Harga Tiket dan Cara Naik Ferry Batam Singapura

Banyak jalan menuju roma, barangkali pepatah tersebut sangat tepat bagi Anda yang ingin liburan ke Singapura. Untuk dapat pergi ke Singapura, Anda tidak diharuskan untuk memiliki budget yang tinggi. Anda bahkan tidak perlu pergimenggunakan pesawat terbang dari Bandara tempat Anda langsung menuju Singapura. Salah satu cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk sampai di Singapura adalah dengan menggunakan kapal ferry. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke Batam.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan kapal Ferry ke Singapura dari Batam dengan biaya tiket yang tergolong murah. Harga ini lebih murah dibandingkan Anda terbang langsung dari Bandara tempat Anda langsung ke Singapura. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum pergi ke Singapura dengan naik kapal ferry. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Harga Tiket Penyeberangan Kapal Ferry dari Batam Ke Singapura

Jika Anda telah sampai di Kota Batam, Anda bisa langsung pergi ke pelabuhan penyeberangan ferry terdekat di Kota Batam. Beberapa pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Tanjung Balai, Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Tanjung Pinang dan Pelabuhan Batam Center. Namun dari beberapa pilihan pelabuhan tersebut, Pelabuhan Batam Centerlah yang paling dekat jaraknya dengan Singapura. Selain itu, pelabuhan ini juga lebih mudah dijangkau dari Bandara Hang Nadim.

Membeli tiket penyeberangan ferry dari Batam ke Singapura dapat dilakukan dengan membeli tiket langsung di pelabuhan terdekat. Jika tidak sempat, maka Anda dapat membelinya secara Online. Saat ini sudah banyak biro perjalanan Online yang menyediakan jasa penjualan tiket penyeberangan kapal laut dari Batam ke Singapura yang bisa Anda. Beberapa diantaranya adalah booking Tiket Kapal Ferry via Online Website. Tiket Kapal Ferry via Aplikasi Android. Atau bisa juga dengan Tiket Kapal Ferry via Apple Store

Hingga saat ini, harga tiket kapal ferry dengan tujuan Singapura dari Batam kurang lebih sekitar Rp. 190.000. Harga tiket dari Batam ke Singapura tersebut belum termasuk pajak pelabuhan laut Batam. Pajak yang harus dibayarkan adalah kurang lebih Rp. 65.000,-. Sedangkan pajak pelabuhan laut Singapura sebesar 7 dollar Singapura. Biasanya masyarakat yang membeli tiket Tujuan Batam ke Singapura maupun dari Singapura ke Batam akan membeli tiket PP alias Pulang Pergi demi menghemat biaya. Harganya sendiri berikisar Rp 350.000

Berikut ini daftar hargat tiket pergi pulang (PP) ke Batam Centre ke Singapura

  1. Harga tiket Dewasa (Usia lebih dari 12 tahun) sebesar (Rp 369.414), dan untuk anak-anak (Umur 0-11 tahun) yakni sebesar SGD 34 sampai SGD 24 atau sama dengan Rp 254.410. Harga tersebut sudah termasuk Surcharge tapi belum termasuk Singapore Passenger Departure Fee SGD 7 per orang. Selain itu, biaya Terminal Batam Rp 65.000 di Batam Centre
  2. Harga Tiket Penyeberangan Kapal Ferry Batam – Singapura keberangkatan dari Harbourfront Singapore

 

Cara Naik Kapal Ferry Dari Batam Ke Singapura

Kapal Ferry dari Batam ke Singapura akan mengantar  Anda untuk sampai ke Negara Singapura dengan perjalanan laut yang relative singkat. Hanya dengan 1 jam Anda sudah bisa sampai di lokasi. Ada kurang lebih 4 pelabuhan Batam yang melayani penyeberangan untuk tujuan Singapura. Jenis ferry yang ditawarkan juga bervariasi. Beberapa pelabuhan tersebut adalah pelabuhan International Sekupang, pelabuhan International Batam Center, pelabuhan International Nongsa Pura dan pelabuhan International Harbour Bay. Beberapa penyedia jasa penyeberangan Batam-Singapura yang bisa Anda gunakan adalah Batam fast ferry, Majestic fast ferry dan Sindo ferry.

Anda sebaiknya perlu mengetahui dan mempersiapkan beberapa hal berikut ini sebelum berangkat dan pergi naik kapal ferry dari Batam ke Singapura,  diantaranya :

  1. Persiapkan dokumen perjalanan dan rencana tujuan ke Singapura

Tentunya sebelum Anda berangkat ke Singapura ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan disiapkan seperti Paspor.  Masuk ke negara Singapura cukup dengan paspor tidak perlu menggunakan Visa Kunjungan. Jadi pastikan Anda telah memiliki paspor. Kemudian pastikan juga KTP (Kartu Tanda Penduduk) tidak ketinggalan karena  begitu anda tiba di pelabuhan Singapura saat pemeriksaan oleh imigrasi setempat, petugas imigrasi Singapura terkadang menanyakan KTP untuk dicocokan datanya dengan data yang tercatat pada paspor.

  1. Memesan dan membeli Tiket Kapal Ferry Batam – Singapura secara Online

Saat ini untuk pembelian tiket penyeberangan kapal ferry dari Batam ke Singapura dapat anda dibeli secara online dari beberapa aplikasi seperti yang dijelaskan diata anda dapat memilih salah satu dari berbagai operator ferry rute Batam – Singapura yang tersedia. Tidak hanya itu, saat anda mengakses dan membuka aplikasi Online. Contoh pilihlah keberangkatan dari Pelabuhan Batam Centre, Harbour Bay, atau Sekupang.

Lalu Anda bisa  pilih HarbourFront sebagai pelabuhan tujuan Anda di Singapura. Anda juga bisa memutuskan sendiri untuk memesan tiket pulang pergi atau hanya menyebrang saja.Dari pelabuhan yang ada di Batam ada beberapa jenis kapal ferry yang bisa Anda pilih, misalnya seperti Sindo Ferry, Majestic Fast Ferry dan Batam Fast. Ketiga-tiganya memberikan layanan transportasi ferry yang dikenal cukup baik.

  1. Mencari informasi jadwal pemberangkatan kapal ferry

Hal  yang terpenting selanjutnya adalah Anda harus mencari tahu informasi jadwal keberangkatan kapal ferry yang ada di pelabuhan Batam atau pelabuhan mana yang akan Anda gunakan untuk ke Singapura. Kalau semua persyaratan untuk pergi ke Singapura sudah disiapkan dan Anda juga telah mengetahui tentang harga tiket kapal ferry, informasi dan jadwal pemberangkatan kapal ferry kemudian jenis kapal ferry yang akan Anda pilih dan gunakan ke Singapura. Maka anda akan aman dan nyaman serta tidak banyak kehabisan waktu untuk pergi ke Singapura karena anda harus antri membeli tiket dan lain sebagainya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.