10 Negara dengan Jenis Scam yang Mungkin Terjadi di Sana

Jenis Scam di Berbagai Negara

Tahukah anda bahwa saat berpergian ke luar negeri dengan tujuan apapun anda harus berhati-hati dengan scam yang umum terjadi di negara tujuan anda? Sebelumnya, apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan scam? Scam adalah tindakan kriminal yang dilakukan untuk menipu wisatawan dan mendapatkan sejumlah uang dari wisatawan tersebut. Hal scam ini banyak ditemukan di hampir semua negara. Itulah sebabnya anda disarankan untuk mewaspadai kemungkinan apa saja scamyang bisa terjadi ketika jalan-jalan ke luar negeri. Anda disarankan untuk mencari tahu dahulu macam-macam scam yang ada di negara yang anda kunjungi, sehingga anda tidak akan tertipu nantinya.

Bagaimana anda bisa mengetahui macam-macam scam dari berbagai negara di dunia? Tentu anda bisa menanyakan pada kenalan anda yang tinggal di sana atau dengan menggunakan informasi dari internet. Agar anda tidak kesulitan dalam mencari informasi mengenai berbagai scam  yang bisa terjadi ketika jalan-jalan ke luar negeri, berikut ini ada rangkuman informasi yang sengaja dibuat untuk membantu anda. Beberapa negara diketahui memiliki riwayat scam yang sangat tinggi, sehingga penjelasan di bawah ini akan memaparkan mengenai berbagai scam di negara-negara yang rawan tersebut. Semoga informasinya bisa bermanfaat bagi anda yang berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu dekat ini.

Jenis Scam di Berbagai Negara

10 Negara dengan Jenis Scam yang Mungkin Terjadi di Sana

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, anda perlu mempelajari apa saja jenis scam yang mungkin terjadi di berbagai negara yang anda kunjungi. Informasi mengenai scam ini bisa ditemukan di berbagai platform internet, namun pada bagian berikut akan dijelaskan sebanyak 10 negara dengan scam yang terjadi di sana. Jadi jika ada negara yang akan anda kunjungi dalam daftar di bawah ini, pastikan untuk mewaspadai macam-macam scam di bawah ini.

  1. Amsterdam, Belanda

Secara umum sebenarnya daerah Amsterdam adalah daerah yang banyak dikenal nyaman untuk tinggal dan bekerja. Namun di beberapa daerah seperti daerah Red Light District anda harus berhati-hati. Wilayah ini memang banyak dikunjungi oleh wisatawan juga, tetapi pastikan untuk tidak mengundang anda mengalami scam. Misalnya hindari menggunakan camera di leher, perhiasan, dan perhatikan pencopet yang berkeliaran.

  1. Athena, Yunani

Salah satu scam yang paling banyak ditemukan di Athena adalah di pusat kota. Akan banyak penjual yang menawarkan anda gelang berwarna-warni dan meminta anda untuk mengambilnya satu. Gelang tersebut dikatakan akan mendatangkan kesehatan, kemakmuran, dan keberuntungan. Mereka bilang tidak perlu membayar. Tetapi ketika anda sudah memegang gelang tersebut, akan banyak orang yang menghampiri anda dan menyuruh anda membayar, jika tidak akan ada kesialan yang menimpa anda.

  1. New Delhi, India

Sebaiknya anda menghindari menggunakan Taksi selama berpergian di India. Aksi di India seringkali mematikan meteran atau mengatur meteran berjalan lebih cepat untuk mendapatkan keuntungan lebih dari turis. Anda tidak akan menyadarinya karena bisa saja dikatakan meteran tiba-tiba mati atau memang tidak ada masalah. Jadi waspadalah dan pilih transportasi jenis lain saja.

  1. Istanbul, Turki

Saat berada di Turki, anda harus mewaspadai orang asing yang menghampiri anda dan menawarkan anda untuk berpesta. Apalagi jika orang asing tersebut menggunakan bahasa Inggris yang fasih, maka bisa dipastikan dia adalah pelaku scam. Mereka akan meminta bantuan anda untuk memulai komunikasi, lalu mengajak anda minum-minum dan akhirnya menghabiskan uang anda saat anda mabuk.

  1. London, Inggris

Saat berada di London, yang paling harus anda waspadai adalah pencopet. Pencopet bisa ditemukan di mana saja, bahkan di jalanan dan stasiun kereta. Selalu hindari berada di lokasi yang sepi dan meninggalkan tas anda sembarangan. Hal ini akan membuat dalam waktu singkat barang berharga anda hilang dicopet.

Waspadai Pencopet di Berbagai Negara

  1. Milan, Italia

Waspadai jika ada yang mengalungkan gelang di tangan anda secara mendadak. Banyak turis yang mengalami scam saat sedang duduk di taman atau di stasiun, akan ada orang yang menghampiri anda. Saat menghampiri anda dia akan segera mengenakan gelang pada anda dan menyatakan ini untuk “keberuntungan mu.” Jika anda menerimanya, orang itu akan meminta uang mulai dari 5 sampai 10 euro.

  1. Paris, Perancis

Hati-hati juga dengan jenis scam mengalungkan gelang seperti di Milan yang ditemukan di Paris. Saat anda menerima gelang itu, mereka akan meminta uang. Jika anda tidak memberikannya, maka mereka akan mengancam anda. Hindari juga memungut benda yang terjatuh di jalan. Akan ada orang yang menghampiri anda dan mengatakan barang tersebut adalah miliknya dan meminta anda mengganti sejumlah biaya ganti karena barangnya hilang. Saat anda mengeluarkan dompet anda, orang ini akan lari dan membawa kabur dompet anda.

  1. Prague, Republik Ceko

Berkunjung ke Prague anda harus berhati-hati ketika berada di stasiu kereta. Anda pasti akan mencari di mana tempat membeli tiket dan akan ada yang menghampiri anda menjual selembar tiket bekas. Jangan beli tiket yang dijual orang-orang ini karena itu adalah scam. Belilah tiket di konter yang sudah tersedia.

  1. Stockholm, Swedia

Scam yang banyak terjadi di Stockholm adalah anda akan merasakan ada yang jatuh ke pakaian anda. Lalu akan ada yang menghampiri anda dan mengatakan bahwa itu adalah kotoran burung dan memang menimbulkan bau. Mereka akan mengajak anda ke suatu lokasi di mana ada air. Namun jangan ikuti mereka, karena di sana anda akan ditodong dan mereka akan mengambil barang-barang anda.

  1. Bangkok, Thailand

Jangan mau naik tuktuk ketika anda berada di Grand Palace untuk berjalan-jalan ke daerah sekitar sambil menunggu Grand Palace buka. Hal itu adalah scam yang melibatkan hipnotis dan membuat anda membeli banyak barang dengan harga yang mahal. Banyak turis yang terjebak pada scam ini dan tidak bisa menolak diajak ke berbagai tempat dan menghabiskan uang dalam jumlah banyak.

Jadi itulah beberapa negara dengan jenis scam yang mungkin terjadi di sana. Menggunakan informasi yang dijelaskan di atas anda sudah bisa menyiapkan diri anda mengunjungi kota dan negara yang memiliki beberapa scam yang sering ditemukan. Jadi paling tidak anda sudah mengetahui dan siap untuk menghindari dan menolak jika ada percobaan scam  yang dilakukan pada anda di luar negeri. Liburan anda pun menjadi lebih menyenangkan dan bebas dari masalah karena penipuan-penipuan yang menghancurkan waktu libur anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.