10 Acara/ Festival Apa yang Rutin Digelar Tiap Tahun di Singapore?

Deepavali

Pernahkah anda menyusun sendiri itinerary saat akan berlibur ke suatu negara di liburan anda yang akan datang? Jika pernah maka tentu anda juga pasti pernah merasakan mencari tahu berbagai festival yang sedang diselenggarakan di Singapura untuk mengisi hari libur anda tersebut. Menikmati acara atau festival yang rutin diselenggarakan di negara yang anda kunjungi ini bisa menjadi pilihan yang menarik, karena memang unik dan identik dengan identitas negara tersebut. Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman dan liburan pun terasa menjadi lebih terkenang dengan baik dengan waktu menikmati festival ini.

Begitu juga untuk anda yang berencana pergi berlibur ke Singapura. Singapura yang memiliki etnis yang beragam ini, pastinya memiliki banyak festival yang unik dan menarik. Anda wajib menikmati festival tersebut ketika kebetulan sedang berlangsung saat anda sedang ada di Singapura. Namun kebanyakan wisatawan terlalu fokus untuk mengunjungi tempat-tempat trendi daripada menikmati festival. Itulah juga yang menyebabkan kebanyakan festival yang rutin diselenggarakan di Singapura ini tidak terlalu populer untuk wisatawan. Namun apakah anda tertarik dan ingin mencoba menyaksikan langsung acara atau festival rutin di Singapura? Anda bisa mengetahui macam-macam festival tersebut melalui penjelasan pada bagian berikut ini dahulu.

Thaipusam Singapore

10 Acara/ Festival Apa yang Rutin Digelar Tiap Tahun di Singapore?

Karena Singapura memiliki etnis yang beragam, jenis festivalnya tentu berhubungan sekali dengan keberagaman budaya tersebut. Budaya yang beragam membuat jenis festival yang berlangsung di Singapura ini unik dan tidak akan membosankan untuk anda. Bahkan jenis festival budaya yang berlangsung di Singapore ini bisa ditemukan hampir di setiap bulan dalam satu tahun. Benar-benar menarik bukan berlibur dengan suguhan acara dan festival tahunan ini? Itulah mengapa sebaiknya anda mengetahui dahulu macam acara/ festival apa yang rutin digelar tiap tahun di Singapore dan tentukan di bulan apa anda ingin mengunjungi Singapura.

  1. Jerome’s Laneway Festival

Acara festival pertama yang diselenggarakan di awal tahun tepatnya bulan Januari adalah St. Jerome’s Laneway Festival. Festival ini adalah acara yang menyelenggarakan pagelaran musik indie dengan sederet artis terkenal. Akan ada bar dan resaturan yang bisa anda nikmati selama menikmati pagelaran musik ini.

  1. River Hongbao

Ada juga festival yang diselenggarakan di sungai yang mengaliri Singapura melaui dari NS Square dan Marina Bay. Pertunjukan ini dinamkana River Hongbao yang dilakukan dengan memasang lampu lantern yang menunjukkan berbagai zodiak cina dan ditemani juga dengan pertunjukkan musik jalanan serta wahana-wahan hiburan yang menghiasi jalanan sepanjang malam.

  1. Chingay Parade

Berikutnya, ada pagelaran tahunan yang biasanya diselenggarakan di bulan Februari yaitu Chingay Parade. Acara ini merupakan acara yang menunjukkan multi kultur dari wilayah Asia. Akan ada barongsai dan banyak seni budaya lain yang ditunjukkan di jalanan. Anda juga bisa menikmati makanan yang lezat di tempat penjualan makanan festivalnya.

  1. Thaipusam

Selain festival dari etnis Chinese, ada juga festival dari agam Hindu di bulan Februari bernama Thaipusam. Festival ini bertujuan untuk memohon berkat dan perlindungan dari dewa-dewa. Diselenggarakan di Candi Sri Srinivasa Perumal atau Layan Sithi Vinayagar. Akan ada pertunjukkan bagaimana pipi pelaku festival akan ditindik atau yang biasa dinamakan sebagai Kadavi.

  1. Dragonboat Races

Sekitar bulan Mei akan ada perlombaan kapal naga atau yang biasa disebut dragonboat races. Bersamaan dengan acara ini, biasanya juga akan ada festival dumplings atau yang biasa dikenal masyarakat Indonesia sebagai sajian siomay. Anda bisa memilih mana dumplings yang paling lezat sambil menyaksikan pemenang perlombaan kapal naga.

Aidilfitri Festival Singapore

  1. Hari Raya Aidilfitri Festival

Sebagian masyarakat Singapura adalah juga warga Melayu yang menganut agama islam. Warga melayu ini merayakan Aidilfitri setiap tahunnya dan kemudian menyelenggarakan festival juga di malam sebelum bulan ramadhan berakhir. Akan ada banyak pedagang makanan dan pakaian untuk anda nikmati di daerah Kampong Glam hingga Geylang Serai.

  1. National Day Parade

Parade yang merayakan hari nasional atau kemerdekaan Singapura sejak tahun 1965 selalu diselenggarakan di bulan Agustus ini. Bulan Agustus ini dirayakan dengan parade di National Stadium dan pertunjukkan dari artis lokal dan militer. Pastinya anda juga bisa menikmati keindahan kembang api yang disiarkan secara live di seluruh bagian wilayah Singapura.

  1. Mid-Autumn Festival

Berada si Singapura sekitar bulan September? Maka jangan lupa mengunjungi festival Mid-Autumn yang merupakan budaya etnis cina di sana. Festival ini diselenggarakan untuk merayakan masa akhir panen. Jadi di malam hari, keluarga-keluarga akan berkumpul di Chinatown atau Chinese Garden untuk menyantap mooncakes dan makanan tradisional lainnya.

  1. Deepavali

Sekitar bulan Oktober dan November, anda bisa menikmati Deepavali atau yang dikenal juga sebagai Festival of Lights. Acara ini diselenggarakan oleh masyarakat Hindu di Singapura. Anda bisa menikmatinya di Little India dan menyaksikan keindahan lampu yang berwarna-warni menghiasi kota. Akan ada banyak bazaar yang menjual berbagai macam barang untuk anda.

  1. ZoukOut

Berkunjung ke Sentosa Island di bulan Desember? Nikmati acara ZoukOut yang merupakan pesta pantai terbesar di Asia. Pesta ini akan dihibur oleh sejumlah besar musisi dan DJ dari berbagai belahan dunia. Musik seperti techno, electro, dan hip hop bisa anda nikmati untuk berlibur secara menyenangkan di pinggir pantai.

Berikut tadi penjelasan lengkap mengenai 10 acara/ festival apa yang rutin digelar tiap tahun di Singapore. Kini anda sudah mengetahui semuanya secara lengkap dan bisa memilih ingin berkunjung di bulan apa, jika tertarik pada satu dari sekian banyak festival tahunan yang diselenggarakan di Singapura. Jadi jangan ragu lagi karena ada banyak hal yang bisa anda nikmati di negara yang ukurannya kecil ini. Semoga anda bisa menggunakan informasi untuk menikmati liburan menyenangkan di Singapura ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.