Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Ingin bepergian tapi takut mabuk perjalanan? Mabuk perjalanan menjadi kondisi yang sangat umum terjadi. Dimana seseorang akan merasa mual, pusing, badan lemas atau bahkan muntah saat berada di dalam kendaraan. Bukan hanya saat menggunakan kendaraan umum saja, namun untuk jenis kendaraan lain pun seseorang juga bisa mengalami mabuk perjalanan. Untuk kamu yang sering mengalami mabuk ketika perjalanan. Berikut ada beberapa tips untuk tips mencegah mabuk perjalanan yang bisa kamu lakukan:

1. Makan Sebelum Melakukan Perjalanan

Rasa mual dan pusing ketika perjalanan bisa disebabkan karena perut dalam keadaan kosong. Untuk menghindari kondisi seperti ini, kamu bisa makan 1 – 1,5 jam sebelum perjalanan dilakukan. Selain itu, sebaiknya hindari makan-makanan yang pedas, berminyak, mengandung banyak garam, dan juga minuman yang mengandung soda. Karena makanan dan minuman tersebut bisa meningkatkan rasa mual dan pusing ketika perjalanan.

2. Hindari Minum Susu dan Produk Susu Lainnya

Minuman susu ataupun produk susu lainnya memang baik untuk dikonsumsi. Namun untuk seseorang yang sering mengalami mabuk perjalanan. Maka sebaiknya hindari minuman dan produk susu lainnya. Dimana produk susu dapat meningkat asam lambung dan menyebabkan rasa mual yang lebih tinggi ketika perjalanan.

3. Hindari Untuk Minum Lebih Banyak

Minum terlalu banyak cairan sebaiknya juga dihindari. Dimana jika kamu terlalu banyak memasukan minuman atau cairan dibanding makanan padat, maka kondisi perut akan terasa lebih mual. Sebaiknya minum air secukupnya sebelum perjalanan dimulai.

4. Jangan Makan dan Minum Saat Kendaraan Sedang Melaju

Karena terburu-buru, kamu tidak sempat makan ataupun minum sebelum perjalanan dimulai. Kejadian seperti ini sangat umum dilakukan, dimana makan dan minum dalam kendaraan yang sedang melaju atau bergerak justru meningkatkan efek mabuk perjalanan. Dimana makanan dan minuman akan terombang-ambing saat dicerna oleh tubuh. Jika tidak ingin mabuk perjalanan, sebiaknya jangan makan dan minum saat kendaraan sedang melaju.

5. Mengunyah Permen atau Permen Karet

Mengunyah permen dengan rasa manis ataupun permen karet dipercaya dapat menurunkan efek mabuk perjalanan. Jika hal tersebut memang terbukti, tidak ada salahnya jika kamu coba. Dimana kamu bisa siap sedia permen rasa manis atau buah-buahan atau bisa juga permen karet.

6. Bawa Minyak Kayu Putih

Untuk kamu yang sering mabuk perjalanan, maka minyak kayu putih bisa menjadi teman terbaik dalam perjalananmu. Aroma mint yang sangat khas bisa mengurangi rasa mual dan pusing yang kamu alami ketika perjalanan. Selain itu, sifatnya yang menghangatkan bisa kamu usapkan ke bagian perut, kepala, hidung, dan lainnya.

7. Hindari Bau Asap dalam Kendaraan

Agar tidak terjadi mabuk perjalanan, kamu juga bisa menghindari bau asap dalam kendaraan. Misalnya saja, dekat dengan orang yang merokok ataupun memilih tempat duduk yang dekat dengan kenalpot atau bagian pembuangan asap kendaraan. Karena jika menghirup bau asap ataupun gas kendaraan maka rasa mual dan pusing pun akan lebih parah.

8. Cari Tempat Duduk Paling Nyaman

Tempat duduk juga menentukan apakah kamu akan mabuk ataukah tidak. Jika tempat duduk yang kamu pilih sangat nyaman maka kondisi mabuk perjalanan pun bisa diatasi. Begitu pula sebaliknya. Jadi, untuk bisa mencegah mabuk perjalanan, kamu bisa cari tempat susuk paling nyaman. Misalnya saja seperti, dekat dengan jendela, posisi tempat duduk di bagian depan ataupun tengah. Jangan pilih duduk di bagian belakang yang dekat dengan ban ataupun knalpot.

9. Jauhi Orang Sedang Mabuk

Jika kamu sudah merasa mual dan pusing, maka jauhi orang yang memiliki masalah mabuk perjalanan. Karena jika kamu berdekatan dengan orang yang sedang mabuk, maka kamu juga akan ikut mabuk juga. Jika ada penumpang lain yang mengalami mabuk, maka segera lakukan beberapa hal, seperti ambil masker, hirup aroma minyak kayu putih, jangan menatap langsung, atau bisa juga menutup mata dengan masker mata dan sebagainya.

10. Jangan Lupa Minum Obat Anti Mabuk

Untuk kamu yang sering mengalami mabuk perjalanan, maka jangan lupa untuk minum obat anti mabuk. Hal ini juga bisa kamu lakukan untuk antisipasi walaupun kamu tidak sedang mabuk. Obat anti mabuk bisa kamu minum sebelum perjalanan dimulai. Karena obat ini memberikan efek rasa kantuk yang berlebih. Sehingga dalam perjalanan kamu akan lebih banyak tidur untuk menghindari rasa mual dan pusing saat perjalanan. Jika pun mau, kamu juga bisa menggunakan masker mata agar bisa istirahat lebih tenang dan nyaman.

11. Hindari Membaca Buku, Main Gadget, dan Lain-Lain

Seringkali seseorang akan merasa bosan dalam perjalanannya. Tidak sedikit dari mereka yang lebih memilih untuk membaca buka, bermain gadget, dan lain-lain demi menghilangkan rasa bosannya. Namun hal ini justru memberikan efek rasa mual dan pusing. Dimana saat kamu membaca buku dalam kondisi kendaraan sedang bergerak, maka otomatis mata juga akan ikut bergerak mengikuti tulisan atau buku yang sedang kamu pegang. Jika terus-terusan dilakukan, maka kamu bisa mengalami mabuk perjalanan. Sebaiknya, hindari membaca buka, main gadget, dan lain-lain saat kendaraan sedang bergerak atau melaju.

Mencegah mabuk perjalanan sebenarnya sangat mudah dilakukan. Dimana selain bisa mencegahnya dengan cara yang biasa kamu lakukan. Beberapa tips mencegah mabuk perjalanan di atas juga bisa menjadi cara terbaik untuk mengurangi rasa mual dan pusing kamu ketika di dalam kendaraan. Selain itu, kamu juga bisa menghindari hal-hal yang menyebabkan rasa mual dan pusing semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.