8 Penyakit yang Endemik di Singapore untuk Anda Waspadai

Penyakit yang Endemik di Singapura

Berlibur ke negara lain memang menyenangkan dan menambah sangat banyak pengalaman, namun tetap ada hal yang harus anda waspadai. Walau berlibur memang identik dengan kesenangan, namun ada banyak ancaman yang mungkin menyerang anda di negara tempat tujuan anda berlibur tersebut. Salah satu ancaman yang paling banyak disepelekan oleh wisatawan adalah penyakit endemik di negara tersebut. Setiap wilayah memiliki jenis penyakit apa yang endemik di lokasinya. Informasi ini sangat penting untuk diketahui wisatawan, agar bisa melakukan upaya pencegahan sejak sebelum keberangkatan dan kedatangan di negara tempat berlibur tadi.

Jadi ke manapun anda berada, sebaiknya anda mempelajari apa saja penyakit yang menjadi endemik dan lakukan upaya pencegahannya semaksimal mungkin. Hal ini berlaku juga untuk anda yang berencana ingin melakukan kunjungan ke Singapura. Singapore atau negeri singa ini memiliki lokasi yang sangat dekat dengan Indonesia. Itulah juga yang menyebabkan mengapa banyak orang mempercayai tidak akan ada penyakit berbahaya yang akan menyerang mereka saat mengunjungi Singapura. Padahal ada juga beberapa penyakit yang secara umum tersebar di Singapura dan menjadi isu kesehatan di sana. Penyakit penyakit apa yang endemik di Singapore ini? Sudahkah anda pernah mengetahui ini sebelumnya? Silahkan simak penjelasan berikutnya untuk memahami lebih dalam mengenai penyakit yang harus diwaspadai di Singapura sebagai seorang wisatawan.

Penyakit yang Endemik di Singapura

8 Penyakit yang Endemik di Singapore untuk Anda Waspadai

Bagian berikut ini akan membantu anda memahami beberapa penyakit yang endemik di Singapore untuk menjadi pengetahuan bagi anda. Jadi saat anda berencana mengunjungi Singapura, anda telah memiliki pertahanan tubuh yang baik dan amunisi untuk melawan upaya penjangkitannya. Setidaknya ada 8 penyakit yang endemik di Singapore yang akan dijelaskan berikut ini. Semoga informasinya bisa bermanfaat untuk anda!

  1. Demam Berdarah

Penyakit yang banyak menyerang di Singapura adalah demam berdarah. Jenis penyakit ini disebabakan oleh nyamuk yang membawa virus dengue. Nyamuk ini banyak tersebar di negara Singapura dan juga tetangganya seperti Malaysia dan Indonesia. Anda harus menghindari penyakit ini dengan menjaga kesehatan tubuh dan menghindari gigitan nyamuk. Pilih juga penginapan yang bersih untuk memastikan tidak ada sarang nyamuk di sana.

  1. Demam Tifoid

Waspadai juga ancaman demam tifoid yang banyak menyerang penduduk singapura. Ada vaksin yang bisa didapatkan oleh para turis untuk menghindari penyakit ini. Anda juga menghindari penyakit ini dengan tidak tinggal di daerah yang kumuh dan banyak terjangkit penyakit dema tifoid. Hindari juga konsumsi makanan yang kotor dan tidak dijaga kebersihannya. Jadi pastikan untuk melakukan vaksinnya.

  1. Diabetes Jenis 2

Populasi warga singapura sebanyak 10% ditemukan mengidap penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini memang tergolong sangat banyak menyerang warga Singapura dengan etnis India dan Melayu. Jadi sebaiknya anda memperhatikan konsumsi makanan anda selama berlibur di Singapura. Hindari konsumsi gula berlebih dan banyaklah berolahraga. Anda juga bisa menghindari pemicu lain dari diabetes tipe 2 tadinya.

  1. Hepatitis

Jenis penyakit hepatitis juga banyak menyerang warga Singapura. Hepatitis B adalah hepatitis yang bisa menular, jadi anda sebaiknya memperhatikan hal ini selama di singapura. Penularannya bisa melalui hubungan seksual atau penggunaan suntikan yang sama. Jadi hindari membuat tattoo dan melakukan seks tanpa pengaman selama berlibur. Bisa juga anda melakukan vaksin untuk mencegah penurunan kekebalan tubuh.

Penyakit yang Endemik di Singapura

  1. Infeksi Saluran Pernapasan

Lokasi Singapura yang berada di dekat wilayah Indonesia dan Malaysia, menyebabkan Singapura secara rutin mengalami peristiwa kabut asap. Asap akibat kebakaran hutan di pulau kalimantan dan sumatera terus membuat wilayah Singapura pun menjadi sasaranĀ  kabut asap tadi. Jadi efek dari kabut asap itu adalah infeksi saluran pernapasan yang cukup akut. Sebaiknya anda menghindari daerah yang terpapar asap danĀ  selalu kenakan masker selama berlibur.

  1. Influenza

Beberapa jenis flu juga banyak ditemukan di negara singa ini. Namun flu yang paling umum adalah yang paling mudah penyebarannya di sinni. Anda harus menghindari flu dengan menjaga kesehatan tubuh dan selalu mengenakan masker. Hindari penggunaan pakaian yang mengacaukan suhu tuuh dan selalu makan yang cukup. Jadi kesehatan tubuh anda terjaga dan tidak akan mudah terkena flu lagi.

  1. Penyakit Kanker Lambung

Ada juga penyakit kronis seperti kanker lambung yang perlu anda waspadai. Kanker lambung ini memiliki riwayat menyerang banyak wanita dan pria di berbagai usia, khususnya usia dewasa. Penyebabnya adalah konsumsi makanan berlemak yang terlalu banyak. Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan berlemak ini untuk tetap dapat sehat dan terhindar dari resiko kanker lambung selama berlibur di Singapura.

  1. Penyakit Tangan, Kaki, dan mulut

Warga Singapura juga banyak menderita penyakit yang dinamakan HFMD (Hand, Foot, and Mouth Disease). Penyakit ini menyebabkan beberapa bagian tubuh mengalami perubahan bentuk dan banyak muncul luka. Mulut pun mengeluarkan ludah yang bau dan penyebarannya dilakukan melalui saliva dan sentuhan tadi. Jadi selama berlibur selalu jaga kebersihan dan kesehatan anda dan tetap sehat.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai penyakit penyakit apa yang endemik di Singapore, atau paling tidak banyak menjangkiti masyarakat singapore. Jadi silahkan pelajari setiap penyakit tersebut dan lakukan upaya maksimal pencegahannya baik dengan vaksin dan menjaga kesehatan tubuh menggunakan vitamin. Semoga dengan informasi yang diberikan ini, anda bisa menghadapi masa liburan dengan menyenangkan tanpa khawatir dengan ancaman penyakit endemik di negara tujuan anda. Walau berlibur ke negara lain, anda juga wajib mewaspadainya dengan mencari tahu mengenai negara dan penyakit endemiknya seperti pada pembahasan ini. Jadi selamat berlibur dengan selalu sehat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.