9 Event Tahunan di Singapura

Singapura adalah negara kecil yang penuh dengan budaya. Tidak hanya penuh dengan kebudayaan, Singapura juga memiliki banyak sekali event yang diselenggarakan setiap tahunnya. Hal ini dipengaruhi karena banyaknya etnis yang tinggal di Singapura, mulai dari etnis India sampai Tionghoa. Keberagaman inilah yang membuat festival di Singapura semakin semarak dan meriah. Apabila Anda berencana untuk liburan ke Singapura dan kebetulan ingin melihat seperti apa event tahunan yang ada disana, berikut ini adalah 9 festival tahunan yang diselenggarakan di Singapura:

1.     Festival Pongal

Event tahunan yang diadakan di Singapura adalah Festival Pongal. Festival ini dilakukan di wilayah Little India dan dilaksanakan oleh orang India yang tinggal di Singapura. Penghormatan ini ditujukan untuk dewa Indra, karena segala limpahan berkah yang membuat hasil panen menjadi berlimpah. Saat festival ini berlangsung, maka Anda bisa melihat banyak tepung beras warna-warni yang dipasang di rumah-rumah warga. Para pengunjung akan diberikan puding nasi oleh warga sekitar. Berbagai macam jenis makanan India bisa Anda nikmati selama festival ini berlangsung.

2.     Festival Perahu Naga

Dalam festival ini, akan diadakan kompetisi perahu naga. Akan ada beberapa perahu yang memiliki kepala naga. Festival Perahu Naga diawali dari kisah jaman dahulu. Dulu ada seorang penyair bernama Qu Yuan. Ia melemparkan dirinya ke sungai karena ia merasa kecewa terhadap korupsi yang terjadi di negaranya. Qu Yuan melakukan hal ini untuk menyelamatkan warga sekitar. Tetapi sayang, badan Qu Yuan tidak bisa ditemukan di sungai. Selain untuk menghormati Qu Yuan, festival perahu naga dilakukan untuk menenangkan dewa-dewa sungai. Saat festival perahu naga, para warga akan melempar nasi yang dibungkus oleh daun pisang.

3.     Parade Chingay

Pernahkah Anda mendengar nama parade yang satu ini? Parade Chingay merupakan salah satu event tahunan yang dilakukan di Singapura. Hampir semua etnis terlibat dan ikut berpartisipasi dalam parade ini. Parade Chingay dilakukan apabila merayakan Tahun Baru Cina. Mulai dari tarian tradisional hingga kemajuan teknologi berupa robot-robot menari akan ditampilkan dalam parade Chingay. Apabila Anda akan datang atau berlibur ke Singapura saat tahun baru Cina, tidak ada salahnya untuk ikut menikmati parade Chingay ini.

4.     Festival Sungai Hong Bao

Lokasi tempat diadakannya festival ini adalah di NS Square, Marina Bay. Anda akan melihat ada banyak sekali pertunjukan jalanan dan wahana hiburan. Tetapi puncak dari acara festival ini adalah pesta kembang api. Selain wahana hiburan, ada banyak sekali menu kuliner yang bisa Anda coba. Hal unik lain yang bisa Anda temukan selama festival ini adalah berbagai macam lentera. Lentera-lentera ini menggambarkan tokoh legenda yang berasal dari Tiongkok. Ada juga lentera yang menggambarkan 12 hewan yang menunjukkan perlambangan zodiak Cina.

5.     Singapore Night Festival

Festival ini adalah salah satu event yang diadakan selama dua akhir pekan. Tujuan dari diadakannya festival ini adalah untuk melestarikan dan merayakan seni serta budaya yang ada di Singapura. Banyak sekali hal yang bisa Anda tonton selama perayaan ini, mulai dari pertunjukan musik, penampil jalanan hingga pemutaran film. Akan ada banyak sekali cahaya yang dipasang di sepanjang jalanan. Tertarik untuk datang ke Singapore Night Festival ini?

6.     Festival Pertengahan Musim Gugur

Waktu yang digunakan untuk menandai kapan festival ini diadakan adalah dengan kalender Han Cina. Festival pertengahan musim gugur dilakukan di tanggal 15 bulan delapan pada kalender Han Cina. Tujuan utama dari diadakannya festival ini adalah untuk berdoa dan bersyukur kepada para dewa atas segala berkah yang sudah dilimpahkan pada warga. Selain itu, festival juga diadakan untuk menandai akhir dari musim gugur dan musim panen. Kue istimewa yang menjadi ikon dari festival ini adalah kue bulan. Selain itu, berbagai macam lentera akan dipasang di jalanan agar tampak semakin meriah dan ramai.

7.     Festival Hungry Ghost

Nama lain dari festival ini adalah Zhong Yuan Jie. Warga yang merayakan festival ini adalah warga penganut ajaran Tao dan Buddha. Tujuan dari diadakannya festival ini adalah untuk menghormati arwah gentayangan yang tidak bisa pergi ke nirwana. Warga akan menyiapkan makanan untuk persembahan dan berbagai hal lainnya. Festival Hungry Ghost ini dilakukan selama satu bulan lamanya. Kegiatan utama dari festival ini adalah pertunjukan opera. Bangku pertama dari setiap tayangan opera akan dibiarkan kosong, karena bangku tersebut ‘khusus’ untuk makhluk halus yang datang ke festival.

8.     Tahun Baru China

Di Singapura, salah satu acara tahunan yang diadakan secara meriah dan heboh adalah tahun baru Cina. Mayoritas warga yang tinggal di Singapura adalah orang Tionghoa, sehingga acara ini menjadi salah satu acara yang besar. Ada banyak sekali acara yang diadakan untuk menyambut tahun baru China ini. Salah satu parade yang dilakukan adalah parade barongsai. Selain itu, ada banyak sekali makanan khas dari Singapura yang bisa Anda cicipi selama perayaan tahun baru China ini.

9.     Hari Raya Islam

Meski mayoritas warga yang tinggal di Singapura adalah etnis Tionghoa, umat Islam tetap bisa untuk merayakan hari raya. Lokasi yang biasanya mengadakan hari raya secara mewah adalah Kampong Glam dan Geylang Serai. Seperti di Indonesia, hari raya Islam di Singapura juga diadakan dengan serupa. Ada banyak makanan dan bazar yang dilakukan untuk menyemarakkan suasana. Di wilayah Geylang Serai, Anda bisa melihat banyak lampu-lampu dengan pola ala timur tengah. Tertarik untuk melihatnya secara langsung?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.