Baru Pertama Naik Pesawat? Berikut Tips Best Airport yang Bisa Dilakukan

Traveling menggunakan pesawat sepertinya bukanlah hal asing untuk dilakukan. Dimana saat ini banyak traveler yang lebih memilih pesawat dibanding transportasi lain. Selain karena waktu perjalanan yang lebih cepat, kemudahan mencari tiket pesawat murah by online pun juga menjadi salah satu alasannya. Meskipun kamu belum pernah naik pesawat, namun jangan kuatir. Berikut ini ada beberapa tips best airport yang bisa kamu lakukan saat pertama kali berada di bandara.

Baru Pertama Naik Pesawat? Jangan Kuatir, Tips Best Airport Ini Bisa Kamu Lakukan

Sebagai salah satu orang yang belum pernah naik pesawat, tentu kamu akan merasa kebingungan saat ingin menggunakan transportasi ini. Mulai dari cara pembelian tiket, pertama kali datang ke bandara, apa yang harus dilakukan selama di bandara, hingga saatnya turun dari awak pesawat. Nah, untuk kamu yang berencana melakukan perjalanan ataupun ingin liburan ke luar negeri dengan naik pesawat pertama kalinya. Tips best airport ini bis akamu lakukan saat berada di bandara nanti.

Sebelum Jadwal Keberangkatan

• Sebelum jadwal keberangkatan tiba, ada beberapa yang harus kamu persiapkan. Mulai dari pesan tiket pesawat, packing barang bawaan, hingga yang lainnya. Untuk pesan tiket pesawat, kamu tidak harus pergi ke bandara langsung. Dimana saat ini banyak agent travel online yang siap melayani pemesanan pesawat sesuai rute perjalanan yang kamu butuhkan. Kamu bisa melakukan pemesanan tiket melalui agent travel online yang sudah terpercaya.

• Jika e-tiket sudah kamu dapatkan, maka kamu tinggal persiapkan kebutuhan lain sesuai jadwal keberangkatanmu nanti. Dimana kamu sudah bisa memulai packing barang-barang yang ingin kamu bawa nantinya.

• Untuk packing, kamu harus benar-benar cerdas mengakalinya. Karena jika terlalu banyak tas atau koper yang kamu bawa. Maka kamu bisa kena biaya tambahan untuk bagasi barang. Karena setiap maskapai memiliki limid bagasi yang berbeda-beda, ada yang terlalu sedikit ada pula yang banyak sehingga lebih menguntungkan untuk kamu. Kamu bisa membawa barang-barang yang memang dibutuhkan saja selama ada di tempat tujuan.

• Jika jadwal keberangkatan telah tiba, kamu bisa langsung datang ke bandara tempat tujuanmu. Misalnya saja seperti Bandara Soekarno-Hatta.

Hari H-Keberangkatan

Saat hari H-keberangkatan sudah di depan mata, maka saatnya untuk kamu mulai bergegas menuju bandara tujuan. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum jadwal keberangkatan tiba:

• Datanglah lebih awal, 1 – 2 jam dari jadwal keberangkatan. Karena di bandara akan ada beberapa hal yang harus kamu urus sebelumnya dan biasanya akan membutuhkan waktu lama. Apalagi jika antriannya panjang.

• Siapkan e-tiket yang belumnya sudah kamu pesan melalui agent travel online. Agar lebih mudah kamu bisa secrenshoot bukti e-tiket tersebut. Jangan lupa juga siapkan KTP atau kartu identitas lain untuk kebutuhan check-in.

• Agar kamu lolos dari check-in, ada beberapa barang yang tidak boleh kamu bawa saat menaiki awak pesawat. Seperti benda-benda tajam, pisau, gunting, dan lain sebagainya, korek api, pemantik rokok elektronik, minuman beralkohol, dan lain-lain. Tinggalkan barang-barang tersebut jika tidak mau disita oleh petugas bandara.

• Setelah kamu berhasil melakukan check-in, kamu akan mendapatkan Boarding Pass. Disana akan tertulis di gate mana penerbanganmu akan dilakukan. Jika masih bingung mencari gate mana tempat penerbanganmu dilakukan. Kamu bisa meminta bantuan petugas bandara. Mereka akan sigap membantu setiap pengunjung yang merasa kesulitan.

• Di gate penerbangan, kamu masih harus menunggu informasi selanjutnya. Apakah jadwal keberangkatanmu dimajukan ataukah delay. Sebaiknya cari tempat duduk yang tidak jauh dari gate agar setiap informasi yang disampaikan bisa kamu terima dengan baik.

• Jika sudah ada aba-aba untuk naik pesawat, silahkan mendekat untuk masuk ke dalam pesawat. Ingat, perhatikan betul nomor pesawat sesuai yang ada di Boarding Passa. Jangan sampai salah pesawat ya!

• Setelah masuk ke dalam pesawat, silahkan cari tempat duduk sesuai dengan nomor yang ada di Boarding Pass. Setelah itu, akan ada beberapa intruksi yang akan diberikan oleh petugas awak kabin demi menjaga keamanan dan keselamatan penumpang selama di dalam pesawat.

Tiba di Bandara Tujuan

Sebelum sampai di bandara tujuan, biasanya petugas awak kabin akan memberikan beberapa informasi mengenai waktu leanding pesawat. Dimana kamu juga bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

• Saat pesawat leanding, jangan langsung berdiri sebelum mendapatkan intruksi. Tunggulah sampai pesawat benar-benar berhenti dan sabuk pengaman telah dimatikan. Setelah itu, kamu bisa keluar dari awak pesawat dan menuju ke tempat pengambilan bagasi.

• Yang penting untuk diingat, jangan sesekali mengaktifkan handphone jika kamu belum berada di gedung bandara. Karena hal tersebut sangat berbehaya dan kamu bisa diteger oleh petugas pesawat jika melanggarnya.

• Di tempat pengambilan bagasi, silahkan tunggu hingga tas dan kopermu keluar. Cek barang-barang tersebut apakah sudah lengkap ataukah belum.

• Setelah pengambilan bagasi, kamu bisa menuju pintu keluar untuk melanjutkan perjalananmu di tempat tersebut. Namun jika merasa lelah akibat perjalanan di dalam pesawat, kamu bisa istirahat sebentar di ruang tunggu bandara.

Meskipun baru pertama kali naik pesawat, namun kamu tidak perlu kuatir ataupun bingung harus melakukan apa. Dengan beberapa informasi dan tips best airport di atas, maka kamu bisa melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan sebelum naik pesawat . Dengan begitu, kamu tidak lagi kebingungan saat pertama kali datang ke bandara untuk naik pesawat ke tempat tujuanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.