Tips Bepergian dengan Pesawat (Traveling By Plane)

Bepergian menggunakan pesawat menjadi hal yang umum dilakukan untuk saat ini. Bahkan untuk mereka yang ingin ke luar kota pun pesawat menjadi moda transportasi pilihan. Selain waktu tempuh yang lebih singkat, bepergian dengan menggunakan pesawat juga lebih terjamin. Mulai dari fasilitas, tingkat keamanan dan kenyamanan, dan lainnya.

Meskipun transportasi udara ini banyak dipilih. Namun belum semua orang pernah naik pesawat. Pastinya, ada diantara kamu semua yang belum pernah naik pesawat dan bahkan baru pertama kali mencoba transportasi jenis ini. Nah, untuk kamu yang belum pernah naik pesawat. Jangan kuatir, ada beberapa tips bepergian dengan pesawat yang bisa kamu lakukan.

Traveling By Plane, Tips Bepergian dengan Pesawat Untuk yang Baru Pertama Kali

Untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari pemesanan tiket pesawat, pemilihan maskapai, hingga barang bawaan yang akan masuk kabin pesawat. Agar pengalaman naik pesawat tidak membingungkan, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat bepergian dengan menggunakan pesawat terbang.

1. Pesan Tiket Pesawat

Cara pemesanan tiket pesawat bisa kamu lakukan di banyak tempat, misalnya saja di agent travel, situs maskapai penerbangan, ataupun di situs-situs agent tranvel online yang banyak tersedia saat ini. Kamu juga bisa menyesuaikan jam keberangkatan sesuai dengan sikon dan kebutuhanmu.

2. Agar Lebih Hemat, Sesuaikan Kuota Bagasi dengan Barang Bawaan

Setiap maskapai penerbangan memiliki batas limit bagasi yang ditawarkan. Jika ingin lebih hemat, kamu bisa menyesuaikan kuota bagasi yang ditawarkan dengan barang yang kamu bawa. Jika barang yang kamu bawa melebihi batas limit yang ditawarkan, maka kamu harus membayar biaya tambahan untuk per kg.

3. Pastikan Terminal Tempat Penerbangan

Untuk memastikan terminal mana yang bisa kamu datangi. Kamu bisa cek kembali tiket pesawat yang sudah kamu pesan sebelumnya. Pastikan terminal tempat penerbangan tepat dengan yang kamu datangi saat itu.

4. Pastikan Jadwal Keberangkatan

Agar tidak ketinggalan pesawat, maka pastikan jadwal keberangkatan sebelumnya. Biasanya pesawat akan boarding sekitar 30 menit sebelum keberangkatan. Kamu bisa datang lebih awal sekitar 1 – 2 jam sebelumnya. Dimana sebelum keberangkatan akan ada beberapa hal yang harus kamu urus dan biasanya membutuhkan waktu lebih lama.

5. Pastikan Tidak Membawa Barang yang Dilarang Saat Melewati Security Check

Pastikan juga jika kamu tidak membawa barang-barang yang dilarang masuk pesawat. Karena sebelum penumpang masuk ke dalam pesawat akan ada pemeriksaan di bagian Security Check. Pastikan jika kamu tidak membawa barang seperti senjata tajam, pisau, gunting, korek api, rokok elektrik, minuman beralkohol, dan lain-lain.

6. Lakukan Check In di Loket Maskapai

Setelah melewati Security Check, kami bisa langsung lakukan check in di loket maskapai. Disini kamu akan mendapatkan boarding pass untuk diserahkan ke petugas bandara. Selain itu, barang yang kamu bawa pun juga akan ditimbang dan kemudian akan dimasukan ke dalam bagasi pesawat.

Saat menukarkan boarding pas ke petugas maskapai, kamu bisa meminta tempat duduk yang kamu inginkan. Misalnya saja, tempat duduk yang dekat dengan jendela, di bagian depan ataupun tengah. Asalkan tempat duduk yang kamu minta belum dipesan oleh penumpang sebelumnya.

7. Cek Gate Keberangkaran

Agar bisa dekat dengan tempat penerbangan, kamu bisa cek kembali gate keberangkatan yang tertera di boarding pass. Disana kamu bisa lihat di gate mana pesawat kamu akan datang. Selain itu, kamu juga bisa menunggu jadwal keberangkatan di tempat yang sudah disediakan. Jangan jauh-jauh dari gate supaya kamu tidak ketinggalan informasi mengenai jadwal keberangkatan, apakah dimajukan atau justru delay, informasi pindah gate, dan lain-lain.

8. Dengarkan Setiap Pengumuman yang Disampaikan

Saat menunggu jadwal keberangkatan, sebaiknya selalu dengarkan setiap pengumuman dan informasi yang disampaikan. Hindari untuk mengobrol, mendengarkan lagu dengan earphone, atau justru ketiduran. Karena setiap informasi mengenai pesawat yang akan kamu gunakan akan terus disampaikan.

9. Jangan Lupa, Siapkan KTP dan Boarding Pass

Di ruang tunggu, kamu juga bisa menyiapkan KTP dan Boarding pass. Karena setiap penumpang yang akan masuk pesawat akan diperiksa kembali KTP dam Boarding Pass-nya oleh petugas maskapai. Agar tidak ribet, kamu bisa menyiapkan terlebih dahulu.

10. Cari Tempat Duduk Sesuai Nomor

Setelah masuk ke dalam pesawat, cek kembali Boarding Pass. Disana akan tertera nomor tempat duduk kamu. Silahkan lihat dan sesuaikan dengan nomor duduk yang telah disediakan. Jangan sampai salah tempat duduk, karena kamu akan diusir oleh petugas jika menempati tempat duduk penumpang lain.

11. Perhatikan Setiap Intruksi yang Diberikan Awak Pesawat

Sebelum lepas landas akan ada intruksi yang diberikan oleh awak pesawat. Perhatikan setiap intruksi yang diberikan, mulai intruksi keselamatan, intruksi gawat darurat, dan lain-lain. Jangan sampai kamu melamun atau justru tidak memperhatikan sama sekali.

** FILE ** In this Nov. 21, 2007 file photo, travelers line up to get their luggage in the Southwest Airlines baggage claim at the San Jose International airport in San Jose, Calif. It’s time to think of the inside of your carry-on suitcase as real estate: Make the most of what you’ve got, keep it functional and make neatness count. The carry-on bag could be the solution to some of the summer travel season’s likely woes, including checked baggage fees on American Airlines and possibly other carriers, but it also has the potential to cause headaches. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez, file)

12. Setelah Tiba, Ambil dan Cek Barang Bawaan

Setelah tiba di bandara tempat tujuanmu, silahkan ambil dan cek kembali barang-barang yang kamu bawa. Pastikan jika tidak ada barang yang tertinggal sebelum kamu pergi dari bandara tersebut.

Bagaimana cukup mudahkan jika kamu ingin bepergian dengan menggunakan pesawat. Meskipun baru pertama kali, namun kamu tidak perlu takut dan kuatir saat ingin menggunakan pesawat dalam perjalananmu nanti. Beberapa tips bepergian dengan pesawat atau tips traveling by plane di atas bisa menjadi informasi tambahan untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.