7 Lokasi Singapore Botanical Garden

Kebun botani atau di Indonesia lebih banyak dikenal dengan nama kebun raya tentunya sudah tidak asing lagi. Kebun raya juga merupakan ikon bagi suatu negara dimana kebun raya menjadi identitas, nilai budaya dan panorama keindahan alam yang dapat dijadikan objek wisata. Tidak hanya itu, kebun raya juga bisa dijadikan tempat oleh para ilmuan ataupun sejarawan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Biasanya dalam suatu kebun raya pasti ada salah satu jenis tumbuhan yang sudah tua bahkan sangat tua tumbuh disana. Selain untuk penelitian, kebun botani ini juga seringkali digunakan sebagai wahana wisata dan pendidikan bagi pengunjung yang datang. Jika sedang jalan-jalan di Singapura, tidak ada salahnya untuk datang ke salah satu botanical garden yang ada disana. Berikut ini adalah 7 lokasi botanical garden yang bisa Anda datangi.

  1. Taman Botanic Garden Singapura

Botanical Garden Singapore atau kebun raya Singapura adalah taman terbesar se-Asia yang ada di Singapura. Taman Botanic Garden ini memiliki luas wilayah mencapai 60 hektar. Taman atau Kebun Raya Singapura ini juga bagian dari evolusi taman yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan atau tumbuhan tropis yang berasal dari jaman colonial. Karena hal itulah, tempat ini menjadi selain tempat wisata juga sering digunakan sebagai pusat kajian konservasi dan penelitian.

Masyarakat warga Singapura, maupun wisatawan yang datang ke taman ini paling ramai ketika musim liburan. Momen ini banyak dimanfaatkan oleh warga Singapura untuk jogging, menikmati aneka kuliner yang ada, berfoto, hingga mungkin memanjakan diri dengan duduk santai di taman yang sangat bagus ini.

  1. The National Orchid Garden

Siapa yang tidak kenal atau tidak pernah mendengar nama yang satu ini. The National Orchid Garden adalah salah satu taman tertua juga yang dimiliki oleh Singapura. Taman ini banyak ditumbuhi atau ditanami tanaman anggrek. Alam yang segar dan asri serta rimbun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menikmati pemandangan sembari berjalan-jalan santai di The National Orchid Garden ini.

  1. Taman CDL Green Gallery

Konsep taman ini adalah sebagai tempat wisata sekaligus tempat pameran aneka tanaman yang ada di taman ini. Taman ini sering dimanfaatkan oleh anak-anak atau biasa digunakan sebagai objek wisata edukasi untuk anak sekolah. Banyak jenis tanaman disini yang dapat dipelajari oleh anak-anak atau para wisatawan yang datang berkunjung. Areanya juga cukup luas sehingga anak-anak dapat dengan leluasa bermain sambil belajar ditaman ini. Di dalam taman, ada fasilitas tempat makanan atau café yang menawarkan berbagai macam makanan, camilan maupun minuman kepada para wisatawan. Bila berkunjung, Anda bisa menghilangkan rasa haus dahaga di cafe ini.

  1. MacRitchie Nature Trail & Reservoir Park

Tempat wisata MacRitchie Nature Trail & Reservoir Park ini persisnya berada di sekitar MacRitchie Reservoir. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu tempat wisata favorit anak-anak dan keluarga, karena di tempat wisata ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan outbound atau bermain dialam.

Tempat wisata yang berada di sekitar MacRitchie Reservoir ini ditutupi oleh banyaknya pepohonan rimbun, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menyatu dengan alam. Disisi lain, taman ini juga sering digunakan oleh para pengunjung untuk kegiatan wisata air. Taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas wisata lainya yakni menikmati alam dan udara di atas ketinggian pepohonan  dengan menggunakan Treetop Walks. Treetop Walks adalah sebuah jembatan gantung yang ketinggiannya mencapai kurang lebih 50 meter yang menghubungkan dua titik tempat tertinggi yang ada di MacRitchie.

  1. Southern Ridges di Singapura

Botanical Garden berikutnya yang ada di Singapura adalah Southern Ridges. Selain pepohonan yang tumbuh di taman wisata ini, Anda juga bisa melihat banyak jenis hewan yang ada di taman Southern Ridgers ini. Southern Ridges di Singapura merupakan tempat yang indah dan sayang untuk dilewatkan karena terdapat bukit-bukit. Lokasi ini sangat tepat bagi Anda yang suka hiking untuk dapat menjelajahi taman ini. Bentangan ruang hijau terbuka sejauh 10 kilometer yang dihubungkan oleh bubungan dan jalur setapak yang cantik. Taman ini sering dijadikan objek wisata karena memiliki fasilitas atau arena bermain, jembatan gantung, tempat jual makanan dan minuman.

  1. Fort Canning Park

Taman atau kebun raya Fort Canning Park merupakan salah satu kebun raya tertua di Singapura. Kebun raya ini dahulu pernah digunakan oleh kerajaan Melayu. Pada zaman dahulu, Fort Canning Park memiliki sebuah bukit yang terkenal yakni bukit Larangan. Nama ini diambil dari bahasa Melayu.  Sangat wajar jika kebun raya ini juga sekaligus digunakan oleh para ilmuwan dan sejarawan untuk melakukan kajian ataupun penelitian. Kebun raya ini memiliki banyak sejarah dan masih bisa ditemukan artefak kuno. Biasanya saat musim liburan tiba, kebun raya ini sering menyelenggarakan konser-konser musik sebagai hiburan para pengunjung yang datang.

  1. East Coast Park

Botanical Garden berikutnya yang ada di Singapura adalah East Coast Park. Tempat ini berada di dekat pantai Marina Bay, Singapura. Selain sebagai tempat wisata alam, taman ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk berolahraga ringan seperti berjalan kaki dan bersepatu roda. Taman ini memiliki hiburan musik serta kuliner makanan khas Singapura. Boleh dibilang di taman ini sangat cocok dan pas sebagai tempat yang nyaman dan bersantai bersama keluarga dan teman. Pemandangan di tepi pantai Marina Bay tentu akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Semoga beberapa informasi tentang botanical garden atau kebun raya yang ada di Singapura ini bermanfaat bagi Anda, khususnya yang akan berkunjung ke Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.