9 Airport di Singapore Serta Fungsinya

Singapore International Airport

Banyak orang yang mengunjungi Singapore dan mengetahui hanya ada satu airport di Singapore yang menjadi fasilitas transportasi di udara. Hal ini tidak salah namun tidak benar juga. Pasalnya memang untuk airport atau bandara umum kebanyakan penerbangan hanya melalui Changi Airport saja, tetapi salah jika disebut sebagai satu-satunya airport di Singapore. Ada banyak airport lain di Singapore yang juga beroperasi dengan aktif. Namun tidak semuanya adalah bandara umum. Ada bandara militer, bandara di pulau, hingga bekas bandara yang telah ditutup namun masih ada lokasinya saat ini.

Berbagai airport di Singapore ini memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Anda bisa mengetahui apa saja airport di Singapore ini dengan menyimak penjelasan di bawah ini. Bahkan anda perlu tahu bahwa bandara umum di Singapore pun bukan hanya bandara di Changi. Ingin tahu apa lagi airport di Singapore untuk pengetahuan anda? Silahkan terus simak penjelasannya pada bagian di bawah ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pengetahuan tambahan anda mengenai negara tetangga Singapore ini.

Changi Airport

9 Airport di Singapore Serta Fungsinya

Sudah dijelaskan di bagian sebelumnya bahwa ternyata Singapore memiliki banyak airport dan bukan hanya Changi Airport seperti yang anda ketahui selama ini. Berbagai airport ini memiliki fungsinya masing-masing dan menarik untuk dipelajari oleh anda. Penasaran apa saja airport di Singapore dan difungsikan untuk apa airport tersebut? Silahkan simak penjelasan  terkait 9 airport tersebut di bagian berikut ini.

  1. Singapore Changi Airport

Airport pertama di Singapore dan yang menjadi airport paling terkenal untuk wisatawan saat ini adalah Singapore Changi Airport. Sesuai namanya, airport ini berlokasi di Changi dan saat ini berfungsi sebagai bandara internasional dan jalan masuk utama lewat udara ke negara Singapura. Sebagai bandara utama, Changi Airport memiliki runway sepanjang 4000 meter dan dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap. Anda bisa menemukan bioskop hingga taman bunga di sini.

  1. Seletar Airport

Berikutnya ada juga satu lagi bandara umum di Singapore yang bisa menjadi jalur masuk lewat udara. Bandara ini bernama Seletar Airport dan berlokasi di Seletar daerah timur laut Singapura. Sebenarnya bandara ini masih di bawah operasional Changi Airport juga. Sehingga saat ini memang menyediakan penerbangan yang menuju dan keluar dari Singapore. Panjang runaway dari rumah sakit ini adalah 1836 meter.

  1. Changi Air Base West

Selain memiliki bandara umum, Changi Airport juga memiliki wilayah khusus bandara militer. Wilayah bandara militer di Changi Airport dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur. Bagian barat dari bandara militer Changi menjadi tempat penyimpanan berbagai pesawat militer seperti tankers dan special aircraft. Anda bisa menemukan KC-135R dan Fokker F50 yang dimiliki oleh militer Singapore.

  1. Changi Air Base East

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain ada bagian barat Changi Airport juga memiliki bagian timur. Changi Air Base East adalah perluasan dari Changi Air Base West yang membantu operasional bandara militer ini. Pertama kali dibuka tahun 2004, bandara ini memiliki runaway 2748 meter untuk penyimpanan dan pelepasan serta pendaratan berbagai pesawat militer Singapore. Beberapa pesawat militer ini adalah F-16D Block 52+, 208 Squadron, dan 808 Squadron.

  1. Paya Lebar Air Base

Sebelum menggunakan Changi Airport sebagai bandara Internasional, jalan masuk ke Singapore adalah Paya Lebar Airport ini. Namun setelah diresmikannya Changi Airport, Paya Lebar Airport diubah menjadi bandara militer bernama Paya Lebar Air Base. Bandara ini memiliki panjang runway mencapai 3780 meter. Sejak tahun 1967, bandara ini tidak lagi menjadi jalur masuk umum dan hanya menerbangkan dan mendaratkan pesawat militer saja.

Singapore Airport

  1. Sembawang Air Base

Satu lagi bandara militer yang ada di Singapore adalah Sembawang Air Base. Bandara ini adalah bandara yang berlokasi di Sembawang bagian Utara Singapura. Panjang runaway di bandara ini adalah 1,907 meter. Fungsi dari airport di Singapore yang satu ini adalah sebagai lokasi penyimpanan helikopter. Jadi penerbangan dan pendaratan helikopter pastinya dilakukan melalui bandara yang satu ini.

  1. Tengah Air Base

Airport di Singapore yang merupakan bagian dari bandara militer terakhir adalah Tengah Air Base. Tengah Air Base ini ada di lokasi Western Water Catchment. Pertama kali bandara ini dibuka tahun 1939 dan pernah menjadi target peledakan oleh penjajah Jepang saat itu. Namun setelah peperangan selesai, akhirnya bandara ini bisa dioperasikan menjadi bandara militer di Singapura.

  1. Pulau Sudong Airport

Wilayah Singapore memiliki pulau yang terpisah juga yaitu Pulau Sudong. Pulau Sudong adalah pulau terumbu karang di wilayah selatan Singapore. Sebenarnya pulau ini adalah pulau hasil reklamasi yang dilakukan di akhir tahun 1970an. Sebagai pulau reklamasi, Pulau Sudong ini denga beberapa pulau di sekitarnya membutuhkan bandara. Bandara yang dibangun adalah Pulau Sudong Airport di tahun 1980an dan menjadi daerah terlarang. Panjang runway di bandara ini adalah 2438 meter.

  1. Kallang Airport

Ada juga airport di Singapore yang dulunya beroperasi kini telah ditutup adalah Kallang Airport. Dahulunya airport ini dibuka tahun 1937 dan beroperasi hingga tahun 1955. Dahulunya bandara ini sempat menjadi bandara terbaikdi Singapore, namun akhirnya kini ditutup dan tidak lagi digunakan. Panjang runaway dari bandara ini sebelumnya adalah 1677 meter.

Kini anda sudah tahu bahwa ternyata banyak juga ya airport di Singapore ini. Setiap airport tersebut sudah difungsikan masing-masing untuk membantu negara menjalankan tugas-tugasnya. Jadi sekarang anda tahu lebih banyak mengenai Singapore dan bisa mengunjunginya juga jika kebetulan ada di wilayah sekitarnya. Semoga liburan anda ke Singapore selanjutnya bisa mendapatkan pengalaman baru yang tidak umum seperti wisatawan lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.