Cara Mengisi Liburan Anak Sekolah

ddimitrova / Pixabay

Mengisi waktu kebersamaan dengan anak adalah hal yang menyenangkan. Anak-anak setiap harinya penuh dengan jadwal disekolah atau kegiatan ekstra kurikuler dari sekolah, sehingga anak akan merasa jenuh. Dengan kondisi seperti ini, orangtua harus bijak menyikapinya. Orang tua bisa menjadi teman bermain atau teman belajar bagi anak walau hanya sedikit waktu yang dimiliki dan bisa diberikan kepada anak.

Saat musim liburan tiba, tentu hal yang ditunggu tunggu selanjutnya adalah bagaimana mengisi waktu liburan anak selama masa liburannya. Tentu tujuan liburan adalah agar anak senang dan bahagia. Mengisi waktu libur sekolah anak sebenarnya tidak harus dengan mempersiapkan biaya yang begitu banyak atau biaya yang mahal sebagai biaya pengeluaran untuk berlibur.  Sebenarnya yang terpenting adalah bagaimana waktu liburan anak dapat bermanfaat, bermakna dan dirasakan kebersamaannya oleh anak dan akan menjadikan suatu pengalaman dan berkesan bagi anak bahkan bisa jadi anak bangga dan menceritakan pengalaman masa liburanya kepada teman disekolahnya

Nah berikut ada beberapa cara mengisi waktu liburan anak :

1.     Ajaklah Anak Bicara Tentang Rencana Liburan yang Akan Dilakukan

Misalkan saja kalau kondisi keuangan orangtua sedang pas-pasan atau belum gajian, sampaikan kepada anak bahwa liburan besok kita jalan jalan ke alun alun, atau taman kota yang menyediakan fasilitas umum. Biasanya, di tempat tersebut akan disediakan beragam fasilitas seperti playground, ayunan dan lain sebagainya. Sebelum berangkat liburan di hari H, persiapkan makanan yang akan dibawa. Bawalah makanan kesukaan anak, bisa saja orang tua mempersiapkan dengan memasak menu kesukaan anak dan menyiapkan air minum yang dimasukkan kedalam botol minum si anak.  Anda bisa berhemat karena tidak perlu membeli makanan diluar.

2.     Liburan di rumah

ddimitrova / Pixabay

Mengisi waktu liburan yang tak kalah menarik dan menyenangkan juga dapat dilakukan dirumah oleh orangtua. Seperti yang diuraikan diatas bahwa mengisi waktu liburan anak sekolah tidak harus dengan biaya yang mahal. Hal semacam ini dengan cara mengisi waktu liburan sekolah anak dirumah dapat dilakukan oleh orangtua. Mengisi waktu liburan anak di rumah dapat dilakukan dengan cara bermain bersama dengan anak. Contohnya bermain monopoli atau bermain peran bersama anak. Misalnya anak berperan sebagai orang yang membuka toko, atau menjual makanan atau masakan  tertentu, orang tua bisa ikut terlibat dan berpartisipasi sebagai konsumennya.

Selain itu, orang tua juga bisa bermain air dengan anak. Umumnya anak-anak suka dengan bermain air. Hal hal kreatif bisa dilakukan saat bermain air dengan anak. Misalkan menyediakan bak yang akan diisi dan menampung air, menyediakan mainan yang jadi kesukaan anak yang sering digunakan anak saat bermain, misalkan saja gelas plastik, centang sayur, botol plastik, dan lainya.

3.     Bersepeda bersama

Skitterphoto / Pixabay

Cara mengisi waktu liburan anak sekolah juga dapat dilakukan dengan cara bersepeda santai bersama anak ditempat yang aman.  Misalkan saja bersepeda pagi berkeliling dan ke taman atau lapangan playground yang dekat rumah atau mengajak ke lapangan olahraga yang dikelola khusus sebagai sarana hiburan dan rekreasi warga yang difasilitasi oleh pemerintah atau instansi tertentu dimana warga masyarakat cukup hanya dengan membayar biaya retribusi parkir saja untuk dapat menikmati fasilitas tersebut. Nah disitu juga kita bisa bermain bersama dengn anak, seperti bermain sepeda, bermain badminton, bermain bola basket atau kegiatan lainya. Sehingga waktu liburan anak menjadi sangat bermanfaat dan bermakna.

4.     Pergi ke rumah saudara

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengisi waktu liburan sekolah anak adalah mengajak anak pergi ke rumah saudara, seperti kakek dan nenek. Dengan berkunjung ke rumah anggota saudara ini, anak akan tetap terjaga mengenal saudara jauhnya. Sikap kepedulian dan perhatian terhadap sesama anggota keluarga juga bisa terjalin. Jika rumah saudara terlalu jauh, maka bisa pergi ke rumah teman dari orang tuanya.

5.     Membiarkan anak bermain bersama teman

Free-Photos / Pixabay

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk mengisi liburan sekolah anak adalah dengan memberikan kesempatan anak untuk bermain bersama teman-temannya yang ada disekitar dekat rumah. Entah anak yang bermain bersama dirumah temannya, atau temanya diajak bermain ke rumah. Berikan dukungan dan kepercayaan kepada anak ketika anak bersama temanya main dirumah, dengan cara seperti ini anak merasa senang dan pada akhirnya dapat diisi kegiatan positif waktu liburannya.

6. Berkemah

Free-Photos / Pixabay

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan agar anak merasa senang saat liburan sekolahnya adalah berkemah. Anda bisa datang ke semacam bumi perkemahan atau sejenisnya. Anak akan merasa senang dan Anda bisa mengajak keluarga untuk quality time bersama. Kalau Anda tidak memiliki budget yang cukup untuk mengajak anak ke bumi perkemahan, Anda bisa mengajak anak untuk camping di dekat rumah saja. Bahkan beberapa orang memutuskan untuk berkemah di pekarangan rumahnya. Yang penting, selama Anda dan keluarga akan berkemah, maka jangan masuk ke rumah satu kali pun. Bawa semua peralatan yang Anda butuhkan, pastikan jangan sampai ada yang tertinggal. Anda juga bisa melakukan barbeque party. 

Satu hal bahwasanya mengisi waktu liburan sekolah anak tidak harus dengan biaya mahal, tidak harus selalu rekreasi ketempat wisata, dan lain sebagainya. Namun yang tetap harus diperhatikan adalah bagaimana masa liburan sekolah anak dapat dijadikan sebagai suatu kenangan dan pengalaman kehidupan berharga serta bermakna untuknya. Kenangan ini akan diperoleh anak dari orangtua ataupun keluarganya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.