Tips Untuk Solo Traveler Wanita

Memutuskan untuk solo traveling atau bepergian seorang diri sepertinya bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Apalagi untuk kamu seorang wanita. Selain harus pandai menjaga diri, kamu pun dituntut untuk lebih berani menghadapi setiap kondisi yang terjadi. Selain itu, banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelumnya, mulai dari fisik hingga kebutuhan sehari-hari. Kini untuk kamu yang ingin mencoba solo traveling, baik itu di dalam maupun luar negeri. Ada beberapa tips untuk solo traveler wanita yang bisa kamu lakukan.

Tips Untuk Kamu Para Wanita yang Ingin Melakukan Solo Traveler

Meskipun saat ini solo traveling banyak dipilih, namun untuk kamu yang belum pernah bepergian sendiri dan bahkan berjauhan dari keluarga. Maka ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Apa saja itu? Berikut tips yang bisa kamu ikuti:

1. Pilih Kota-Kota yang Aman Untuk Solo Traveling

Setiap kota yang ada di dunia memiliki tingkat keamanan yang berbeda-beda. Dimana kamu bisa memilih kota-kota yang memang sudah direkomendasikan aman untuk solo traveling. Jika pilihanmu adalah luar negeri, maka kota-kota seperti Bangkok, Singapore, Malaysia, San Francisco, Taipei, Toronto, Amsterdam, Dublin, dan Islandia adalah pilihannya. Namun jika pilihanmu adalah Indonesia, maka kamu tinggal menyesuaikan adat, suku, dan budayanya saja.

2. Siapkan Budget Tambahan

Untuk bisa pergi ke suatu tempat tentunya kamu butuh yang namanya budget. Namun karena kamu memilih untuk bersolo traveling, maka menyiapkan budget tambahan adalah solusinya. Kamu tidak bisa memprediksi suatu hal yang akan terjadi saat perjalananmu ke suatu tempat. Apakah itu membutuhkan budget ataukah tidak? Untuk mengantisipasinya, kamu bisa tambahkan budget lain yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

3. Cari Tahu Mengenai Kota atau Tempat yang Akan Kamu Tuju

Sebelum melakukan solo traveling ke suatu tempat, maka sebaiknya cari tahu terlebih dahulu menganai kota atau tempat yang akan kamu tuju. Hal tersebut akan mempermudah perjalananmu dengan banyak informasi yang telah kamu dapatkan sebelumnya. Untuk informasi mengenai kota atau tempat yang ingin kamu datangi. Kamu bisa melakukan searching, bertanya pada teman atau kerabat yang sudah pernah pergi kesana, dan lain-lain. Semakin banyak informasi yang kamu dapatkan, maka akan semakin banyak persiapan yang kamu lakukan.

4. Informasikan Kepada Keluarga, Sahabat, atau Kerabat Jika Kamu Sedang Melakukan Solo Traveling

Menginformasikan kepada keluarga, sahabat, maupun kerabat memang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika kamu perginya ke tempat yang jauh dan membutuhkan waktu yang lama. Agar keluarga lebih tenang, maka sebaiknya beri tahu mengenai keinginanmu untuk bersolo traveling ini. Kamu bisa beritahu kepada mereka ke tempat mana kamu akan tinggal, berapa lama waktu yang kamu butuhkan, dan lain-lain. Karena jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka pihak keluarga pun akan lebih mudah mencari dan menemukanmu.

5. Bawa Kartu Identitas Diri

Kartu identitas diri bukan hanya berguna sebagai dokumen penting yang kamu butuhkan untuk bisa masuk dan keluar ke suatu negara. Namun kartu identitas diri juga berguna untuk banyak hal, misalnya saja jika kamu tersesat, maka biasanya pihak kepolisian setempat akan meminta kartu identitas diri kamu sebagai barang bukti. Selain itu, biasanya untuk bisa berkunjung ke suatu tempat. Maka pengunjung wajib menyertakan kartu maupun dokumen identitas diri mereka. Kamu juga bisa menyiapkan copyan kartu identitas dalam jumlah banyak supaya lebih mudah digunakan.

6. Bawa Perlengkapan yang Sesuai

Barang bawaan atau perlengkapan bisa kamu sesuaikan dengan kota atau tempat tujuanmu. Jika kota tempat tujuanmu adalah negara-negara bermusim dingin. Maka kamu bisa membawa perlengkapan pakaian dingin, jaket atau mantel, dan lain-lain. Namun jika tempat tujuanmu adalah negara-negara bersuhu panas. Maka perlengkapan bisa kamu sesuaikan dengan suhu atau kebutuhan pakaianmu sehari-hari.

7. Gunakan Pakaian yang Sesuai dengan Adat dan Budaya Setempat

Selain perlengkapan, pakaian yang kamu bawa pun juga harus sesuai dengan adat dan budaya setempat. Kamu bisa menyesuaikan lewat informasi yang telah kamu gali sebelumnya. Dimana hal ini sangat penting dilakukan. Karena jika penampilanmu terlalu mencolok atau bertolak belakang dengan adat dan budaya setempat. Tentu kamu akan menjadi pusat perhatian. Dan bahkan hal ini bisa membahayakanmu mengingat kamu perginya seorang diri.

8. Gunakan Peta atau Maps Untuk Mempermudah Perjalanan

Karena akan melakukan perjalanan seorang diri, maka peta atau maps menjadi barang yang sangat kamu butuhkan. Dimana peta atau maps akan mempermudah perjalananmu menuju ke suatu tempat. Jadi, siapkan peta atau maps googling jika kamu sedang berada di suatu tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

9. Cari Tempat Penginapan yang Aman Khusus Wanita

Mungkin solo traveling yang kamu lakukan tidak cukup dalam 24 jam saja. Untuk itu, kamu membutuhkan yang namanya penginapan. Penginapan bisa kamu cari dimana saja, baik itu berupa hotel, villa, maupun penginapan biasa. Jika pilihanmu adalah penginapan biasa demi menghemat budget perjalanan. Maka sebaiknya cari tempat penginapan yang khusus untuk wanita saja karena lebih aman dibanding harus bercampur dengan laki-laki.

10. Percaya Diri dan Ikuti Kata Hati

Percaya diri akan membawa perjalananmu lebih aman dan nyaman untuk dilakukan. Bahkan jika kamu percaya diri maka perjalan yang kamu lakukan pun akan lebih lancar. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti apa kata hati kamu. Dimana kata hati bisa mempermudah setiap perjalanan yang kamu lakukan meskipun kamu sedang bersolo traveling sekaligus. Jadi, selalu percaya diri dan ikuti kata hati saat melakukan perjalanan seorang diri.

Itulah beberapa tips untuk solo traveler wanita yang bisa kamu lakukan. Meskipun melakukan perjalanan sendiri, namun jika beberapa tips di atas kamu lakukan. Maka perjalanan yang kamu lakukan pun akan lebih aman, nyaman, dan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.