Apa yang Harus Dilakukan bila Dompet Hilang di Luar Negeri?

Dompet Hilang

Saat sedang berada di luar negeri, anda perlu sangat berhati-hati dengan keamanan barang-barang bawaan anda. Jika anda lengah dan tidak berjaga-jaga, maka dengan mudah berbagai barang yang anda bawa bisa saja hilang. Misalnya, anda bisa mengalami kehilangan dompet di luar negeri. Kehilangan dompet menjadi jenis kehilangan yang paling banyak dialami oleh wisatawan. Alasannya berkaitan dengan bagaimana dompet pasti akan selalu di bawa ke berbagai tempat yang anda kunjungi. Tidak hanya itu, saat anda akan menggunakan uang pastinya berkali-kali anda akan membuka dompet anda.

Kelengahan bisa membuat berbagai lokasi yang anda kunjungi menjadi lokasi di mana dompet anda hilang. Pastinya akan merepotkan sekali jika anda kehilangan dompet seperti ini. Anda pun pasti akan merasa bingung dengan apa yang harus anda lakukan untuk mengatasinya. Dompet hilang di luar negeri harus anda atasi dengan tenang. Lakukan beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga penyalahgunaan informasi dan barang anda yang berada di dalam dompet. Itulah mengapa anda perlu menambahkan pengetahuan anda mengenai apa yang harus dilakukan bila dompet hilang di luar negeri dengan membaca penjelasan berikut ini.

Kehilangan Dompet di Luar Negeri

Apa yang Harus Dilakukan bila Dompet Hilang di Luar Negeri?

Dompet anda hilang di luar negeri, maka sebaiknya anda melakukan beberapa hal berikut ini. Hal-hal di bawah ini akan membantu anda untuk tetap tenang dan bahkan mungkin juga membantu anda menemukan kembali dompet tersebut. Beberapa negara memiliki keamanan yang sangat tinggi, sehingga tidak menutup kemungkinan dompet anda bisa kembali ditemukan. Walau tidak utuh ditemukan dengan sejumlah uangnya, bisa juga pihak kepolisian di negara tersebut menemukan di mana dompet anda dibuang oleh pelaku. Jadi cobalah simak penjelasan berikut mengenai apa yang harus dilakukan bila dompet hilang di luar negeri.

  • Blokir Kartu Debit dan Kartu Kredit Anda

Hal paling utama yang perlu anda lakukan ketika menyadari dompet anda hilang adalah blokir semua kartu debit dan kartu kredit yang ada di dalam dompet tersebut. Pencuri atau penemu dompet anda bisa saja menggunakannya dan menambah kerugian anda, jika anda tidak langsung memblokirnya. Pemblokiran dapat dilakukan dengan menghubungi bank penerbit kartu dan sampaikan masalah anda. Tanyakan juga apakah anda transaksi yang dilakukan oleh kartu anda.

  • Hubungi Pihak Asuransi Perjalanan (Jika Ada)

Setelah itu, anda bisa menghubungi asuransi perjalanan anda jika ada. Saat berada di luar negeri dan kehilangan dompet, maka mungkin saja bersama dengan dompet tersebut anda mengalami kehilangan paspor dan uang-uang yang anda butuhkan. Minta pihak asuransi untuk membantu anda mendapatkan klaim dari asuransi perjalanan yang anda miliki. Sampaikan kerugian anda dan apa yang menjadi penyebab dompet anda tersebut hilang.

  • Melaporkan Kehilangan ke Polisi Terdekat

Selanjutnya, laporkan kehilangan anda ke polisi terdekat. Polisi terdekat yang berada di sekitar anda akan mendata kehilangan anda dan data diri anda. Jika dimintai kronologi bagaimana bisa dompet anda hilang, maka ceritakanlah selengkap mungkin. Anda kemudian akan diberikan surat keterangan kehilangan yang bisa anda manfaatkan untuk meminta bantuan ke Kedutaan. Bantuan dari kedutaan akan membuat anda lebih mudah untuk melanjutkan kegiatan di luar negeri atau pulang dengan bantuan paspor sementara.

  • Laporkan ke Kedutaan

Jangan lupa juga untuk mendatangi kedutaan agar bisa mendapatkan paspor sementara tadi. Saat melakukan laporan ke kedutaan, anda harus membawa surat keterangan kehilangan dari polisi dan mengikuti prosedur di kedutaan. Ada juga biaya pembuatan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang menjadi pengganti paspor ini. Jika diminta menunjukkan identitas dari Indonesia, maka semoga anda memiliki fotokopi dari KTP, akta kelahiran, atau kartu keluarga.

Kehilangan Dompet di Luar Negeri

Apa yang Harus Dilakukan saat Sampai di Indonesia?

Perbedaan kasus kehilangan dompet di luar negeri bisa terjadi pada setiap orang. Ada yang selama masih di negara dompetnya kehilangan bisa menemukan kembali dompetnya. Namun ada juga yang sampai sudah kembali ke Indonesia, dompet tidak bisa ditemukan. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini ketika sampai di Indonesia untuk menanggulangi dompet anda yang hilang di luar negeri. Simak penjelasannya dan jadikan informasi yang bisa anda lakukan ketika menghadapi masalah yang serupa.

  • Laporkan Kembali ke Polisi di Indonesia

Sesampainya anda di Indonesia, lakukan pelaporan kembali ke polisi di Indonesia. Pelaporan ini perlu untuk mengurus keperluan lain berkaitan dengan klaim asuransi dan bank (jika tidak menerima surat kehilangan dari kepolisian luar negeri). Anda bisa mengunjungi kantor polisi di daerah dekat dengan domisili anda saja. Jadi bisa lebih cepat anda mendapatkan hak anda setelah mengalami kehilangan sebelumnya.

  • Klaim Asuransi Perjalanan Anda

Jika sudah memiliki surat hasil laporan kehilangan di kepolisian Indonesia dan Luar Negeri, maka kemudian anda bisa mengajukan klaim asuransi perjalanan anda. Asuransi perjalanan akan memberikan hak anda setelah anda klaim bahwa dompet anda hilang dalam perjalanan. Jadi pastikan untuk klaim sesegera mungkin dan siapkan semua syarat yang dibutuhkan untuk klaim hak anda dari asuransi tersebut.

  • Urus Kembali Kartu Debit dan Kartu Kredit Anda

Berikutnya kemudian anda sudah bisa mengurus kembali kartu debit dan kartu kredit yang sudah diblokir sebelumnya. Datangi bank penerbit kartu kredit dan debit anda. Sampaikan bahwa anda sudah memblokir sebelumnya dan kini ingin mengrus kembali kepemilikan kartu anda. Lengkapi bukti berupa surat kehilangan baik dari polisi luar negeri maupun dalam negeri.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa yang harus dilakukan bila dompet hilang di luar negeri untuk informasi anda. Jadi anda tidak perlu lagi mengalami masalah yang lebih besar karena kehilangan dompet ini. Kerugian akibat kehilangan dompet pun bisa diminimalisir sebaik mungkin. Jadi cobalah untuk mengikuti informasi yang diberikan di atas dan tetap tenang walau mengalami kehilangan dompet di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.