Cara Menabung Agar Bisa Liburan Ke Luar Negeri

Waktu liburan adalah salah satu hal yang paling dinantikan. Biasanya, orang akan memilih tempat yang terbaik untuk liburannya. Luar Negeri biasanya menjadi tujuan utama dalam liburan. Anda harus menabung jauh-jauh hari agar bisa liburan ke luar negeri. Ada beberapa cara menabung yang efektif untuk Anda terapkan. Berikut ini adalah cara menabung agar bisa liburan ke luar negeri.

1.     Membaginya dalam banyak pos

Bagi Anda yang memiliki pendapatan bulanan, maka Anda bisa menerapkan cara ini dengan cukup mudah. Ada 5 bagian yang harus dibagi. Pendapatan sebesar 30% akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Pendapatan sebesar 20% akan digunakan untuk kegiatan sosial dan hangout bersama teman-teman. Anda bisa melakukan donasi menggunakan uang yang dialokasikan dalam pos ini. Pendapatan sebesar 15% akan digunakan untuk pendidikan. Apabila Anda masih bersekolah atau ingin melakukan pendidikan lebih lanjut, maka Anda bisa menggunakan alokasi pendapatan ini. Untuk liburan, Anda bisa menyisihkan 10% pendapatan. Pendapatan terakhir adalah 25%, bisa digunakan untuk melakukan investasi. Apabila Anda ingin memiliki rumah atau kendaraan baru, maka Anda bisa menggunakan uang ini untuk melakukan cicilan. Cara menabung ini diterapkan oleh milyarder bernama Li Ka Shing.

2.     Mencari tiket promo

Untuk bisa keluar negeri, maka Anda harus sering-sering mencari tiket promo. Satu-satunya transportasi yang bisa digunakan adalah pesawat. Tiket pesawat biasanya memiliki musim promo tertentu. Misalnya, saat Anda ingin ke Singapura, maka bulan yang memiliki harga tiket termurah adalah Oktober. Anda bisa memilih tiket pada bulan Oktober. Apabila Anda sudah memiliki tiket untuk pulang pergi, maka Anda bisa menabung lagi untuk mengurus sisanya. Anda bisa booking penginapan, menyusun itinerary dan yang lainnya apabila sudah memiliki tiket pesawat di tangan. Jangan ragu untuk membeli tiket promo, karena biasanya tidak ada banyak tiket yang tersedia dengan harga promo.

3.     Mengurangi hangout dan jajan di luar

Apabila Anda memiliki keinginan yang kuat untuk bisa liburan ke luar negeri, maka Anda harus bisa mengurangi gaya hidup Anda. Misalnya, tahanlah diri untuk tidak duduk di cafe hanya sekedar menikmati kopi. Akan lebih baik apabila Anda bisa menahan diri demi menambah uang untuk biaya liburan. Apabila Anda ingin jajan, maka lebih baik untuk memasak jajanan sendiri. Selain lebih hemat, Anda juga bisa mendapatkan makanan yang sehat dan terjamin kehigienisannya.

4.     Membuka rekening khusus

Untuk memudahkan Anda untuk menabung, maka Anda bisa membuka rekening khusus. Pilihlah bank yang nanti bisa Anda gunakan di negara tujuan. Kalau Anda ingin berlibur ke wilayah negara-negara Asia, maka ada cukup banyak bank yang bisa digunakan di wilayah tersebut. Jangan buka rekening tersebut selain untuk cek saldo. Pastikan tabungan Anda sudah cukup banyak saat Anda akan pergi liburan. Jangan sampai Anda benar-benar tidak punya uang saat sedang pergi liburan, karena pasti akan ada saja pengeluaran mendadak.

5.     Menambah penghasilan

Kalau Anda benar-benar ingin liburan ke luar negeri, maka Anda bisa menambah penghasilan menjelang keberangkatan. Anda bisa menambah penghasilan dari hobi yang Anda miliki. Misalnya, Anda memiliki hobi untuk menulis. Maka Anda bisa menambah penghasilan dengan menjadi seorang freelance writer. Tentunya hal ini bisa membuat Anda mendapatkan banyak uang, terlebih kalau rutin dalam melakukannya.

6.     Menjual barang yang tidak terpakai

Apabila Anda sedang bersih-bersih rumah, maka Anda akan menemukan beberapa hal yang tidak terpakai lagi. Anda bisa menjual barang tersebut apabila dinilai masih memiliki daya jual. Misalnya, Anda memiliki raket nyamuk yang masih berfungsi. Anda bisa menjual alat elektronik tersebut dengan harga yang lebih murah. Berikan juga beberapa hal yang sekiranya bisa membuat orang tertarik untuk membeli barang Anda. Kalau Anda bisa mengumpulkan banyak barang, maka Anda bisa menjualnya di garage sale atau di marketplace online. Hasilnya juga pasti cukup banyak untuk bisa ditambahkan ke budget liburan. Beberapa orang bahkan mendapatkan lebih dari 1 juta dalam satu kali menjual produk.

7.     Belanja hemat

Apakah Anda tinggal sendirian di kos atau kontrakan? Jika iya, maka akan lebih baik apabila Anda mulai memberlakukan belanja hemat. Jika sebelumnya Anda belanja harian, maka lebih baik kalau Anda mengubahnya menjadi belanja bulanan. Biasanya, Anda akan mendapat potongan harga kalau membeli dalam jumlah yang cukup banyak. Anda juga bisa berburu diskon di hari-hari weekend. Sebelum pergi ke supermarket, Anda bisa mencari informasi diskon dari internet. Sebelum pergi, buatlah daftar belanja yang cukup untuk satu bulan penuh. Setelah berbelanja bulanan, tahan diri untuk tidak membeli benda remeh temeh di mini market. Sadar atau tidak, belanjaan yang kecil nominalnya justru menjadi bumerang bagi Anda di kemudian hari.

8.     Mengatur pengeluaran harian

Setiap manusia butuh untuk menentukan pengeluaran hariannya. Jika bisa, jangan terlalu banyak. Untuk menghindari pengeluaran yang berlebih, tinggalkan kartu kredit di rumah dan bawalah uang cash sesuai dengan kebutuhan pengeluaran harian. Bawalah uang hanya 50 ribu rupiah saja misalnya, untuk berjaga-jaga apakah Anda butuh untuk membeli sesuatu yang sifatnya dadakan. Jangan membelanjakan lebih dari uang yang sudah Anda tentukan.

Itu dia 8 tips menabung yang bisa Anda lakukan apabila ingin pergi keluar negeri. Tetapkan destinasi dan buatlah diri Anda termotivasi untuk menabung setiap harinya. Dengan begitu, Anda bisa tetap rajin menabung sesuai dengan kebutuhan liburan Anda. Pasang poster negara yang ingin Anda kunjungi untuk menambah semangat setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.