Ketahui Apa Saja Peraturan di MRT Singapura

MRT Station

Singapura menjadi salah satu negara di Asia Tenggara dengan regulasi transportasi terbaik dan terintegrasi dengan baik. Seluruh daerah di Singapura sudah terhubung dengan transportasi yang bernama Mass Rapid Transit (MRT). Bagi anda yang berencana pergi berlibur ke Singapura dalam waktu dekat ini, maka anda sangat disarankan untuk mempelajari mengenai transportasi MRT ini. MRT adalah pilihan alat transportasi terbaik di Singapura. Selain karena sebagian besar wilayah di Singapura terjangkau dengan kereta ini, memang MRT memiliki fasilitas yang sangat mendukung kebutuhan transportasi anda.

MRT juga memiliki stasiun yang tersebar di berbagai lokasi penting di Singapura, sehingga jika anda ingin menjelajah sebagai turis di negara ini penting sangat disarankan untuk anda menggunakannya. Namun sebagai turis, tentu anda pasti akan sangat asing dengan berbagai ketentuan dan peraturan di MRT Singapura ini. Jika anda tidak mempelajari terlebih dahulu peraturannya, maka sangat tinggi resiko anda terkena denda atau hukuman dari pelanggaran peraturan yang dilakukan. Singapura merupakan negara yang sangat menjunjung tinggi peraturan. Jadi jangan sampai anda berkunjung ke Singapura tanpa mengetahui berbagai informasi ini.

Anda perlu mengetahui bahwa peraturan di MRT Singapura ini bisa dijelaskan dalam dua bagian, yaitu ketentuan dan larangan. Ingin tahu apa saja ketentuan dan larangan dalam MRT Singapura ini? Tidak perlu repot mencari informasinya ke mana-mana, silahkan simak penjelasannya pada bagian berikut ini. Penjelasan berikut ini akan membantu anda untuk menjadi panduan saat berlibur ke Singapura. Sudah tidak sabar ingin mengetahui informasinya? Tidak perlu menunggu lama lagi berikut ini informasi yang perlu anda ketahui!

Peraturan di MRT

Ketentuan Umum Berkendara dengan MRT di Singapura

Peraturan di MRT Singapura yang penting anda ketahui adalah mengenai ketentuan umum. Ketentuan umum ini adalah berbagai hal yang harus dilakukan dan ditaati oleh penumpang dalam MRT. Ada cukup banyak hal yang harus anda taati. Agar anda tidak kebingungan dan melakukan kesalahan saat mengendarai MRT di Singapura, maka anda bisa mempelajari mengenai ketentuan berikut ini terlebih dahulu. Semoga informasinya bisa bermanfaat ya!

  • Gunakan Tiket MRT untuk Masuk dan Keluar

Penting untuk anda ketahui bahwa saat berkendara dengan MRT di Singapura anda harus memiliki tiket MRT terlebih dahulu. Tiket MRT ini bisa anda beli di berbagai tempat di Singapura. Bahkan sejak turun dari pesawat anda sudah bisa membelinya di kios di Bandara. Bagi turis, ada tiket MRT yang lebih menguntungkan bisa digunakan sepuasnya dengan biaya harian.

  • Selalu Tertib di dalam MRT

Selama dalam MRT anda harus tertib dan tidak membuat keributan. Tidak boleh berbicara dan tertawa serta bersenda gurau terlalu kencang sehingga mengganggu penumpang lain terganggu. Tertib juga mengatur bahwa anda tidak boleh memasang musik dari alat elektronik anda di dalam MRT. Jika ingin mendengarkan sesuatu, gunakanlah earphone anda.

  • Naik dan Turun MRT Sesuai Garis Pembeda

Hal yang penting juga untuk anda ketahui adalah dalam hal naik dan turun MRT. Naik dan turun MRT harus anda lakukan dengan mengikuti garis pembeda. Garis pembeda ini menentukan di mana anda harus berdiri untuk menunggu naik MRT dan di sebelah mana anda harus berdiri jika ingin turun. Jadi tidak ada tabrakan antara penumpang yang ingin naik dan juga turun.

  • Bangku Prioritas Hanya untuk Penumpang Priortias

Ketentuan berikutnya adalah anda harus memberikan bangku prioritas anda pada penumpang prioritas. Seperti yang diketahui, penumpang prioritas mencakup ibu hamil, lansia, disabilitas, dan ibu dengan anak. Walau tanpa diminta, seharusnya anda tetap menawarkan bangku tersebut. Anda bisa mengetahui mana bangku prioritas melalui gambar yang ditempatkan di lokasi bangku tersebut.

Larangan di MRT

Larangan dalam MRT di Singapura

Selain ada beberapa ketentuan yang harus ditaati, peraturan di MRT Singapura juga mencakup mengenai larangan-larangan. Larangan dalam MRT di Singapura ini mengatur mengenai apa saja yang tidak boleh anda lakukan ketika berada dalam MRT ini. Jika anda melakukan larangan yang telah diatur, maka anda akan mendapatkan denda dan hukuman sesuai peraturannya. Jadi jangan sampai anda melakukan berbagai hal yang dilarang dalam MRT ya. Berikut ini informasi mengenai larangan dalam MRT di Singapura untuk anda taati!

  • Larangan Makan dan Minum

Selama berada dalam MRT di Singapura, anda tidak boleh makan dan minum. Apapun jenis makanan dan minumannya tidak boleh anda konsumsi selama dalam MRT. Jika anda ingin makan dan minum, maka makan dan minumlah di luar MRT. Bisa sambil menunggu MRT di peron dan lokasi lainnya di stasiun.

  • Larangan Membawa Hewan

Tidak boleh membawa hewan dalam MRT karena akan mengganggu ketertiban penumpang lainnya. Hal ini dikecualikan untuk hewan seperti anjing yang dilatih untuk menjadi anjing penjaga penderita disabilitas atau anjing terlatih oleh polisi. Jadi jika ingin membawa hewan ke suatu tempat, maka jangan menggunakan MRT.

  • Larangan Membawa Barang Mudah Terbakar

Anda juga tidak boleh membawa barang mudah terbakar dalam MRT di Singapura ini. Barang yang mudah terbakar ada banyak jenisnya. Misalnya seperti bahan bakar bensin, walaupun anda bawa dalam kemasan. Apapun alasannya membawa barang yang mudah terbakar tidak diperbolehkan dalam MRT.

  • Larangan Merokok

Merokok adalah kegiatan yang dilarang dilakukan di hampir sebagian besar lokasi Singapura. Anda bisa mendapatkan denda uang hingga kurungan jika melanggar dan merokok di tempat umum. Salah satu lokasi yang tidak memperbolehkan anda merokok di Singapura adalah MRT dan Stasiunnya. Jadi pastikan untuk merokok pada lokasi yang disediakan saja.

  • Larangan Membawa Barang Berbau Menyengat

Penting untuk anda ketahui, membawa barang yang berbau menyengat pun dilarang dalam MRT. Barang-barang tersebut termasuk seperti buah Durian. Walau adalah buah, Durian mungkin akan mengganggu penumpang lain. Jadi pastikan untuk menghindari membawa barang yang baunya menyengat tersebut.

Demikianlah tadi penjelasan yang bisa diberikan mengenai apa saja peraturan di MRT Singapura, yang terbagi menjadi ketentuan dan larangan. Informasi yang diberikan ini pastinya menjadi informasi yang banyak dicari oleh anda yang ingin berlibur ke Singapura bukan? Jadi memang jangan sampai anda berlibur ke Singapura tanpa mencoba menggunakan layanan MRT ini. Walau sebentar lagi MRT pun akan segera diluncurkan di Jakarta, tetapi merasakan MRT di Singapura dengan segala ketentuan dan larangannya pasti bisa menjadi pengalaman baru dan menarik untuk anda. Selamat berlibur ke Singapura dan nikmati perjalanan dengan MRT anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.