museum di berbagai negara, harga tiketnya murah atau malah gratis. Manfaatkan hal ini semaksimal mungkin, tetapi hindari museum yang harus membayar mahal. Selain berkunjung ke objek wisata gratis, cobalah beragam fasilitas gratis di luar negeri seperti isi air gratis atau Wi-Fi gratis. Jadi bawalah tumbler atau tempat minum sehingga bisa mengisi ulang air secara gratis di tempat-tempat yang tersedia daripada harus membeli air mineral yang harganya mahal. Fasilitas gratis ini akan membuat pengeluaran berkurang hingga 30%.

  1. Jangan Shopping Terlalu Banyak

Hindari shopping barang-barang yang tidak penting, kecuali memang barang yang sudah diincar untuk dibeli atau oleh-oleh. Lain halnya dengan “jastip” yang sedang booming. Jika ingin menambah uang jajan selama liburan maka lakukanlah jastip. Umumkan kepada orang-orang yang ingin jastip setidaknya seminggu sebelum keberangkatan sehingga barang-barang pesanan sudah tercatat dengan baik dan uangnya sudah ditransfer. Carilah barang-barang yang murah untuk oleh-oleh sehingga uang untuk jalan-jalan tidak banyak terkuras.

  1. Cobalah Makan Street Food

Makanan khas di setiap negara pasti berbeda-beda sehingga wisata kuliner harus dilakukan agar tahu cita rasa lokal. Jika ingin murah maka cari street food saja daripada makan di restoran yang harganya jauh lebih mahal. Makan street food memiliki banyak keuntungan lain, yaitu bisa mengenal penduduk lokal dan berbaur dengan mereka. Jangan takut mencoba makanan para penjual kaki lima karena rasanya tidak kalah dengan restoran.

  1. Berwisata Saat Musim Dingin

Sebagai orang Asia Tenggara yang hanya merasakan 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau maka cobalah untuk berlibur di negara empat musim. Waktu terbaik untuk berlibur di negara-negara empat musim adalah pada musim dingin karena harga tiket pesawat dan biaya penginapan sangat murah. Keuntungan lainnya adalah kita bisa merasakan betapa dinginnya suhu saat kondisi bersalju, bahkan bermain salju sungguhan. Momen ini pasti akan menjadi momen tak terlupakan. Liburan pada musim dingin bisa menghemat 50% daripada liburan pada musim panas dan musim semi. Banyak warga lokal yang butuh kehangatan pada musim dingin sehingga mereka justru bepergian ke negara-negara tropis seperti Indonesia. Namun, berwisata pada musim dingin ini menyebabkan banyak kerepotan karena kita harus membawa banyak baju tebal yang tentunya lebih berat sehingga mungkin bisa memengaruhi bagasi. Jadi, bawa baju secukupnya saja.

  1. Ajak Teman Atau Kerabat untuk Berlibur Bersama

Jika memiliki banyak teman atau kerabat yang juga suka traveling maka ajak mereka untuk ikut serta. Tujuannya adalah menghemat pengeluaran karena mereka bisa diajak patungan alat transportasi yang dipakai bersama seperti sewa elf. Mereka juga bisa menghemat biaya penginapan dan makan karena biaya makan di luar negeri mahal dan porsinya cukup besar sehingga harganya lebih murah jika dibagi beberapa orang.  Cara lain yang bisa dilakukan adalah bergabung dengan komunitas backpacker sehingga bisa menambah teman dan relasi.

Itulah tip liburan hemat ke luar negeri yang bisa diterapkan agar semakin banyak negara di dunia yang bisa kita kunjungi. Siapapun bisa bepergian ke luar negeri asalkan mau menabung dan berhemat saat berada di luar negeri. Happy traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.