Cara Membuat Visa Liburan Ke Jepang

PublicDomainPictures / Pixabay

Liburan ke luar negeri sudah pasti seru dan menyenangkan. Terutama kalau liburan keluar negeri yang memiliki destinasi wisata menarik dan menyenangkan seperti hal negara Jepang. Banyak tempat wisata di Jepang, misalnya saja bermain salju. Atau pemandangan desa sakura yang cukup bagus dan indah. Nah bagi Anda yang ingin jalan-jalan liburan ke Jepang, ada beberapa hal yang perlu di siapkan. Tidak hanya uang saku tetapi Anda juga harus memiliki persyaratan dokumen resmi untuk bisa pergi dan masuk ke negara matahari terbit tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan diawal, yakni sebelum pergi ke Jepang Anda harus memiliki paspor dan visa agar bisa masuk ke negeri matahari terbittersebut. Hal ini perlu Anda ketahui karena ada beberapa macam jenis Visa Kunjungan Jepang selain kunjungan wisata atau berlibur,  ada juga jenis Visa Kunjungan ke rumah keluarga atau teman yang ada di Jepang, kunjungan dinas, pelatihan atau bekerja.  Jadi yang paling pertama Anda harus tahu adalah jenis Visa Jepang mana yang akan Anda buat. Nah kalau sudah tahu kemana tujuan Anda ke Jepang, misalkan hanya sekedar wiisata ke Jepang, tentu Anda hanya cukup mengurus atau membuat visa kunjungan wisata ke Jepang saja.

Nah berikut cara untuk membuat visa liburan ke Jepang:

1.     Pastikan Paspor Anda Masih Berlaku

PublicDomainPictures / Pixabay

Minimal masa berlaku paspor tidak boleh kurang dari 6 bulan. Lalu bagaimana jika paspor kadaluarsa?  Anda bisa mengurus nya dengan cara membuat paspor baru di kantor imigrasi setempat dimana Anda tinggal pembuatan paspor baru bisa dilakukan secara online dengan mempersiapkan beberapa dokumen yang dipersyaratkan. Dengan daftar online Anda tidak perlu datang dan antri di kantor imigrasi lebih praktis kan.

Umumnya elektronik paspor dikenal dengan sebutan e-paspor. Memang secara bentuknya tidak jauh berbeda hanya saja pada elektronik paspor menggunakan suatu chip yang berisikan data identitas si pemilik paspor. Lalu bagaimana jika paspor lama belum kadaluarsa?  Jangan khawatir Anda bisa mengubahnya dan mengajukan pembuatan elektronik paspor ke kantor imigrasi. Bawalah paspor Anda yang lama dan nantinya Anda bisa ajukan untuk diganti dengan paspor elektonik. Cukup mudah bukan? Anda tidak lagi harus menunggu masa berlaku paspor Anda habis baru Anda membuat elektronik paspor.

2.     Membuat Visa Kunjungan ke Jepang

Untuk dapat masuk ke Jepang Anda harus punya Visa, karena Visa ini adalah dokumen resmi yang dipersyaratkan oleh suatu negara bagi orang asing yang akan masuk ke negaranya. Baik untuk tujuan Wisata, Pendidikan, bekerja atau lainya.  Cara mengurus atau membuat Visa Jepang Anda bisa mendatangi kantor kedutaan besar Jepang terdekat, atau bisa juga dengan mengakses Japan Application Visa Application Centre (JVAC). Jenis Visa yang Anda bisa ambil adalah jenis Visa Kunjungan ke Jepang sementara yang sifatnya hanya untuk wisata atau liburan.

3.     Mengisi Formulir

TeroVesalainen / Pixabay

Formulir permohonan visa yang bisa Anda ambil dengan cara online di JVAC  dengan cara mendownload aplikasi formulir dan jangan lupa siapkan juga fotokopi KTP/KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). Jika Anda mahasiswa, maka siapkan juga foto terbaru Anda ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. Fotocopy Kartu Keluarga, Foto Copy Akte Kelahiran masing masing Anda siapkan 3 lembar dan fotocopy print rekening buku tabungan Anda 3 bulan terakhir.

4.     Meminta Surat Keterangan Bekerja

Kalau Anda adalah karyawan, Anda harus minta ke bagian HRD surat keterangan bekerja yang menyatakan Anda bekeja di perusahaan mana, jabatan saat ini dan mulai bekerja atau bergabung dengan perusahaan tersebut kapan dan besaran gaji perlukan yang diperoleh. Tetapi kalau Anda adalah seorang enterpreuneur, Anda perlu menyiapkan fotocopy surat izin usaha dan surat keterangan usaha. Ini adalah syarat yang wajib disiapkan untuk mengurus Visa Jepang selain fotocopy KTP.

5.     Sudah Booking Penginapan

Pexels / Pixabay

Anda juga harus sudah punya atau mempersiapkan jadwal perjalanan selama Anda liburan ke jepang, berangkat tanggal berapa, berapa lama di Jepang, lokasi wisata mana yang akan di kunjungi dan kembali ke Indonesia kapan. Terakhir Anda harus sudah punya rencana kapan akan berangkat ke Jepang, dengan maskapai penerbangan apa. Kalau sudah pasti rencana tanggal keberangkatan ke Jepang dan tiket penerbangan sudah Anda miliki atau pegang,selanjutnya tiket tersebut akan disertai atau ditampilkan saat pengajuan pembuatan Visa Jepang.

Seluruh kelengkapan persyaratan diatas, disusun rapih dan agar tidak tercecer Anda bisa memberikan penjepit kertas, atau bisa juga di staples. Urutkan sesuai dengan urutan yang sudah disebut dalam ketentuan formulir pendaftaran pengajuan pembuatan Visa Jepang. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran Anda.

Semua persyaratan dokumen untuk pembuatan pengajuan Visa Jepang jangan sampai ada yang kurang, karena jika ada satu saja persyaratan dokumen tersebut yang kurang sudah pasti tidak akan diterima. Jangan lupa siapkan juga biaya untuk membuat visa Jepang. Setelah lengkap semua, Anda bisa datang ke kantor kedutaan besar Jepang untuk mengajukan permohonan pembuatan Visa Jepang dan membayar seluruh biaya administrasi yang telah ditetapkan dan ditentukan untuk pembuatan Visa Jepang dan waktu tunggu proses registrasi ini biasanya paling lama 3 hari.

Setelah selesai semua proses berhasil atas pengajuan pembuatan Visa Jepang selanjutnya Anda tinggal menunggu saja sekitar 5 hari Visa Jepang Anda akan jadi. Setelah itu Anda pun siap dan bisa berangkat liburan ke Jepang dengan aman, nyaman dan menyenangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.